5 Lokasi Horor Di Jogja


  • 5 Lokasi Horor Di Jogja
    Cari tahu 5 lokasi horor di Jogja. (Foto: Dok. Tobias/Pexels)

    Masih dalam rangka momen Halloween, kurang afdol rasanya kalau kita tidak membahas tempat-tempat angker. Salah satu kota yang dikenal dengan kemistisannya adalah Jogja. Bagi kamu yang belum bisa merayakan momen Halloween dengan keluar rumah, mungkin bisa "traveling" virtual dengan mengunjungi 5 lokasi horor di Jogja berikut ini.


    1. Gua Jepang

    Berada di kaki Gunung Merapi, Gua Jepang Kaliurang adalah salah satu tempat bersejarah yang menyimpan kisah kelam. Konon, tempat ini angker karena menjadi lokasi penyiksaan warga pribumi oleh tentara Jepang. Setelah terbengkalai selama puluhan tahun, suasana mistis di sekitar gua seolah terasa semakin kental sehingga menjadikannya sebagai salah satu lokasi horor di tanah Jawa. Tak sedikit orang yang mengaku mendengar suara-suara tanpa wujud hingga melihat langsung sosok-sosok mengerikan di sekitar gua ini.




    (Baca Juga: 5 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Yang Bikin Merinding)


    2. Pantai Parangkusumo

    Tahukah bahwa pantai juga bisa jadi salah satu lokasi horor, salah satunya adalah Pantai Parangkusumo, di mana konon pantai ini menjadi lokasi Nyi Roro Kidul kerap meminta tumbal. Warga sekitar percaya bahwa setiap ada pengunjung yang meninggal akibat terseret ombak, orang tersebut adalah tumbal Nyi Roro Kidul. Penting banget bagi kamu yang ingin berkunjung ke daerah ini agar tidak mengenakan pakaian warna hijau karena warna tersebut diyakini menjadi warna kesukaan Nyi Roro Kidul.


    3. Rumah Kentang

    Mungkin kamu familier dengan istilah Rumah Kentang. Pasalnya, lokasi horor satu ini pernah diangkat ke layar lebar pada 2012. Kabarnya, setiap malam ada aroma kentang yang tercium dari rumah ini. Warga sekitar percaya bahwa seorang ibu yang sempat tinggal di rumah ini tak sengaja meninggalkan kentang yang sedang direbus pada malam hari sehingga anaknya yang masih kecil tercebur ke dalam kuali berisikan kentang tersebut. Kalau kamu penasaran soal kisah mistis di rumah ini, kamu bisa mencari filmnya di streaming platform favoritmu.


    4. Benteng Vredeburg

    Dibangun oleh pemerintah Belanda, benteng pertahanan Vrendeburg ini awalnya ditujukan sebagai markas militer Belanda demi melindungi diri dari serangan. Lokasi horor ini punya banyak misteri seperti penampakan noni-noni Belanda berbadan setengah kuda. Cerita lain dari penjaga benteng adalah ia sempat melihat satu kompi pasukan Belanda yang berjalan di dalam bangunan. Menyeramkan, bukan?


    (Baca Juga: 8 Rekomendasi Tayangan Netflix Berdasarkan Rasa Takutmu)


    5. Bundaran Teknik UGM

    Institusi pendidikan juga kerap dikenal dengan kisah mistisnya. Salah satunya adalah Universitas Gajah Mada. Kabarnya, jika kamu menyanyikan lagu Gugur Bunga pada malam hari di sekitar Bundaran Teknik UGM, kamu akan ditemani oleh arwah para pejuang. Kehadiran mereka biasanya ditandai dengan aroma kemenyang atau kembang yang menyengat.


    Itulah 5 lokasi horor di Jogja yang bisa bikin bulu kudukmu merinding! Apakah kamu berani berkunjung langsung?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below