Masuk Usia 40, Ini 6 Peran Terbaik Dian Sastrowardoyo


  • Masuk Usia 40, Ini 6 Peran Terbaik Dian Sastrowardoyo
    Peran terbaik Dian Sastrowardoyo. (Foto: Dok. Dian Sastrowardoyo/Instagram)

    Nama Dian Sastrowardoyo atau mungkin lebih sering disebut Dian Sastro tak lagi asing di telinga. Sejak perannya sebagai Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta alias AADC, sang aktris telah menghiasi industri film dengan berbagai perannya, baik di depan kamera maupun di balik layar.


    Memasuki usia 40 tahun, Dian sudah menghabiskan hampir dua dekade mempersembahkan berbagai karyanya, tanpa terkecuali hampir 20 film yang ia perankan. Untuk merayakan hari spesial bagi Dian, Her World mengumpulkan beberapa peran terbaik, di depan dan belakang layar, yang pernah dimainkan Dian Sastrowardoyo.




    (Baca Juga: 4 Pilihan Buku Dian Sastrowardoyo Ini Bisa Jadi Bacaanmu)


    Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.


    1. Pasir Berbisik

    Sebuah film karya Nan Triveni Achnas mempercayakan Dian Sastrowardoyo sebagai Daya, anak gadis dari Berlian (diperankan oleh Christine Hakim) yang hidup di berusaha lari dari kekerasan politik yang terjadi di kampungnya. Hubungan ibu dan anak ini pun tak terbilang harmonis, ditambah kerinduan Daya terhadap sang ayah yang sudah lama tak kembali.

    Tak hanya beradu akting dengan Christine Hakim, melalui film Pasir Berbisik ini, Dian juga dipertemukan oleh dua aktor ternama Tanah Air, Slamet Rahardjo dan Didi Petet. Berkat perannya sebagai Daya, Dian berhasil meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di dua festival film yaitu, Deauville Asian Film Festival 2002 dan Singapore International Film Festival 2002.


    2. Ada Apa Dengan Cinta

    Film ini berhasil memperkenalkan industri film dengan wajah-wajah yang kamu kenal saat ini, tanpa terkecuali Dian Sastrowardoyo. Melalui perannya sebagai Cinta, ditambah chemistry-nya beradu akting dengan Nicholas Saputra yang memerankan sosok Rangga, kedua aktor menjadi ikonis pada awal abad ke-21.

    Potret kehidupan remaja, mulai dari persahabatan hingga asmara, semua berkumpul dalam film yang disutradarai oleh Rudy Soedjarwo ini. Melalui perannya sebagai Cinta, Dian Sastrowardoyo berhasil membawa pulang Piala Citra tahun 2004 sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik.

    Kisah Cinta dan Rangga pun kembali dihidupkan pada sekuel bertajuk Ada Apa Dengan Cinta? 2 yang dinikmati masyarakat Indonesia, 14 tahun setelah film pertamanya


    3. Kartini

    dian sastrowardoyo

    (Dian Sastro bersama dengan Ayushita & Acha Septriasa dalam film Kartini. Foto: Dok. Dian Sastrowardoyo/Instagram)


    Peran terbaik Dian Sastrowardoyo rasanya tak lengkap jika tak membahas saat ia menghidupkan pahlawan emansipasi wanita Indonesia, Raden Adjeng Kartini alias R.A. Kartini. Sang aktris dipercaya oleh sutradara, Hanung Bramantyo untuk memerankan sosok Kartini dalam film yang berjudul sama.

    Film ini memberi kesan mendalam bagi Dian, khususnya tentang tokoh pahlawan satu ini. Saat mempelajari sosok Kartini, Dian menemukan kesamaan dirinya dengan Kartini akan perhatiannya terhadap pendidikan di Indonesia, tepatnya saat Dian mendirikan Yayasan Beasiswa Dian untuk membiayai anak-anak perempuan kurang mampu di Indonesia, saat ia menguburkan impiannya studi di luar negeri.

    Hal serupa dilakukan Kartini, ketika ia memutuskan untuk menerima lamaran sang suami dengan catatan ia dapat membangun sekolah bagi anak-anak perempuan pada masa itu.


    (Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup Dari Film 'Guru-Guru Gokil')


    4. Aruna & Lidahnya

    Pada 2014, penulis bernama Laksmi Pamuntjak membuat buku berjudul Aruna & Lidahnya, lalu empat tahun kemudian kisah Aruna pun dihidupkan ke layar lebar oleh sutradara, Edwin. Dalam film ini, Dian dipercaya untuk memerankan Aruna, seorang epidemiolog yang berusaha menginvestigasi wabah flu burung yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

    Menariknya, Aruna pun memanfaatkan kesempatannya ini berjalan-jalan dan menikmati kuliner khas di tiap-tiap daerah yang dikunjungi, bersama ketiga temannya. Film ini kembali mempertemukan Dian dengan Nicholas Saputra, tetapi rasanya seperti menghirup angin segar, ketika keduanya beradu akting sebagai dua sahabat yang cinta dengan dunia kuliner.


    5. Guru-Guru Gokil

    Film ini tayang di Netflix pada 17 Agustus 2020, tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan RI. Sebuah film yang membahas tentang para guru, tokoh penting dalam pendidikan Indonesia, sesuatu yang juga jadi perhatian besar seorang Dian Sastrowardoyo.

    Dalam film ini, ia berperan sebagai Nirmala, salah satu guru sekolah di sebuah daerah. Meski tak memerankan peran utama, ini jadi pengalaman berharga Dian karena film Guru-Guru Gokil arahan sutradara, Sammaria Simanjuntak menjadi kali pertama sang aktris berperan sebagai produser.



    6. Nougat (Quarantine Tales)

    Dian Sastrowardoyo

    (Dian saat proses syuting film Nougat. Foto: Dok. Dian Sastrowardoyo/Instagram)


    Film omnibus bertajuk Quarantine Tales yang rilis di Bioskop Online pada akhir 2020 menjadi gebrakan baru bagi seorang Dian Sastrowardoyo. Siapa sangka waktu yang dihabiskan di rumah selama masa awal pandemi, membuahkan kisah yang bisa ia hidupkan dalam film debutnya sebagai sutradara.

    Dengan judul Nougat, film ini mengisahkan tiga bersaudara, Ajeng (Adinia Wirasti), Ubay (Marissa Anita), dan Deno (Faradina Mufti) yang tinggal terpisah dan fokus menjalani hidup masing-masing, setelah kedua orang tuanya meninggal. Meski terpisah, ketiganya masih menjalin komunikasi dan fitur video call menjadi cara mereka menjaga hubungan di tengah pandemi.


    (Baca Juga: Ini Kolaborasi Terbaru ZEN Tableware x Dian Sastrowardoyo)


    Inilah beberapa peran terbaik Dian Sastrowardoyo, di depan maupun belakang layar. Kira-kira ada yang jadi favoritmu? Once again, Happy Birthday Dian!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below