Brides

Bahagia Tanpa Kuras Kantong, 6 Tips Menabung Untuk Menikah

By : Vanessa Masli - 2022-02-10 18:00:02 Bahagia Tanpa Kuras Kantong, 6 Tips Menabung Untuk Menikah

Hari pernikahanmu bisa jadi salah satu hal yang paling dinantikan. Mengucapkan janji sehidup semati dengan pasangan yang kamu impikan, dilanjutkan dengan perayaan bab baru dalam hidup bersama orang-orang yang kamu sayang. Namun, persiapannya tak jarang membuat sebagian pasangan stres luar biasa.


Detail-detail kecil yang rasanya ingin diabaikan tetapi takut risikonya terlalu besar jika ada yang salah, ditambah pernikahan impianmu yang tak jarang terhalang budget. Ketika bicara soal pengeluaran untuk menikah, kamu mungkin sering memutar otak untuk wujudkan pernikahan impianmu tanpa menguras habis tabungan dan rasanya banyak impian yang harus tak terwujud demi budget.


(Baca Juga: 5 Inspirasi Baju Ke Pesta Pernikahan Yang Simple)


Tenang, kamu bisa sepenuhnya bahagia menyambut hari pernikahanmu. Cukup lakukan beberapa tips menabung untuk menikah ini kamu bisa rasakan kebahagiaan hari pernikahanmu tanpa harus menguras kantong.


1. Tentukan budget pernikahanmu


Ada hidup panjang yang berusaha kamu bangun bersama pasangan setelah hari pernikahanmu. Jadi, sekalipun kamu menginginkan pernikahan impian yang kemungkinan besar memakan biaya, penting untuk menentukan budget pernikahanmu. Mungkin bukan nominal pasti, lebih ke range biaya yang ingin kamu keluarkan.


Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengalokasikan dana untuk keperluan pernikahanmu.



(Hitung budget dan buka akun tabungan khusus untuk pernikahanmu. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

2. Buka satu akun khusus


Ketika budget dan tanggal sudah ada dalam rencanamu, mulailah menabung. Untuk memastikan tabungan pernikahanmu benar-benar digunakan untuk rayakan hari bahagiamu, mungkin membuat akun khusus bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu dan pasangan bisa membuka satu akun yang didedikasikan untuk menyimpan tabungan pernikahanmu.


Selain membuat proses persiapan terasa lebih menyenangkan, kalian sama-sama terlibat untuk mewujudkan pernikahan impian, akun ini memudahkanmu untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.


3. Tentukan nominal tabunganmu


Rutinlah menabung. Mungkin satu bulan sekali, seminggu atau dua minggu sekali, kamu rutin menyisihkan uangmu untuk masuk ke akun pernikahan yang sudah kamu persiapkan. Begitu juga pasanganmu. Seberapa sering kalian menabung, pastikan sudah dikomunikasi sejak menentukan budget sehingga persiapan pernikahanmu secara finansial tak berat sebelah.


(Baca Juga: Intip 6 Ide Kado Pernikahan Unik Untuk Sahabatmu)


4. Sepakat hal-hal yang menjadi prioritas


Tips menabung untuk menikah yang juga tak kalah penting adalah menentukan prioritas pengeluarannya. Apapun pernikahannya, megah atau intim, banyak detail yang harus kamu pastikan ada saat hari bahagiamu. Jadi, coba duduk bersama pasangan, lalu buat daftar prioritas akan hal-hal yang diperlukan untuk pernikahanmu.


Dengan begitu, kalian berdua lebih mudah mengidentifikasi hal-hal yang bisa dan boleh mengeluarkan biaya relatif tinggi, serta hal lain yang bisa diminimalisir pengeluarannya. Mungkin kamu ingin membeli gaun pengantin dari desainer favoritmu, jadi pengeluaran untuk bulan madu bisa kamu akali dengan pergi ke tempat yang lebih terjangkau.


5. Coba temukan “inklusivitas” saat mencari lokasi pernikahan


Ada beberapa bagian dalam persiapan pernikahanmu yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, tanpa harus menghancurkan impianmu. Mulai dari mencari venue pernikahan yang tawarkan paket all-inclusive. Tak hanya ruang untuk rayakan hari pernikahanmu yang ditawarkan, tetapi berikut katering, jasa layanan selama acara, hingga akomodasi bagi para undangan ketika kamu putuskan untuk menikah di tempat jauh dari keramaian.


Dengan menemukan lokasi pernikahan, ditambah tawaran tersebut, kamu bisa mengelola tabunganmu dengan lebih leluasa, sekaligus memberikan ekstra biaya untuk hal-hal lain.



(Undangan yang kamu tulis tangan bisa jadi ide menarik. Foto: Dok. Jonathan Borba/Pexels)


6. Lakukan proyek DIY


Ketika kamu memilih pernikahan yang cenderung lebih intim, perayaan bersama sanak saudara dan sahabat, tentu jumlah tamu undangan sudah diketahui. Mungkin kamu bisa mengajak beberapa orang untuk lakukan do-it-yourself project seperti menuliskan nama-nama penerima undangan, membungkus souvenir pernikahanmu, atau membuat centerpiece yang akan menghiasi sudut-sudut ruangan.


Selain mendekatkan dirimu dengan orang-orang tersayang, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan tak kembali menyewa jasa untuk mencetak undangan atau membungkus souvenir pernikahan.


(Baca Juga: Temukan Inspirasi Pernikahan di Wedding Wonders 2022)


Inilah beberapa tips menabung untuk menikah yang bisa kamu lakukan untuk wujudkan hari bahagiamu dan pasangan.


Brides