Selain Putri Diana, Ini Film Biopik Wanita Hebat Di Dunia


  • Selain Putri Diana, Ini Film Biopik Wanita Hebat Di Dunia
    Potret Kristen Stewart dalam Film Spencer saat memerankan sosok mendiang Putri Diana. (Foto: Dok. Spencer Movie Offical/Instagram)

    Spencer merupakan film biopik tentang Putri Diana yang mengambil latar waktu sekitar akhir tahun 1992 silam. Pablo Larrain, selaku sutradara dalam film Spencer mengatakan tidak akan menyinggung perihal kematian Putri Diana yang kontroversial. Melainkan hanya berfokus pada waktu Putri Diana menghabiskan liburan Natal terakhirnya bersama keluarga kerajaan. Kristen Stewart dipilih memerankan tokoh ikonis tersebut, beradu peran dengan aktor Jack Farthing sebagai Pangeran Charles, konflik awal pada film Spencer ini menyoroti isu awal perselingkuhan yang menimpa kedua pasangan kerajaan sehingga membuat Putri Diana memutuskan untuk menceraikan Pangeran Charles.


    Sebagai seseorang yang dipercaya untuk memerankan sosok mendiang Putri Diana, menurut Kristen Stewart kisah yang diangkat dalam film Spencer merupakan titik balik kehidupan Putri Diana. Sebelum tayang serentak pada 5 November di seluruh bioskop film Spencer sendiri sudah melakukan pemutaran perdana pada bulan September lalu di Festival Film Venesia. 




    (Baca Juga : Kristen Stewart Akan Perankan Putri Diana Di Film 'Spencer')


    Tidak hanya film Spencer yang mengangkat kisah nyata Putri Diana ke dalam sebuah film layar lebar, ada juga deretan film biopik terbaik yang berhasil ceritakan kisah hidup wanita-wanita yang berpengaruh di dunia. Apa saja? Berikut deretannya.


    1. Jackie (2016)



    Jika sebelumnya HerWorld Indonesia telah membahas suka duka yang dirasakan Putri Diana sebagai anggota kerajaan Inggris, sekarang giliran sebuah film yang menyoroti suasana di dalam Gedung Putih. Jackie, film yang rilis pada tahun 2016 ini menggandeng aktris Natalie Portman sebagai mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Jacqueline Kennedy Onassis atau akrab dipanggil Jackie Kennedy. Mengambil latar waktu satu minggu setelah tragedi penembakan John F. Kennedy, film Jackie lebih berfokus pada keadaan sang First Lady yang seketika kehilangan arah dalam hidupnya. Mengeksplor emosi kesedihan dan ketidakrelaan Jackie karena ditinggal oleh suami tercinta, Natalie Portman sukses kebanjiran kritik positif oleh kritikus film dalam memerankan tokoh Jackie Kennedy.


    2. I, Tonya (2017)



    Tonya Harding, tidak hanya dianugerahi visual yang rupawan , tetapi keahliannya saat menari menggunakan sepatu bot berpisau membuatnya meraih gelar atlet figure skating terbaik di Amerika Serikat. Kehidupannya sebagai atlet penuh cerita, lantas diadaptasi ke layar lebar dengan menggandeng aktris Margot Robbie dalam film biografi I, Tonya. Didapuk untuk memerankan Tonya Harding, Margot Robbie juga berperan penting dengan menduduki kursi produser bersama Tom Ackerley, Steven Rogers, dan Bryan Unkeless. Film I, Tonya sendiri berfokus pada pengaruh skandal penyerangan terhadap sang rival, Nancy Kerrigan, pada karier Tonya Harding. Selain Margot Robbie, film ini juga dibintangi aktor kenamaan Marvel, Sebastian Stan.


    3. Grace of Monaco (2014)



    Grace Kelly merupakan aktris papan atas Hollywood yang telah membintangi deretan film terkenal hingga membawanya ke atas puncak ketenaran sebagai pemenang piala bergengsi Oscar untuk kategori Aktris Terbaik. Berlatar tahun 1962, Grace of Monaco berkisah tentang Grace Kelly yang memutuskan untuk pensiun dini dari industri seni peran Hollywood demi menikahi Pangeran Rainier III dari Monako. Tidak seindah yang dibayangkan, kehidupan sang mantan ratu Hollywood di dalam keluarga kerajaan malah dipenuhi konflik rumah tangga sampai konflik politik antar negara. Dalam film Grace of Monaco, sosok Grace Kelly diperankan secara apik oleh Nicole Kidman.


    4. Frida (2002)




    Datang dari dunia seni lukis, selanjutnya ada film Frida yang mengangkat kisah kehidupan pelukis wanita ternama, Frida Kahlo. Diperankan oleh Salma Hayek, film biopik ini berkisah tentang awal mula kehidupan normal Frida yang berubah seratus delapan puluh derajat akibat kecelakaan tragis yang menimpanya saat berusia 18 tahun. Selain itu, film Frida juga menyoroti bagaimana pasang surut kisah cinta sang pelukis beralis tebal tersebut bersama Diego Rivera.

    (Baca Juga : Selain Kristen Stewart, 4 Aktris Ini Pernah Jadi Putri Diana)


    5. Hidden Figures (2016)




    Digarap oleh sutradara Theodore Melfi, film Hidden Figures mengisahkan tiga matematikawan wanita Afrika-America yang cerdas dan berpengaruh di dunia sains, khususnya penerbangan NASA. Ketiga wanita hebat ini adalah Katherine Johnson (Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), dan Mary Jackson (Janelle Monáe), yang bekerja di bagian West Area Computers di Pusat Penelitian Langley. Filmnya begitu menguras emosi, Hidden Figures juga menyelipkan isu rasisme yang kerap terjadi pada kaum kulit hitam di Amerika Serikat serta isu kesetaraan gender.


    6. Coco Before Chanel (2009)




    Karyanya yang seakan tidak pernah mati, kisah hidup Coco Chanel juga sempat diangkat sebagai film pada tahun 2009 lalu. Mengisahkan kehidupan sang desainer dari awal merintis karier sampai sukses mendunia, Coco Before Chanel jadi salah satu film biografi dengan rating tertinggi di situs IMDB. Mengubah dunia lewat mode, film ini akan memperlihatkan pemikiran jenius Coco dalam membangun usahanya serta lika-liku kehidupan Coco Chanel yang sempat merasakan krisis ekonomi.


    (Baca Juga : 6 Momen Dramatis dalam Serial 'The Crown' Season 4)


    Itulah dia sejumlah film biopik terkenal yang diangkat berdasarkan kisah nyata kehidupan Putri Diana hingga Coco Chanel versi HerWorld Indonesia. Film tidak mengecewakan, kira-kira film biopik mana yang menjadi favoritmu?



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below