Tips Menabung untuk Liburan Jangka Panjang


  • Tips Menabung untuk Liburan Jangka Panjang
    (Foto: wavebreakmedia/Shutterstock/Clickphotos)

    Simak tip menabung khusus berikut serta berbagai promo kartu kredit menarik untuk mempermudah momen liburan Anda.

    Buka tabungan khusus untuk liburan
    Buat tabungan baru untuk memisahkan antara uang keperluan harian dan uang liburan. Memiliki tabungan yang terpisah akan memudahkan Anda menghitung jumlah uang yang sudah Anda kumpulkan. Dengan begitu, Anda bisa melacak berapa banyak uang yang masih dibutuhkan.
     
    Menentukan rencana liburan
    Tujuan liburan tentu menentukan jumlah anggaran yang harus dikumpulkan. Pastikan tempat-tempat wisata apa saja yang ingin dikunjungi, transportasi apa yang akan Anda gunakan, berapa malam Anda akan menginap, hingga tanggal berapa Anda akan kembali. Dengan merancanakan hal ini, Anda bisa mendapat gambaran jelas tentang berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan sehingga Anda juga bisa menentukan jangka waktu untuk menabung. Tentu menabung dari jauh hari akan meringankan beban.
     
    Hindari pengeluaran yang tidak perlu
    Selama menabung untuk liburan, pastikan tidak mengeluarkan uang yang tidak perlu. Misalnya Anda terbiasa untuk makan di restoran setiap akhir pekan. Demi menabung, usahakan untuk membawa bekal dari rumah atau makan malam di rumah.
     
    Menggunakan uang sisa tabungan
    Kesalahan terbesar adalah menabung sisa penghasilan bulanan. Untuk hasil yang terbaik, menabung adalah hal pertama yang harus segera dilakukan saat Anda menerima pemasukan. Sisa dari tabungan itu baru bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
     
    Buat anggaran pengeluaran
    Menciptakan anggaran pengeluaran menjadi kunci penting demi menjaga keuangan. Maksimalkan kemampuan Anda untuk menjaga keuangan dengan membuat rencana kapan Anda bisa belanja  dengan batas maksimal jumlah pengeluaran.
     
    Gunakan rewards kartu kredit
    Kini banyak kartu kredit yang memberikan kesempatan untuk menambah miles ketika Anda menggunakannya. Pikirkan lagi pengeluaran yang bisa dibayar menggunakan kartu kredit dan kartu kredit apa saja yang memberikan poin saat Anda menggunakannya untuk berbelanja. Poin-poin tersebut bisa membawa manfaat hemat bagi Anda pada masa depan, misalnya potongan harga untuk tiket penerbangan atau malah gratis.
     



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below