Ini Tips Make Up Untuk Kulit Berminyak Agar Tahan Lama


  • Ini Tips Make Up Untuk Kulit Berminyak Agar Tahan Lama
    Tips makeup untuk kulit berminyak agar tahan lama. (Foto: Dok. Amir SeilSepory/Pexels)

    Tak jauh berbeda dengan jenis kulit kering atau dehidrasi, kamu yang memiliki kulit berminyak juga memiliki tantangan tersendiri ketika berhadapan dengan makeup. Mungkin karena kondisi kulitmu yang hampir selalu berminyak, kamu jadi malas untuk mengaplikasikan make up karena takut tak tahan lama atau terlihat jauh lebih berminyak dengan pulasan produk-produk.


    Tenang, Her World sudah merangkum berbagai tips make up untuk kulit berminyak agar tahan lama supaya kamu bisa tampil dengan riasan terbaik, tanpa harus takut kulit akan terlihat sangat berminyak. Penasaran apa saja? Simak deretan tipsnya di bawah ini.




    (Baca Juga: Ini 10 Rekomendasi Bedak Untuk Kulit Berminyak)


    1. Mulai dengan pelembap


    Kulitmu tak pernah terlalu berminyak untuk memakai pelembap. Justru dengan jenis kulit kamu yang cenderung berminyak, kuncian makeup-mu tetap bisa tahan lama terletak pada produk perawatan wajah. Jadi, sebelum mengaplikasikan produk apapun, pastikan kamu mencuci wajahmu dan mengaplikasikan pelembap. Tanpa lupa, sunscreen harus jadi penutup wajib sebelum kamu mulai merias wajah.


    tips make up untuk kulit berminyak agar tahan lama

    (Pastikan kamu awali rangkaian makeup dengan moisturizer. Foto: Dok. Poko Skincare/Unsplash)


    2. Gunakan primer


    Awali riasanmu dengan primer. Dengan ini, kamu memastikan kulit wajah tampak halus merata dan menyamarkan pori-pori serta bekas jerawat. Primer menjadi tembok pelindung antara kulitmu dengan produk makeup yang akan dipakai karena bisa membantu untuk jangan produksi minyak tak berlebihan.


    Pastikan kamu mulai aplikasikan primer pada area yang paling berminyak seperti T-zone, hidung, dan dagu.


    3. Jangan lupa di area mata juga


    Area mata, khususnya kelopak mungkin jarang jadi perhatianmu karena biasanya cenderung bebas minyak. Namun, jika kamu melihat bahwa eye makeup sedikit luntur bisa jadi karena ada minyak yang berada di area tersebut. Untuk itu, sama seperti area wajah lainnya, kelopak matamu juga butuh primer khusus agar makeup-nya tetap tahan lama.


    (Baca Juga: Alami, Ini Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat)


    4. Pilih produk dengan tekstur bubuk alias powder


    Tips make up untuk kulit berminyak agar tahan lama juga terletak pada jenis produk yang kamu gunakan. Mulai dari tekstur, bubuk alias powder menjadi jenis produk yang paling cocok untuk jenis kulit berminyak sehingga ini harus jadi perhatiamu. Sebab, mengaplikasikan produk makeup dengan tekstur krim atau cair justru malah bisa membuat kulitmu semakin berminyak dan makeup tak akan tahan lama.


    5. Tak perlu tebal-tebal


    Memang, buat kamu para pemilik jenis kulit berminyak, produk powder bisa jadi cara untuk menyamarkan pori-pori sekaligus mengurangi produksi minyak berlebihan, tapi sesuatu yang diaplikasikan berlebihan bisa jadi masalah baru. Hal ini juga berlaku pada bedak yang kamu pakai.


    Pastikan kamu mengaplikasikannya dalam layer-layer tipis karena ketika bedak diaplikasikan terlalu banyak, justru malah membuat pori-pori berusaha memproduksi minyak lebih banyak karena menangkap “sinyal” kalau kulitmu kering.


    tips make up untuk kulit berminyak agar tahan lama

    (Produk makeup bertekstur bubuk alias powder. Foto: Dok. Raphael Lovaski/Unsplash)


    6. Gunakan setting spray


    Misimu ketika berdandan adalah memastikan wajahmu tak terlihat berminyak dan makeup-nya pun tetap tahan lama. Setelah selesai makeup, gunakan setting spray untuk mengakhiri rangkaian makeup-mu. Produk ini bantu kamu mengunci semua produk dan membuat makeup tahan lama. Jika kamu ingin perlindungan ekstra, gunakan setting spray di antara setiap tahap makeup.


    7. Saat beraktivitas, bawa kertas minyak


    Make-up yang kamu aplikasikan pada kulitmu memang mengurangi minyak pada wajah tapi ketika mulai jalani kegiatan, entah bekerja atau hangout dengan teman, tentu minyak akan menyusup masuk dengan satu dan lain cara. Untuk mengatasi wajah mendadak berkilau di akhir hari, kamu cukup bawa kertas minyak.


    Di area wajah yang mulai berminyak, kamu tekan kertasnya lalu perlahan menggulungnya lepas dari kulitmu sehingga makeup yang sudah menempel di wajah tak ada terangkat.


    (Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar)


    Inilah beberapa tips makeup untuk kulit berminyak agar tahan lama yang bisa kamu coba. Mungkin ini saatnya untuk coba tingkatkan tampilanmu sehari-hari dengan pulasan makeup tanpa takut wajah terlihat sangat berminyak. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below