Ini 4 Tokoh Wanita Yang Bisa Jadi Inspirasi di Hari Kartini


  • Ini 4 Tokoh Wanita Yang Bisa Jadi Inspirasi di Hari Kartini
    Bu Broto dan kedua putrinya. (Foto: Dok. Maudy Koesnaedi/Instagram)

    Selamat Hari Kartini! Tepat pada 21 April, kamu, para wanita Indonesia, berhak untuk menepuk bahu dan rayakan kehidupan yang sudah dijalani. Mulai menjadi seorang ibu hingga baru meniti karier di pusat kota Jakarta, hari kelahiran R.A Kartini selalu menjadi ruang bagi setiap wanita Indonesia untuk saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain.


    Jika kali ini, peringatan Hari Kartini harus dirayakan di rumah, kamu bisa menikmati beberapa film yang tampilan beberapa tokoh wanita yang bisa jadi inspirasimu di Hari Kartini. Mulai dari seorang ibu yang berusaha menyeimbangkan karier dan waktu bersama putrinya hingga anak remaja di sebuah desa yang tengah menemukan jati dirinya, di tengah budaya yang menuntutnya harus segera menikah.




    (Baca Juga: Kumpulan Quotes Hari Kartini 2022 Yang Inspiratif)


    Penasaran siapa saja tokoh wanita yang bisa kamu tonton untuk jadi inspirasi? Simak deretannya di bawah ini.


    1. Ellen Tirtoatmodjo (Susah Sinyal)


    hari kartini, film indonesia

    (Adinia Wirasti sebagai Ellen Tirtoatmodjo. Foto: Dok. Adinia Wirasti/Instagram)


    Film ketiga karya Ernest Prakasa lahir dari keinginannya untuk membuat sebuah film yang menampilkan keindahan kawasan Timur Indonesia sebagai latar kisah garapannya. Kisah seorang ibu tunggal sekaligus pengacara, Ellen Tirtoatmodjo bersama putrinya Kiaralah menjadi cerita yang dihadirkan Ernest ke layar lebar dalam film berjudul Susah Sinyal.


    Seorang ibu yang diperankan oleh aktris Adinia Wirasti ini tak hanya sukses menghadirkan potret perjuangan seorang single mother, berusaha menafkahi keluarga sekaligus memahami anak semata wayangnya (apalagi ketika hubungan ibu dan anaknya tak dekat). Selain itu, sosoknya menjadi inspirasi bagi para wanita yang tengah meniti kariernya.


    2. Yuni (Yuni)




    Karakter yang bisa jadi inspirasimu pada Hari Kartini adalah Yuni. Si gadis remaja yang memasuki tahun terakhir SMA dan dikenal satu kampungnya dengan warna ungu dalam berbagai hal yang dia miliki (kecuali seragam sekolahnya). Namun, Yuni menjadi salah satu inspirasi para wanita muda untuk terus berjuang meraih impian dan menemukan siapa dirinya.


    Dengan berbagai pertanyaan yang ada di kepalanya, ia tak henti untuk menyelaminya dan mempertanyakannya. Apalagi di tengah budaya lingkungannya, ketika menikah tak hanya jadi keharusan tetapi juga dianggap sebagai solusi bagi para wanita, Yuni bisa kamu jadikan inspirasi untuk terus melangkah, menjalani hidupmu sebagai seorang wanita.


    3. Geng Bebas (Bebas)


    hari kartini, film indonesia

    (Geng Bebas. Foto: Dok. Sheryl Sheinafia/Instagram)


    Film yang berjudul Bebas rilis 2019 mengajakmu untuk bernostalgia dengan masa-masa SMA, khususnya kamu yang menghabiskan masa-masa sekolah di era 90an. Film yang merupakan adaptasi bebas dari film Korea berjudul Sunny juga menghadirkan sosok wanita-wanita kuat dalam berbagai versi.


    Geng Bebas adalah sebutan untuk enam sahabat SMA yang terdiri dari lima wanita dan satu pria. Mulai dari Kris (diperankan oleh Sheryl Sheinafia & Susan Bachtiar), si ketua geng yang tak segan memasang badan di garda terdepan ketika ada yang menyakiti sahabat-sahabatnya. Lalu, Jessica (diperankan oleh Agatha Pricilla & Indy Barends) yang punya kepercayaan diri yang tinggi dan patut untuk dijadikan inspirasi.


    Kemudian sosok Gina (diperankan oleh Zulfa Maharani & Indy Barends) yang tak henti mengasah kemampuan secara akademis dan seiring berjalannya kehidupan, ia pun terus berjuang untuk menafkahi keluarganya. Serta, sosok Suci (diperankan oleh Lutesha & Salvita Decorte), gadis remaja dengan pribadi yang kuat di balik ketenangannya.


    Lalu, sosok Vina (diperankan Maziura & Marsha Timothy) yang bisa jadi gambaranmu bahwa wanita akan selalu punya ruang untuk berkembang dan berubah. Geng Bebas ini jadi potret bagaimana kekuatan Kartini terasa lebih kuat ketika semua wanita saling mendukung satu sama lain.


    (Baca Juga: Masuk Usia 40, Ini 6 Peran Terbaik Dian Sastrowardoyo)


    4. Ibu Broto (Losmen Bu Broto)




    Masih segar dalam ingatan ketika film Losmen Bu Broto menjadi salah satu tayangan yang mengundang masyarakat untuk kembali ke bioskop pada 2021. Sebuah adaptasi dari serial televisi berjudul Losmen ini berhasil membungkus drama keluarga dengan kehangatan dan ragam komedi di dalamnya.

    Namun, sosok Ibu Broto yang diperankan Maudy Koesnaedi menjadi tokoh wanita menginspirasi, apalagi bicara tentang Kartini masa kini. Mulai dari mengelola sebuah losmen keluarga, mengurus keluarga, dan mendidik ketiga anaknya, Ibu Broto bisa kamu jadi panutan dalam mengatur kehidupanmu sehari-hari. Jauh dari kata mudah, tetapi bukan berarti tak bisa dilakukan.


    (Baca Juga: Selain Putri Diana, Ini Film Biopik Wanita Hebat Di Dunia)


    Itulah beberapa tokoh wanita dalam film yang bisa kamu jadikan inspirasi di Hari Kartini. Semoga bisa jadi motivasimu, para wanita Indonesia, untuk terus berkarya di tengah masyarakat!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below