Ingin Kaki Ramping, Ini 4 Cara Mengecilkan Paha dan Betis


  • Ingin Kaki Ramping, Ini 4 Cara Mengecilkan Paha dan Betis
    (4 Cara Mengecilkan Paha dan Betis Supaya Ramping. Foto: Dok. Anetlanda/iStock)

    Memiliki bentuk dan ukuran tubuh ideal sudah menjadi impian setiap wanita. Bentuk tubuh atau bagian tubuh yang tidak proporsional seringkali membuat kamu minder bukan? Khususnya dengan ukuran paha dan betis yang sering menjadi tolak ukur tubuh ideal. Bentuk serta ukuran paha dan betis yang besar biasanya akan membuat kepercayaan diri seseorang menurun.


    (Baca juga: Coba Lakukan 4 Olahraga Mengecilkan Paha Sebelum Tidur)




    Ternyata ukuran paha dan betis yang besar disebabkan oleh beberapa faktor lho. Kelebihan lemak yang berdampak pada penambahan berat badan, menjadi salah satu faktor ukuran paha dan betis yang besar. Lemak yang dimaksud tidak hanya tertimbun di bawah kulit, tetapi juga di dalam otot. Jadi, saat berat badan kamu bertambah, biasanya paha dan betis menjadi tempat pertama penumpukan lemak. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, Her World sudah merangkum beberapa cara mengecilkan paha dan betis yang bisa kamu coba. Mari simak beberapa cara mengecilkan paha dan betis berikut ini.


    1. Memperbaiki Pola Makan

    Cara Mengecilkan Paha dan Betis

    (Perbaiki Pola Makan Untuk Mengecilkan Paha dan Betis. Foto: Dok. YelenaYemchuk/iStock)


    Cara mengecilkan paha dan betis yang pertama adalah memperbaiki pola makan. Pola makan yang lebih sehat akan menjaga tubuh dari penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu. Kamu bisa memilih makanan berprotein seperti ikan, telur, dan ayam. Selain mengenyangkan, protein juga berfungsi untuk mempertahankan tegangan otot. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang kaya akan serat, untuk membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

    (Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman)

    Beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari untuk mengecilkan paha dan betis adalah makanan yang tinggi lemak dan manis. Selain tidak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, berbagai makanan manis seperti kue, es krim, dan cokelat hanya akan menjadi timbunan lemak pada kaki kamu. Ketika kamu ingin mengonsumsi susu, keju, maupun yoghurt, pastikan kandungan lemaknya rendah. Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, hindari makanan siap saji ya!


    2. Rutin Berolahraga Kardio

    Cara Mengecilkan Paha dan Betis

    (Olahraga Kardio Membantu Mengecilkan Paha dan Betis. Foto: Dok. CoffeeAndMilk/iStock)


    Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang dapat merangsang denyut jantung sehingga akan memompa darah dengan lebih cepat. Jenis olahraga seperti ini pada umumnya akan menggerakan seluruh bagian tubuh. Semakin banyak bagian tubuh yang bergerak, maka pembakaran energi juga akan lebih besar.


    Berbagai cara mengecilkan paha dan betis dengan rutin berolahraga kardio adalah berlari, berenang, lompat tali, melakukan squat jump, dan naik turun tangga. Beberapa jenis olahraga kardio ini menggunakan kaki sebagai tumpuan, sehingga kamu bisa mendapatkan paha dan betis kecil dengan rutin melakukan olahraga ini. Cukup dengan berolahraga kardio selama 30 menit selama 3-4 kali seminggu, impian kamu untuk memiliki kaki ramping akan terwujud.

    3. Peregangan Otot Kaki

    Cara mengecilkan paha dan betis tidak selalu dengan melakukan olahraga yang terlalu berat. Kamu bisa mulai dengan melakukan peregangan otot kaki dengan mudah. Peregangan otot kaki terbukti membantu mengecilkan bentuk kaki. Peregangan otot kaki yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdiri tegak dan meletakkan tangan di pinggul. Kemudian, letakkan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang.


    Untuk meregangkan otot kaki, kamu perlu menekuk kiri sekitar 90 derajat. Pastikan kaki kanan kamu tetap lurus dan sejajar dengan punggung kaki untuk terhindar dari cedera. Peregangan ini dapat kamu lakukan sebanyak 10 kali pada setiap kaki.

    4. Berjalan Kaki atau Jogging

    Cara Mengecilkan Paha dan Betis

    (Cara Mengecilkan Paha dan Betis Secara Alami Dengan Jogging. Foto: Dok. Tomwang112/iStock)


    10.000 langkah sehari bisa menjadi cara mengecilkan paha dan betis secara alami. Selain membuat tubuh lebih bugar dan segar, berjalan kaki sekitar 30 menit setiap harinya merupakan cara mengecilkan paha dan betis paling efektif. Manfaat jalan kaki memang sangat berguna untuk kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Pasalnya, jalan kaki dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori yang sudah menumpuk menjadi lemak.


    Selain berjalan kaki, kamu dapat melakukan jogging sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan betis secara cepat. Jenis olahraga ini akan membuat kaki kamu terus menerus bergerak secara stabil. Hal ini tentu akan membuat pembakaran lemak di paha dan betis secara maksimal. Sama seperti berjalan kaki, kamu bisa melakukan jogging secara rutin selama 30 menit.


    (Baca juga: 6 Olahraga Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu)


    Itulah beberapa cara mengecilkan paha dan betis untuk kaki yang lebih ramping. Satu hal yang perlu kamu ingat selama kamu mencoba beberapa cara di atas adalah konsisten. Mengecilkan paha dan betis sama seperti menurunkan berat badan, tidak bisa secara instan. Jadi, selamat mencoba dan tetap konsisten ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below