Film Terbaik Oscars 2022, Ini Fakta Menarik Film CODA


  • Film Terbaik Oscars 2022, Ini Fakta Menarik Film CODA
    Pemain CODA. (Foto: Dok. Emilia Jones/Instagram)

    Film ini resmi rilis di Sundance Film Festival pada 28 Januari 2021, ketika perusahaan Apple menaruh kepercayaan dan mendistribusikannya kepada penonton dunia melalui layanan streaming-nya, Apple TV+ pada pertengahan 2021. Sejak dirilis, film berjudul CODA ini berhasil mengantongi 133 nominasi penghargaan dan memenangkan 59 diantaranya, termasuk Film Terbaik Oscars 2022.


    Kisah Ruby Rossi, seorang anak yang lahir di keluarga tunarungu, berusaha mengejar mimpi sekaligus membantu kedua orang tua dan kakaknya dalam menjalani keseharian. Dengan genre drama komedi yang mampu membuat penonton menangis dan tertawa, tanpa banyak kata yang terucap. Namun, apa saja fakta menarik tentang film CODA satu ini? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: Tak Hanya Daging, Ini 8 Makanan Berprotein Tinggi)


    1. Inspirasi film dan makna di balik judulnya


    Film ini mengambil inspirasi dari film Prancis-Belgia berjudul La Famille Bélier yang rilis pada 2014 lalu. Penulis naskah sekaligus sutradara, Sian Heder pun menjadi sosok yang menghidupkan kisah keluarga Rossi.


    Judul CODA pun dipilih bukan tanpa alasan, tetapi ini merupakan singkatan dari child of deaf adults (CODA). Istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dibesarkan oleh satu atau lebih orang tua maupun wali tunarungu, juga menjadi judul yang menggambarkan sosok Ruby dalam film.





    2. Tiga aktor tunarungu menjadi tokoh utama


    Sian pertama kali mengajak aktris, Marlee Matlin untuk bergabung dalam CODA sebagai Jackie Rossi. Dalam perkembangannya, Marlee sempat mengancam untuk keluar dari film ini jika sesama aktor tunarungu tak terlibat dalam film ini.


    Setelah para sponsor menyetujui permintaan Marlee, sang aktris pun memanfaatkan koneksinya dengan Deaf West Theatre untuk membantu Sian temukan aktor-aktor lainnya. Akhirnya, Troy Kotsur (memerankan Frank Rossi) berhasil menarik Sian, saat tampil di salah satu produksi Deaf West. Selain itu, Daniel Durant pun terlibat sebagai Leo Rossi, setelah menjalani proses audisi.


    3. Emilia Jones mempelajari banyak hal dalam produksi film ini


    Emilia Jones dikenal melalui perannya sebagai Kinsey dalam serial Netflix, Locke & Key dan film CODA menjadi film pertamanya. Aktris kelahiran Westminster, London ini pun terpilih untuk perankan Ruby Rossi, dari ratusan gadis remaja yang mengikuti audisi tersebut.


    Selama sembilan bulan (selagi menjalani produksi serial Locke & Key), Emilia berlatih menyanyi dan belajar American Sign Language (ASL). Jadi lagu-lagu yang kamu dengar sepanjang film ini, khususnya yang dibawakan oleh Ruby, adalah suara asli Emilia.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet)


    4. Potret realita kehidupan nelayan


    Sian memilih Gloucester, Massachusetts sebagai lokasi syuting film CODA. Terinspirasi dari latar tempat film La Famille Bélier di kawasan peternakan Prancis, Sian menemukan perpaduan estetika kawasan New England, tapi bisa menggambarkan kerasnya kehidupan para nelayan.


    Untuk memastikan film ini bisa memberi gambaran otentik tentang kehidupan nelayan di New England, Sian pun melakukan riset tentang penangkaran ikan dan berbincang kepada harbormaster setempat. Bahkan seorang nelayan yang membantu Sian mempelajari cara masyarakat lokal menangkap ikan, meminjamkan perahunya untuk digunakan sebagai properti syuting film ini.



    (Daniel Durant, Emilia Jones, dan Troy Kotsur. Foto: Dok. Emilia Jones/Instagram)


    5. Menerima 133 nominasi dari berhasil memenangkan 59 penghargaan


    Sejak tayang perdana di Sundance Film Festival 2021 dan didistribusikan melalui Apple TV+, CODA telah berhasil mengantongi 133 nominasi dari berbagai ajang penghargaan termasuk Golden Globe Awards, Screen Actors Guild (SAG) Awards, British Academy Film Awards (BAFTA), dan yang baru saja berlangsung, Oscars 2022.


    Dari semua nominasi, film ini berhasil membawa pulang 59 piala dan mencatat sejarah melalui kemenangan Troy Kotsur di BAFTA Film Awards 2022 untuk kategori Best Supporting Actor, menjadikannya aktor tunarungu pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.


    Selain itu, kemenangan para aktor CODA dalam SAG Awards untuk kategori Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture menjadikan Troy, Marlee, dan Daniel sebagai aktor-aktor tunarungu pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.


    (Baca Juga: Tips Menghindari Dehidrasi Selama Puasa Biar Tidak Batal)


    Inilah beberapa fakta menarik seputar film CODA yang mungkin membuat tertarik untuk saksikan sebuah kisah yang bisa menyentuh hati banyak orang tanpa banyak kata. Selamat menonton!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below