7 Manfaat Kopi Untuk Rambut Yang Perlu Kamu Tahu


  • 7 Manfaat Kopi Untuk Rambut Yang Perlu Kamu Tahu
    (Manfaat kopi untuk rambut. Foto: Dok.kazmulka/iStock)

    Apakah kamu tahu bahwa kopi bukan hanya digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk ataupun menemani hari kamu dalam bekerja saja. Kopi ternyata juga bisa bermanfaat untuk rambut agar menjadi lebih sehat. 


    Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi khususnya kafein yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut. Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk rambut yang perlu kamu tahu. 




    1. Membuat Rambut Lebih Halus dan Berkilau

    manfaat kopi untuk rambut

    (Kopi dapat membuat rambut jadi tampak halus dan berkilau. Foto: Dok.AND-ONE/iStock)

    Jika kamu membilas rambut dengan kopi akan memperbaiki rambut yang kusam. Karena kopi mengandung flavonoid, antioksidan yang mendorong regenerasi rambut. Batang rambut kamu bisa menjadi lebih halus. Sehingga rambut ikal yang susah disisir bisa jadi lebih lembut dan mudah untuk diurai setelah memakai kopi sebagai scrub.

    Meskipun kopi memiliki efek diuretik, tetapi ia tidak menghilangkan minyak pada rambut. Selain itu, kopi juga dapat menjaga kelembapan dan membuat rambut berkilau secara alami. Hal itu karena kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengedarkan nutrisi ke akar rambut, sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan lebih berkilau. 


    2. Mengatasi Rambut Rontok

    manfaat kopi untuk rambut

    (Rambut rontok bisa dihentikan dengan scrub kopi. Foto: Dok.Doucefleur/iStock)

    Seiring bertambahnya usia, kerontokan rambut dapat terjadi pada pria maupun wanita. Namun kamu tidak perlu khawatir, menggunakan kopi sebagai bahan scrub rambut dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

    Pada pria, rambut rontok biasanya disebabkan oleh hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat merusak folikel rambut. Hal ini juga bisa dirasakan oleh wanita. Kamu bisa menggunakan kopi untuk mengatasi kerontokan ini, karena kafein efektif untuk menghambat efek DHT pada rambut pria. Sementara itu, pada wanita kafein berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut.


    (Baca Juga: Mencegah Kerusakan, Ini 8 Manfaat Masker Rambut)


    3. Menggelapkan Warna Rambut 

    Kopi juga diketahui berguna untuk menggelapkan warna rambut. Namun manfaat ini hanya bisa dirasakan bagi kamu yang memiliki rambut dengan warna asli atau hitam. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan kopi kental seperti espresso


    4. Membantu Menyeimbangkan pH Rambut 

    manfaat kopi untuk rambut

    (Kopi dapat membantu menyeimbangkan pH rambut. Foto: Dok.kitthanes/iStock)

    Manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu membantu menyeimbangkan pH rambut. Para ahli menyebutkan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami memiliki sifat asam.

    Serat pada rambutmu diketahui memiliki pH sekitar 3,67. Sedangkan pH pada kulit kepala sekitar 5,5. Oleh sebab itu, jika kamu menggunakan produk rambut dengan kandungan pH yang tinggi, maka bisa meningkatkan risiko kerusakan pada rambut.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk membantu menyeimbangkan pH pada rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, risiko kerusakan rambut bisa berkurang.


    5. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

    Jika kamu ingin mengeksfoliasi kulit kepala, maka bisa menggunakan kopi. Kopi dikenal sebagai exfoliator yang sangat baik karena bubuk kopi tersebut dapat membantu mengelupas kulit kepala dan menyingkirkan penumpukan produk, kotoran dan kotoran yang terkumpul di kulit kepala terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah.

    Manfaat kopi untuk rambut juga secara signifikan dapat mengurangi ketombe dan membuat rambut kamu sehat secara keseluruhan. Ekstrak kafein bermanfaat bagi rambut untuk meningkatkan kualitas rambut.

    Kopi terbukti 99% efektif untuk mengurangi mikroba penyebab ketombe. Kamu dapat melakukan scrub kulit kepala untuk mengelupas kulit kepala dan merangsang akar untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. 


    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Masker Rambut Alami Untuk Kamu Buat di Rumah)


    6. Menjaga Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

    manfaat kopi untuk rambut

    (Kopi mampu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Foto: Dok.sefa ozel/iStock)

    Manfaat lainnya dari kopi yaitu bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Tidak hanya itu, kopi juga bisa menstimulus akar rambut. 

    Minyak yang ada pada kopi mengandung asam lemak yang terdiri atas asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Kombinasi senyawa tersebut juga berguna untuk menjaga kelembapan pada rambut. 


    7. Menjadi Minyak Rambut 

    Bagi kamu yang memiliki tekstur kulit kepala kering tak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengakalinya dengan kopi. Minyak kopi dapat memberi vitamin pada rambut dan kulit kepala kamu dengan menyebarkan aroma luar biasa. Minyak kopi juga dapat membantu memperkuat akar dan batang rambut, meningkatkan penyebaran darah, dan mendukung pertumbuhan rambut. 


    Nah, itu dia beberapa manfaat kopi yang perlu kamu tahu. Namun jika ada reaksi alergi atau kemerahan pada kulit kepalamu segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below