Alami, Ini Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


  • Alami, Ini Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
    (Masker untuk kulit berminyak dan berjerawat. Foto: Dok.dimid_86/iStock)

    Kulit berminyak merupakan masalah kulit yang umum dihadapi oleh banyak orang. Jenis kulit ini terkenal rentan terhadap berbagai kondisi menyebalkan, seperti jerawat dan noda hitam di wajah. Kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat ini tentu akan menurunkan kepercayaan diri dan juga mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi para wanita. 


    Produksi minyak berlebih di dahi, hidung, dan dagu dapat disebabkan oleh pori-pori kulit yang terbuka lebar. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab masker wajah alami dibawah ini mampu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Berikut ini beberapa masker alami yang bisa kamu coba. 




    1. Sari Lemon 

    masker kulit berminyak dan berjerawat

    (Kandungan vitamin C pada lemon berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Foto: Dok.Dzmitrock87/iStock)

    Masker alami pertama yang bisa kamu coba untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah sari lemon. Memang pada dasarnya sari lemon dapat mengiritasi kulit, tapi kandungan vitamin C yang ada pada sari lemon ini berguna untuk memecahkan masalah kulit berminyak. Seperti, membuat kulit terbebas dari debu, kotoran, dan sekaligus bisa memutihkan kulit. 


    Untuk menggunakan sari lemon sebagai masker wajah sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan air lemon dengan 1 butir putih telur. Kemudian gunakan ujung jari untuk memijat campuran tersebut ke wajah secara lembut, lalu biarkan selama 15-20 menit hingga kering dan bilas dengan air hangat. 


    (Baca Juga: Intip 5 Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Kulit Kusam)


    2. Madu dan Kayu Manis 

    Kamu juga bisa menggunakan madu dan kayu manis sebagai masker untuk kulit berminyak dan kayu manis. Pasalnya, madu memiliki kandungan antimikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kayu manis dapat mencegah peradangan sehingga keduanya sangat cocok dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.


    Caranya kamu cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah dalam keadaan bersih dan oleskan masker pada wajah kemudian diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


    3. Tomat 

    masker kulit berminyak dan berjerawat

    (Masker tomat mampu membuat wajah berminyak menjadi lebih bersih. Foto: Dok.Prostock-Studio/iStock)

    Jika di rumah ada tomat, kamu bisa menggunakannya sebagai masker karena tomat dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati secara alami. Penggunaan masker tomat juga terbukti dapat membuat kulit wajah yang berminyak menjadi lebih bersih.


    Untuk membuat masker alami untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan berbahan alami dari tomat adalah dengan menghancurkan tomat hingga mempunyai tekstur yang lembut. Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan masker tomat ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas bersih secara merata. Diamkan masker kurang lebih 1 jam. Setelah itu,  bilas masker dengan menggunakan air hangat.


    (Baca Juga: Intip 7 Masker Wajah Untuk Memutihkan)


    4. Mentimun 

    masker kulit berminyak dan berjerawat

    (Gunakan masker mentimun secara rutin untuk menghidrasi kulit. Foto: Dok.CoffeeAndMilk/iStock)

    Kandungan air dalam mentimun dapat menghidrasi kulit dan memberikan sensasi segar. Jika digunakan secara rutin maka masker mentimun bisa membuat kulit wajah lembab dan kenyal secara alami. Selain itu, penggunaan masker alami berbahan mentimun pada wajah juga membuat pori-pori wajah mengecil secara bertahap.


    Cara membuat masker alami ini sangat mudah, pertama kamu bisa parut mentimun hingga menjadi tekstur yang berair lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan pijat lembut dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa menambahkan air mawar untuk mendapatkan sensasi segar pada wajah.


    5. Oatmeal 

    Tak hanya untuk menu sarapan, oatmeal juga sudah banyak digunakan untuk perawatan wajah. Sebab, oatmeal bisa membantu menyerap minyak yang berlebih pada wajah. Oatmeal juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang mampu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulitmu akan tampak lebih cerah dan halus.


    Caranya cukup campurkan setengah cangkir oatmeal dengan air hangat secukupnya. Aduk rata hingga menjadi pasta, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Kemudian, oleskan pasta oatmeal dan madu di wajah yang telah dibersihkan. Pijat lembut selama sekitar tiga menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika kamu mempunyai kulit yang berjerawat, gunakan masker oatmeal setiap hari.


    Nah, itu dia masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa kamu dapatkan secara alami. Gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below