Legendaris, 6 Rekomendasi Kuliner Jogja Yang Paling Diburu


  • Legendaris, 6 Rekomendasi Kuliner Jogja Yang Paling Diburu
    Rekomendasi kuliner Jogja untuk wisatawan. (Foto: Dok. Gudeg Yu Djum)

    Dari wisata modern sampai tradisional, Jogja menjadi tujuan para wisatawan untuk berkunjung di hari liburan. Memiliki kampus terbanyak di Indonesia, daerah yang dijuluki sebagai kota pelajar ini memang menyuguhkan wisatawan dengan pengalaman liburan yang tak terlupakan. 


    Jika kamu ingin berkunjung ke tempat bersejarah, kamu dapat mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Malioboro, Pantai Parangtritis, Tugu Jogja, Candi Mendut, Goa Pindul, dan lain-lain. Sedangkan, jika ingin berkunjung ke tempat modern dan instagrammable yang ada di Jogja dengan view yang menawan, kamu bisa pergi ke HeHa Sky View, Obelix Hills, HeHa Ocean View, Taman Pintar, dan lain-lain. 




    Ketika mencari tempat makan saat atau setelah berwisata seharian di Jogja, tentu kita wajib mengunjungi tempat-tempat kuliner yang ada agar liburanmu semakin lengkap. Banyak sekali makanan yang bisa dicoba dan restoran yang bisa dikunjungi, mulai dari makanan tradisional, hingga tempat makan dengan pemandangan alam yang asik. 


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel Unik dan Instagramable di Yogyakarta)


    Dari sekian banyak tempat kuliner yang ada, ini rekomendasi kuliner Jogja yang wajib kamu coba. Penasaran apa saja?


    1. Gudeg Yu Djum 


    rekomendasi kuliner jogja

    (Nasi Gudeg Telur Dada Ayam. Foto: Dok. Gudeg Yu Djum)


    Gudeg Yu Djum adalah sebuah warung makan kuliner tradisional Jogja yang dirintis oleh seorang bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai "Yu Djum". Dibangun sejak tahun 1951, warung ini sudah menjadi pusat kuliner yang wajib wisatawan coba saat berwisata ke Jogja. Cabang-cabangnya pun sudah tersebar di berbagai lokasi di Jogja. 


    Gudeg Yu Djum buka dari jam 5 pagi sampai 7 malam. Pusat dari Gudeg Yu Djum terletak di Jl. Kaliurang KM 4,5 CT III/22 Karangasem, Mbarek, Yogyakarta. Kamu bisa menikmati gudeg ini langsung di tempat maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh mulai dari Rp20.000 per porsi. 


    2. Angkringan Pak Jabrik


    rekomendasi kuliner jogja

    (Angkringan Pak Jabrik. Foto: Dok. alinepuar88/Instagram)


    Selain mencoba gudeg, angkringan sendiri adalah spot kuliner malam Jogja yang tidak kalah terkenal. Salah satu angkringan yang menjadi rekomendasi kuliner Jogja adalah Angkringan Pak Jabrik. Angkringan ini menyediakan berbagai pilihan nasi kucing dengan banyak variasi sate-satean yang bikin kamu ingin mencoba semuanya. Mulai dari sate telur puyuh hingga sate usus ayam.


    Angkringan Pak Jabrik buka setiap hari dari jam 7.30 malam sampai 4.30 pagi dan terletak di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Yogjakarta. Kamu bisa membeli menu makanan di angkringan ini dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp2.000 per bungkusnya. 


    3. Bakpia Kurnia Sari


    rekomendasi kuliner jogja

    (Bakpia Kurnia Sari. Foto: Afif Haryanti/Shutterstock)


    Bagi wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang dari Jogja, bakpia menjadi salah satu rekomendasi yang cocok. Bakpia Kurnia Sari hadir di Jogja menyediakan berbagai variasi dan rasa bakpia yang bisa kamu coba. Bakpia ini terkenal akan teksturnya yang lembut dan isi yang banyak sehingga kamu tidak akan rugi membelinya. 


    Mulai dari rasa keju, cokelat, kacang hijau, hingga kopi, kamu bisa membelinya mulai dari Rp42.000 per kotak. Toko ini buka dari Senin sampai Minggu dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Bakpia Kurnia Sari terletak di Jl. Glagahsari No. 91, Yogyakarta. 


    (Baca Juga: Intip Sejarah 3 kali Ibu Kota Indonesia Berpindah)


    4. Soto Kadipiro


    rekomendasi kuliner jogja

    (Warung Soto Kadipiro. Foto: Dok. Tripjogja.co.id)


    Dijuluki soto paling enak di Jogja, Soto Kadipiro sudah beroperasi sejak tahun 1928. Menu andalan dari Soto Kadipiro adalah soto campur, namun kamu juga bisa memesan soto pisah yang sotonya akan dipisah dengan nasi. Isi soto ini sama dengan soto lainnya, yaitu kubis, taoge, daging ayam suwir, bawang goreng, seledri, dan nasi. Namun, yang membuatnya spesial adalah bahwa Soto Kadipiro lebih gurih tanpa rasa manis, berkuah bening semu kuning dan segar. 


    Namun, ada banyak restoran yang kerap bernama "Soto Kadipiro" walau bukan toko yang asli. Soto Kadipiro yang asli terletak di Jl. Wates No. 33, Bantul, Yogyakarta, sebuah warung kecil dengan cat yang identik dengan warna cokelat dan hijau, bersebelahan dengan restoran Waroeng Steak & Shake. Soto Kadipiro buka setiap hari dari jam 7.30 pagi sampai jam 2 siang dengan kisaran harga mulai dari Rp10.000. 


    5. Bakmi Mbah Mo


    rekomendasi kuliner jogja

    (Bakmi Godhog Di Bakmi Mbah Mo. Foto: Dok. Jaya Tri Hartono/YogYes.com)


    Bakmi Mbah Mo sudah berdiri sejak tahun 1986 dan populer karena strategi pemasaran getok tular atau word of mouth (dari mulut ke mulut). Bakmi Mbah Mo menjadi semakin terkenal karena pernah dikunjungi oleh mantan presiden Soeharto. Bakmi godhog, menu andalan Bakmi Mbah Mo dengan kuah kental paduan telur bebek, kuah kaldu, dan rempah-rempah ini menjadi rekomendasi kuliner Jogja yang wajib dicoba oleh wisatawan. 


    Bakmi Mbah Mo buka setiap hari dari jam 5 sore sampai 11 malam dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp21.000. Bakmi Mbah Mo terletak di Jl. Parangtritis, Kampung Code, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. 


    6. Warung Sate Samirono


    rekomendasi kuliner jogja

    (Warung Sate Samirono. Foto: Dok. Alviani Suwoko/Travelingyuk)


    Telah berdiri sejak tahun 1970, Sate Samirono menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mencoba masakan sate khas Jogja. Warung sate ini tidak pernah sepi pengunjung karena buka selama 24 jam. Kamu bisa mencoba berbagai macam makanan, seperti sate ayam, sate sapi, sate kambing, tongseng, dan masih banyak lagi.


    Wisatawan dapat menikmati menu makanan di sini dari harga Rp16.000. Warung Sate Samirono terletak di Jalan Colombo No. 105/38, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


    (Baca Juga: 5 Lokasi Horor Di Jogja)


    Itulah rekomendasi kuliner Jogja yang wajib kamu coba ketika berwisata ke Jogja. Tertarik mencoba?


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below