Yuk Intip 7 Tips Mudah Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana


  • Yuk Intip 7 Tips Mudah Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana
    Warna furnitur yang senada penting agar kamar tidur yang sempit terlihat rapih. (Foto: Dok. Tatiana Syrikova/Pexels)

    Kamar tidur menjadi tempat kita melepas lelah setelah bekerja maupun beraktivitas sepanjang hari. Selain melakukan hobi, hal yang kita inginkan untuk melepas stres pun adalah pergi ke kamar tidur dan beristirahat. Ruangan kamar yang luas tentu membuat suasana hati kita lega dan memancarkan aura yang positif. Namun, bagaimana jika kita memiliki kamar tidur yang sempit? Tentunya kita bisa merasakan hal yang sama jika penataan kamar tidur dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, para penghuni kamar tidur yang sempit dengan area terbatas memerlukan tips menata kamar tidur sempit sederhana agar ruangan semakin nyaman dan terkesan luas.


    Memiliki kamar tidur dengan area yang tidak luas membatasi ruang gerak dan penempatan furnitur. Jika menempatkannya di posisi yang salah, kamar tidur akan terasa sempit dan kita pasti tidak tahan berada di ruangan tersebut. Kamar tidur yang nyaman dan teratur akan memperbaiki suasana hati, mendukung produktivitas, dan menjaga kerapihan kamar. Mari kita intip berbagai tips yang direkomendasikan Her World untuk menjadikan kamarmu semakin nyaman dan rapi. 




    (Baca Juga: Wow, Intip Cantiknya Dekorasi Kamar Aesthetic Korea)

    1. Menggunakan cat tembok berwarna terang

    tips menata kamar tidur sempit sederhana

    (Cat tembok berwarna terang untuk menata kamar yang sempit. Foto: Dok. Artjafara/iStock)


    Sebagai bagian utama dari sebuah ruangan, warna cat tembok merupakan penentu dari suasana kamar tidurmu. Agar kamar tidur semakin lega dan leluasa, gunakan cat warna tembok yang terang. Kita tidak perlu menggunakan warna yang terlalu mencolok mata. Banyak warna terang yang bisa kita pakai, seperti putih, warna pastel, kuning muda, soft pink, dan warna terang lainnya. Warna-warna tersebut akan membantu kamar tidur kita menjadi lebih lega. 


    2. Menggunakan warna furnitur yang senada

    Selain mengecat tembok dengan warna yang terang, pemilihan warna di furnitur juga penting agar kamar tidur yang sempit terlihat lebih rapih. Warna-warna netral seperti putih dan abu-abu cocok digunakan sebagai warna furnitur. Elemen kayu terang juga dapat digunakan pada meja, tempat tidur, dan lemari baju agar menciptakan aksen yang seragam dan minimalis. Hindari penggunaan furnitur dengan warna yang kontras dengan satu sama lain agar kamar tidur lebih enak dilihat dan nyaman.


    3. Maksimalkan penggunaan cahaya alami

    tips menata kamar tidur sempit sederhana

    (Pentingnya pencahayaan alami di kamar tidur. Foto: Dok. Katarzyna Bialasiewicz/iStock)


    Pencahayaan sangat penting untuk membuat ruangan kamar kita terasa lebih luas. Kamar yang gelap akan terasa sempit, sesak, dan dapat merusak suasana hati. Menutup gorden di kamar sepanjang hari juga akan menimbulkan stres karena kurangnya pencahayaan natural di ruangan. Oleh karena itu, salah satu tips menata kamar tidur sempit sederhana yang perlu dilakukan adalah membuka jendela di kamar tidur kita pada siang hari saat matahari dapat menyinari seluruh isi kamar tidur.


    4. Pasang dekorasi seperlunya


    Kita dapat menghias kamar tidur yang sempit secukupnya dengan menggantung satu sampai dua bingkai foto atau lukisan di atas kasur agar memberikan aksen minimalis dan modern. Dekorasi tentu membuat kamar tidur kita menjadi lebih indah dan berwarna. Namun, dekorasi yang terlalu ramai di suatu ruangan akan menyebabkan ruangan tersebut menjadi terasa sempit. Jika luas kamar tidur kita sudah sempit, tentunya kita perlu mengatur penempatan dekorasi dengan baik agar tidak terlalu ramai sehingga ruangan kamar tetap terasa luas dan indah. 


    (Baca Juga: Kamar Aesthetic Putih Untuk Suasana Baru)


    5. Memanfaatkan dinding kamar


    Agar kamar tidur kita terasa lebih lega, gunakan rak gantung untuk menaruh barang-barang di dalam ruangan. Kita dapat menaruh hiasan kecil, buku-buku, dan barang-barang perhiasan. Rak gantung akan menghemat pemakaian area di ruangan kamar yang sempit dan memberikan ruang untuk menempatkan furnitur lainnya. Pemakaian rak gantung juga akan meningkatkan kerapihan kamar tidur. 


    6. Menggunakan loft bed


    (Kasur bertingkat untuk menghemat ruangan. Foto: Dok. Phototrophic/iStock)


    Memiliki kamar yang sempit tentunya memperkecil area penyimpanan barang dan ruang untuk beraktivitas. Salah satu solusi cerdas untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan loft bed. Berbagai toko furnitur sudah banyak menjual berbagai opsi loft bed yang dapat menyesuaikan luas kamar tidur kita. Kita dapat menempatkan sofa, meja rias, meja belajar, ataupun meja kerja sesuai pilihan di bawah tempat tidur.

    Dengan menggunakan loft bed, kita dapat memanfaatkan area kamar tidur yang sempit dengan leluasa. 


    7. Menyimpan barang pada tempatnya


    Seiring aktivitas kita yang semakin sibuk, terkadang kita lupa untuk menaruh dan mengembalikan barang pada tempatnya. Kita pun sering kali merasa malas untuk melakukan hal tersebut dan menyebabkan barang-barang berceceran serta tergeletak begitu saja di kamar tidur. Namun, menyimpan barang pada tempatnya merupakan salah satu tips paling ampuh agar kamar kita terlihat rapih dan tertata. Barang-barang pun akan mudah untuk dicari ketika kita membutuhkan. 


    (Baca Juga: Inilah Tanaman Hias Yang Cocok Diletakkan Di Kamar Tidur)


    Inilah tips menata kamar tidur sempit sederhana agar kamu dapat menikmati kamar tidur yang nyaman walaupun memiliki area yang sempit. Semoga bermanfaat!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below