Ketahui 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut


  • Ketahui 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut
    (Manfaat lidah buaya untuk rambut. Foto: Dok.Author/iStock)

    Lidah buaya merupakan tanaman berduri yang digunakan untuk pengobatan berbagai jenis masalah kesehatan sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini dapat tumbuh liar di iklim tropis, semi tropis, dan gersang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 


    Penggunaan lidah buaya ternyata aman jika dipakai secara langsung. Tak hanya sebagai obat dan produk kecantikan, lidah buaya juga mampu mengatasi berbagai masalah rambut, misalnya kerontokan. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa kamu tahu. 




    1. Mengurangi Kerontokan Rambut 

    manfaat lidah buaya untuk rambut

    (Kandungan yang ada pada lidah buaya mampu mengurangi kerontokan pada rambut. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)

    Seperti yang sudah disebutkan tadi, lidah buaya mampu mengurangi kerontokan rambut. Hal ini berkat kandungan yang ada pada lidah buaya yaitu vitamin B12 dan asam folat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sel-sel rambut. 

    Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kerontokan rambutmu hanyalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala hinga ujung rambut secara merata, kemudian diamkan selama satu jam lalu bilaslah dan keramas dengan menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini di rumah sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, secara rutin agar rambut rontok bisa berkurang.


    2. Mengurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala 

    Manfaat lidah buaya untuk rambut yang lainnya adalah mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal di kulit kepala ini bisa timbul akibat dermatitis seboroik atau biasa dikenal sebagai ketombe. Dermatitis seboroik ini merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala yang meradang dan mengelupas sehingga muncul ketombe.

    Namun kamu tak perlu khawatir, sebab masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan lidah buaya karena kandungan asam lemak yang ada pada lidah buaya ini memiliki sifat anti-inflamasi guna meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

    Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya mentah dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Untuk membantu menjaga kelembapan rambut, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak jarak sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan gel lidah buaya sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.


    (Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    3. Mengontrol Minyak di Rambut 

    manfaat lidah buaya untuk rambut

    (Minyak berlebih di kulit kepala juga bisa dikontrol dengan lidah buaya. Foto: Dok.Alona Siniehina/iStock)

    Lidah buaya juga mampu mengontrol minyak pada rambut. Pasalnya, rambut berminyak terjadi akibat produksi minyak yang berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang kamu pakai.

    Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lidah buaya dengan cara mengoleskannya secara merata dari kulit kepala hingga ke ujung rambut, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Selain mengurangi minyak, lidah buaya juga akan membuat rambutmu menjadi semakin sehat dan lembut. 


    4. Memperkuat Helaian Rambut 

    manfaat lidah buaya untuk rambut

    (Berbagai kandungan pada lidah buaya mampu meregenerasi sel-sel pada helaian rambut. Foto: Dok.megaflopp/iStock)

    Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk regenerasi sel-sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini mampu menjaga helai-helai dari rambutmu agar tidak mudah patah. 


    5. Mengatasi Rambut Kering 

    Tak hanya mengontrol rambut yang berminyak saja, bagi kamu yang memiliki tipe rambut kering juga bisa memanfaatkan lidah buaya. Sebab, lidah buaya termasuk dalam pelembab alami yang dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih lembab, sehingga mencegah dari masalah rambut yang kering. 

    Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala hingga batang rambutmu secara merata, kemudian bungkus rambutmu dengan handuk hangat dan diamkan selam 10-15 menit. Lalu, setelah dirasa cukup kamu bisa membuka bungkus rambut tersebut dan mencucinya dengan menggunakan sampo khusus rambut rontok. 


    6. Mengatasi Rambut Bercabang 

    Kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya terbukti dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kepala sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Hal ini berarti bahwa lidah buaya juga dipercaya untuk memperbaiki ujung rambut bercabang.


    (Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit)


    7. Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

    manfaat lidah buaya untuk rambut

    (Lidah buaya mampu membuat rambut tampak berkilau. Foto: Dok.AND-ONE/iStock) 

    Pasti semua wanita mendambakan rambut yang sehat dan berkilau, salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengoleskan lidah buaya ke rambutmu secara rutin. Tidak hanya membuat rambut tampak berkilau, lidah buaya juga mampu mempertahankan kesehatan rambutmu. 


    Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa kamu coba. Penggunaan lidah buaya ini juga perlu dilakukan dengan perawatan rambut yang lainnya seperti mencuci rambut dengan sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut. 


    (Penulis: Tiara Kandida E) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below