Biar Bisa Healing, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan Liburan


  • Biar Bisa Healing, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan Liburan
    (Cara Mengatur Keuangan Untuk Liburan. Foto: Dok. surasaki/iStock)

    Hiruk pikuk kota dan kesibukan pekerjaan terkadang membuat kita ingin berlibur sejenak untuk menyegarkan jiwa dan pikiran. Untuk kamu yang selalu bekerja keras, berlibur memang sudah menjadi kebutuhan karena akan berdampak positif bagi kesehatan mental kamu. Salah satu faktor terpenting dalam melakukan liburan adalah keuangan. Liburan cenderung berjalan lebih baik apabila keuangan kamu sudah stabil.

    Sebelum kamu merencanakan liburan, ada baiknya kamu mengetahui cara mengatur keuangan dengan baik supaya tidak menambah masalah baru usai berlibur. Yuk lihat beberapa cara mengatur keuangan untuk berlibur berikut ini.

    (Baca juga: Bahagia Tanpa Kuras Kantong, 6 Tips Menabung Untuk Menikah)



    1. Siapkan Bujet Berlibur

    Menyiapkan bujet menjadi salah satu bagian terpenting untuk rencana liburan setelah memutuskan destinasi liburan kamu. Kamu bisa meluangkan waktu untuk membuat rencana pengeluaran kamu saat berlibur. Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan berapa lama kamu akan berlibur dan menghitung estimasi akomodasi, estimasi biaya kulineran, estimasi biaya transportasi, biaya oleh-oleh dan sebagainya. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui kemana saja kamu akan mengeluarkan uang kamu dan berapa banyak uang yang harus kamu tabung.

    2. Menabung Dengan Bank Yang Menyediakan Tabungan Dana Liburan

    Cara Mengatur Keuangan

    (Membuat Tabungan Khusus Dana Liburan. Foto: Dok. sureeporn/iStock)

    Cara mengatur keuangan untuk berlibur selanjutnya adalah dengan memisahkan tabungan kebutuhan sehari-hari kamu dengan tabungan untuk berlibur. Kamu bisa memilih satu dari berbagai bank yang menyediakan tabungan dana liburan. Fakta uniknya, hampir seluruh bank di Indonesia sudah memberikan pelayanan ini, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Untuk kenyamanan, kamu bisa membandingkan fasilitas yang diberikan oleh setiap bank sebelum memilih salah satu dari bank tersebut.

    Sangat disarankan untuk memilih bank di mana kamu memiliki tabungan yang cukup besar. Hal ini sangat disarankan karena tabungan dana liburan membutuhkan tabungan induk yang digunakan untuk menarik dana setiap bulannya dalam bentuk setoran. Selain dalam bentuk setoran, kamu bisa menyisihkan sekitar 10% dari gaji bulanan kamu ke dalam tabungan liburan. Target ini dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu, yang penting adalah selalu konsisten supaya kebutuhan dana liburan cepat terpenuhi.

    3. Pangkas Pengeluaran Yang Tidak Penting

    Tidak hanya menabung, memangkas pengeluaran yang tidak penting juga menjadi cara mengatur keuangan untuk berlibur secara efektif. Mulailah belanja cerdas yaitu, mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang penting saja. Selain kebutuhan sehari-hari, memprioritaskan tabungan liburan dengan memangkas pengeluaran yang kurang penting harus kamu lakukan. Dengan demikian, target bujet berlibur kamu akan lebih cepat terpenuhi. Untuk mengurangi pengeluaran, kamu bisa mengurangi biaya makan di luar, nongkrong di kafe, dan sebagainya.

    (Baca juga: Tips Menabung Untuk Liburan Jangka Panjang)

    4. Mulai Kebiasaan Belanja Cerdas

    Cara Mengatur Keuangan

    (Mulai Kebiasaan Belanja Cerdas Sebagai Cara Mengatur Keuangan. Foto: Dok. anouchka/iStock)

    Memangkas pengeluaran yang tidak penting memang sangat dibutuhkan untuk cepat memenuhi dana liburan, namun hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Kamu tidak dapat memotong secara langsung atau mengurangi konsumsi bulanan kamu. Memangkas pengeluaran tidak perlu terlalu ekstrem, melainkan kamu dapat mulai kebiasaan belanja cerdas.

    Belanja cerdas yang dimaksud adalah belanja dengan mengandalkan diskon atau penawaran khusus dari toko. Berbagai informasi mengenai diskon atau penawaran khusus dapat kamu temukan di internet. Setiap minggu atau bulan, supermarket mempublikasikan katalog promosi yang menampilkan berbagai penawaran terbaik. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit kamu sebaik mungkin untuk memperoleh diskon atau penawaran khusus dari toko tertentu. Dengan memulai kebiasaan belanja cerdas, bukan tidak mungkin kebutuhan dana liburan kamu akan lebih cepat terpenuhi.

    5. Cari Sumber Pemasukan Tambahan

    Cara Mengatur Keuangan

    (Tabungan Cepat Penuh Dengan Mencari Sumber Pemasukan Tambahan. Foto: Dok. arthon meekodong/iStock)

    Apabila kamu merasa tabungan dana liburan masih belum mencukupi kebutuhan dana liburan kamu, kamu bisa mulai mencari sumber pemasukan tambahan. Ketika kamu memiliki waktu uang, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu menjadi kegiatan penghasil uang.

    (Baca juga: 4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Perlu Kamu Tahu)

    Selain itu, kamu bisa mulai beberapa jenis investasi seperti deposito, reksa dana, dan sebagainya. Investasi ini bertujuan untuk membantu kamu mengumpulkan dana liburan dengan lebih cepat. Jika kamu punya rencana liburan pada tahun-tahun mendatang, investasi reksa dana menjadi instrumen investasi yang cocok untuk kamu.

    Semoga beberapa cara mengatur keuangan untuk liburan di atas bisa membantu rencana liburan kamu. Yuk mulai mengatur keuangan supaya kamu bisa cepat healing!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below