Intip Makanan Spesial Idul Fitri Di Berbagai Negara


  • Intip Makanan Spesial Idul Fitri Di Berbagai Negara
    Makanan spesial Idul Fitri. (Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)

    Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, apakah kamu sudah menyusun menu makanan untuk disajikan nanti? Ketupat, opor ayam hingga sambal goreng kentang ati mungkin sudah jadi makanan wajib yang semarakkan kumpul-kumpul keluarga saat Idul Fitri nanti. Apalagi buat kamu yang sudah lama tak bertemu keluarga dan kerabat selama dua tahun terakhir, tentu momen ini terasa lebih istimewa.


    Tak hanya bertukar maaf dan berbagi cerita, Idul Fitri terasa istimewa karena setelah dua tahun harus merayakannya terpisah atau secara virtual, kamu dan orang-orang tersayang bisa rayakannya secara langsung. Mungkin menu makanan yang lebih spesial perlu disajikan untuk sempurnakan menu-menu wajibmu setiap Lebaran.




    (Baca Juga: Yuk Intip 7 Ide Parcel Lebaran Unik)


    Sederetan makanan spesial Idul Fitri di berbagai negara ini bisa jadi inspirasi yang kamu cari untuk sempurnakan momen hangat bersama keluarga. Penasaran apa saja?


    1. Sheer Khurma (India)

    makanan spesial idul fitri

    (Sheer khurma. Foto: Dok. Melanie Maya/iStock)


    Makanan yang populer dan bisa kamu temukan di India, Pakistan, dan Bangladesh setiap kali Idul Fitri dilaksanakan. Bihun gandum atau dikenal dengan nama seviyan yang dipanggang dan dicampurkan dengan susu serta gula sehingga kamu akan mendapatkan tekstur yang creamy.


    Kamu bisa menyajikannya dengan buah-buah kering, kurma maupun kacang-kacangan seperti almond. Bisa dinikmati selagi hangat atau dingin sesuai dengan seleramu.


    2. Tagine (Maroko)

    makanan spesial idul fitri

    (Tagine khas negara-negara di Afrika Utara. Foto: Dok. Martin Turzak/iStock)


    Mungkin saat kamu melihat fotonya, rendang jadi salah satu makanan yang terlihat mirip tapi Tagine adalah masakan khas Afrika Utara yang tersaji saat Idul Fitri. Daging ayam, sapi atau kambing yang dicampurkan dengan buah-buahan kering, sayur-sayuran, madu dan berbagai rempah. Semua campuran itu dimasak dengan slow cooker hingga dagingnya empuk.


    Kamu bisa menemukan keseimbangan rasa antara manis dan asam saat Tagini siap untuk disantap. Sajikan dengan nasi atau biji-bijian seperti kuskus.


    3. Lokum (Turki)

    makanan spesial idul fitri

    (Turkish delight atau lokum dalam berbagai warna. Foto: Dok. Mehliyet Gonullu/Pexels)


    Camilan super manis ini banyak jadi oleh-oleh yang dibawa sebagian besar turis ketika berkunjung ke Turki. Kamu mungkin lebih mengenalnya dengan Turkish delight, sebuah camilan kenyal yang terdiri dari campuran tepung maizena, gula, dan berbagai isian seperti kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan.


    (Baca Juga: Rekomendasi Baju Gamis Simple Tapi Mewah Untuk Hari Raya)


    4. Bolani (Afghanistan)

    makanan spesial idul fitri

    (Bolani khas Afghanistan. Foto: Dok. Alleko/iStock)


    Makanan spesial Idul Fitri berikutnya datang dari Afghanistan. Namanya Bolani, roti tipis dengan isian sayur-sayuran, seperti kentang dan labu. Biasanya disajikan dengan plain yogurt sebagai makanan pendamping atau bisa jadi menu utama yang kamu nikmati.


    5. Maamoul (Arab)

    makanan spesial idul fitri

    (Maamoul dengan isian kurma. Foto: Dok. Mirror/iStock)


    Ingin tambah variasi kue keringmu selain nastar dan putri salju, mungkin Maamoul bisa jadi pilihan untuk dicoba. Sebuah makanan penutup dari Arab yang hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari bola hingga datar. Namun, di dalamnya, kamu akan menemukan ragam rasa yang menyenangkan hati. Kue kering satu ini sering diberi isian seperi kurma, kacang-kacangan, dan bahkan buah tin.


    6. Lapis Legit (Indonesia)

    makanan spesial idul fitri

    (Lapis legit khas Indonesia. Foto: Dok. Riki Krisnandar/iStock)


    Kue satu ini jadi salah satu dari sekian banyak sajian khas Indonesia yang ikonis setiap kali Hari Raya tiba. Dengan nama lapis legit, kamu bisa nikmati paduan rasa manis dan gurih pada setiap lapisnya, ditemani dengan secangkir teh tawar atau kopi hitam.


    Terinspirasi dari kue layer khas Belanda, lapis legit ini menambahkan ragam rempah seperti kapulaga dan cengkeh untuk tambah rasa sekaligus aroma. Hal yang membuat lapis legit terasa istimewa tak hanya pada rasanya, tapi proses pembuatannya yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran pada setiap layernya.


    (Baca Juga: Rekomendasi Tempat Yang Bisa Dikunjungi Waktu Libur Lebaran)


    Itu dia berbagai makanan spesial Idul Fitri dari berbagai negara yang bisa kamu tambahkan di menu spesial Hari Raya tahun ini. Kira-kira mana yang tertarik kamu coba lebih dulu?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below