Penyebab Kulit Berminyak Paling Umum Terjadi Pada Remaja


  • Penyebab Kulit Berminyak Paling Umum Terjadi Pada Remaja
    Inilah 6 penyebab kulit berminyak paling umum terjadi pada remaja yang harus hindari. (Foto: Dok. /Freepik)

    Kulitmu tampak kusam? Kulit yang berminyak membuat wajahmu terlihat berkilau secara ekstra dan membuatmu semakin kurang nyaman. Dilansir dari Healthline, pori-pori yang besar dapat menghasilkan jerawat yang bercampur dengan sel kulit mati dan sebum atau minyak alami. Biasanya, cukup banyak orang yang dapat menghasilkan minyak yang terlalu banyak pada kelenjar sebaceous.




    Untuk mengurangi minyak pada wajah, kamu bisa mencuci wajahmu di pagi dan malam hari. Lalu, apa penyebabnya? Sebelumnya, kamu harus melakukan pencegahan yang baik dengan rutin melakukan eksfoliasi hingga mengeringkan wajahmu dengan benar.


    Nah, oleh karena itu, kamu dapat mengetahui beberapa penyebab kulit berminyak yang paling umum terjadi di kalangan remaja. Yuk. simak ulasannya.


    (Baca Juga: Rekomendasi Face Mist Untuk Kulit Kering)


    1. Genetik

    Kulit wajah yang berminyak, biasanya terjadi akibat dari genetik yang diturunkan kepadamu. Kulit berminyak cenderung menurun dalam keluarga. Tak heran jika orang tuamu mengalaminya dan menurunkannya kepadamu. Tak perlu khawatir, kamu bisa mencegahnya dengan sering rutin merawat wajahmu dengan mencuci wajahmu hingga menggunakan produk wajah yang baik dan benar.


    (Baca Juga: 5 Tanda Kulit Sehat yang Wajib Kamu Ketahui)


    2. Bertambahnya Usia

    Remaja juga mengalami bertambahnya usia sehingga kulitmu akan menghasilkan sebum. Sebab, kulit yang menua dapat kehilangan protein seperti kolagen dan kelenjar sebaceous yang melambat. Namun, seorang ahli kecantikan dapat membantumu untuk mengevaluasi jenis kulit kamu setiap beberapa tahun.


    3. Kesalahan dalam Menggunakan Skin Care

    (Kesalahan menggunakan produk skin care merupakan salah satu penyebab wajahmu semakin berminyak. Foto: Dok. Freepik)

    Kesalahan dalam menggunakan produk perawatan kulit juga dapat menimbulkan kulit wajahmu berminyak. Beberapa orang masih salah mengira dengan berbagai jenis tipe kulit seperti kulit kombinasi dan lain sebagainya. Maka dari itu, mulailah menggunakan produk skin care yang tepat agar wajahmu dapat menampilkan perbedaan besar pada jumlah minyak yang tersisa diwajahmu.


    4. Melakukan Rutinitas Skin Care Secara Berlebihan

    Perlu kamu ketahui, bahwa sering mencuci wajah hingga melakukan eksfoliasi secara berlebihan dapat membuat kulitmu semakin berminyak. Sebab, kelenjar sebaceous kamu akan masuk ke mode darurat sehingga dapat menghasilkan minyak berlebih. Oleh karena itu, kamu bisa mencegahnya dengan hanya perlu mencuci wajahmu sebanyak dua kali sehari dan eksfoliasi sebanyak dua kali seminggu.


    5. Melewatkan Pelembap

    Melewatkan pelembap merupakan suatu hal yang perlu dihindari. Sebab kunci yang tepat adalah menggunakan pelembap. Gunakan pelembap berbahan air yang ringan bekerja dengan baik untuk kulitmu. Tak perlu terlalu rumit, kamu juga bisa mencari produk yang menyatakan “bebas minyak” dan “non-komedogenik” untuk membantu menjaga pori-porimu agar tetap bersih.


    6. Pori-pori yang Membesar

    (Salah satu penyebab kulit berminyak pada remaja yaitu pori-pori yang membesar. Foto: Dok. Freepik)

    Pori-pori yang membesar cenderung dapat menghasilkan minyak yang cukup banyak. Biasanya, pori-pori akan timbul akibat dari fluktuasi berat badan hingga jerawat. Tentunya, pori-pori tidak bisa dihilangkan. Namun, kamu bisa menguranginya dengan mengecilkan pori-porimu dengan es batu.


    Inilah 6 penyebab kulit berminyak paling umum terjadi pada remaja yang harus kamu ketahui.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below