Rahasia Kulit Flawless, Ini 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak


  • Rahasia Kulit Flawless, Ini 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak
    (6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Agar Kulit Lebih Flawless. Foto: Dok. golubovy/iStock)

    Ingin tampil flawless tapi tidak pede dengan wajah berminyak? Wajah berminyak terjadi akibat kelenjar sebasea memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum pada kulit berfungsi untuk melindungi dan menghidrasi kulit. Namun, produksi sebum yang berlebihan akan membuat kulit wajah tampak berminyak dan mengkilap. Selain itu, sebum dalam jumlah berlebih juga memicu masalah kulit lainnya seperti pori-pori tersumbat dan jerawat.


    Namun tak perlu khawatir, beberapa pengobatan rumahan, penyesuaian gaya hidup, dan perawatan klinis bisa membantu kamu mengatasi wajah berminyak. Yuk simak beberapa cara mengatasi wajah berminyak berikut ini.




    (Baca juga: Penyebab Kulit Berminyak Paling Umum Terjadi Pada Remaja)


    1. Rutin Mencuci Muka


    Cara mengatasi wajah berminyak yang pertama adalah dengan rutin mencuci muka. Untuk menjaga kulit agar selalu bersih dan sehat, kamu bisa mencuci muka dengan sabun cuci muka yang lembut dan memiliki pH seimbang pada pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga.


    Memilih sabun cuci muka yang cocok dengan kondisi wajah juga menjadi faktor penting untuk mencegah kulit wajah berminyak, sebab produk yang terlalu keras dapat memicu produksi minyak berlebih. Hindari sabun cuci muka dengan kandungan parfum atau bahan kimia keras, yang dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi karena dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit wajah.


    2. Menggunakan Toner

    Cara Mengatasi Wajah Berminyak

    (Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Menggunakan Toner. Foto: Dok. kokouu/iStock)


    Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology kandungan astringent pada toner bisa menenangkan kulit wajah. Kandungan astringent berfungsi untuk mengecilkan pori, dan mengontrol minyak.


    Selain membuat pori-pori tampak lebih kecil, astringent pada toner bisa membersihkan produk atau riasan yang tersumbat pada pori-pori. Namun karena produk ini bersifat cukup keras, tidak semua orang cocok untuk menggunakannya. Jadi, kamu perlu mencoba sedikit produk ini terlebih dahulu. Apabila terasa perih atau gatal, sangat disarankan untuk tidak menggunakan produk ini lagi agar terhindar dari kemungkinan iritasi.

    3. Oleskan Pelembap

    Cara Mengatasi Wajah Berminyak

    (Oleskan Pelembap Setiap Hari Sebagai Cara Mengatasi Wajah Berminyak. Foto: Dok. Praiwan Wasanruk/iStock)


    Mungkin kamu berpikir bahwa mengoleskan pelembap dapat meningkatkan jumlah minyak pada wajah atau bahkan menyumbat pori-pori. Faktanya, memilih pelembap yang tepat akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, pilihkan pelembap bebas minyak agar wajah tetap lembap dan terlindungi, tanpa terasa berminyak. Selain itu, coba gunakan pelembap dengan formula gel atau serum untuk malam hari.


    (Baca juga: Rekomendasi 6 Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Berminyak)


    Salah satu pelembap yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah lidah buaya. Senyawa tertentu dalam lidah buaya memberikan efek menenangkan secara alami pada kulit. Namun, selalu ingat untuk mencari produk pelembap wajah yang bebas alkohol untuk terhindar dari kulit kering dan iritasi.


    4. Menggunakan Produk yang Mengandung Asam Salisilat


    Cocok untuk wajah berminyak, kandungan asam salisilat mampu membersihkan minyak berlebih secara mendalam hingga ke pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Asam salisilat juga dapat membantu eksfoliasi. Eksfoliasi menggunakan asam salisilat setiap minggu akan membantu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran lainnya dari permukaan kulit.


    5. Mengubah Pola Makan

    Cara Mengatasi Wajah Berminyak

    (Mengubah Pola Makan Lebih Sehat Agar Terhindar Dari Wajah Berminyak. Foto: Dok. Koval Nadiya/iStock)


    Cara mengatasi wajah berminyak yang seringkali dilupakan adalah mengubah pola makan. Menjaga kulit wajah dari luar memang penting, namun jangan lupa untuk selalu menjaga kulit wajah dari dalam. American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa konsumsi makanan dan minuman dengan glikemik tinggi, seperti minuman manis atau tepung, dapat merangsang peradangan dan produksi sebum karena makanan atau minuman tersebut meningkatkan gula darah dengan cepat.


    Beberapa makanan yang aman untuk kamu yang memiliki wajah berminyak adalah sayur-sayuran, buah-buahan, dan olahan gandum. Kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan atau asam lemak omega-3 untuk menjaga kulit kamu dari tumbuhnya jerawat, sebab minyak ikan memiliki kandungan anti radang yang cukup tinggi.


    6. Minum Air Putih

    Cara Mengatasi Wajah Berminyak

    (Minum Air Dalam Jumlah Tepat Dapat Mengurangi Minyak Pada Wajah. Foto: Dok. seb_ra/iStock)


    Minum air putih dalam jumlah yang tepat sangat mempengaruhi berbagai aspek kesehatan, termasuk seberapa baik tubuh dapat mempertahankan dan mengatur produksi minyak di kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, minum air dalam jumlah yang tepat mampu mengurangi minyak dari waktu ke waktu. Minumlah air 1-2 liter setiap hari untuk melembapkan dan menghidrasi tubuh dari dalam. Jika kulit terhidrasi dengan baik, kelenjar minyak akan menerima sinyal dari otak bahwa produksi minyak tidak lagi dibutuhkan, sehingga tubuh akan memperlambat produksi minyak di kulit.


    (Baca juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh)


    Sekarang kamu sudah tahu kan beberapa cara mengatasi wajah berminyak untuk tampil lebih flawless? Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below