6 Pelajaran Hidup Dari Film 'Guru-Guru Gokil'


  • 6 Pelajaran Hidup Dari Film 'Guru-Guru Gokil'
    Film Guru-Guru Gokil tayang di netflix, berikut pelajaran hidup dari film ini (Foto:Dok/Netflix)


    Film Guru-Guru Gokil kini telah tayang di layanan film streaming Netflix. Dibintangi oleh sejumlah selebriti ternama tanah air, film ini tak hanya menghibur tapi juga penuh pesan bermakna yang bisa diterapkan dalam kehidupan saat ini.

    Sejumlah karakternya yang unik diantaranya adalah Taat, Indah, Rahayu dan lainnya memiliki perjalanan hidup yang penuh tantangan. Tak jarang aksi dari para pemainnya seperti Dian Sastrowardoyo, Gading Marten, Asri Welas, Ibnu Jamil buat tawa dan melekat hingga dipenghujung film.



    Tayang sejak 17 Agustus 2020, ada banyak pelajaran hidup yang patut diambil dari beragam karakter para guru di film ini. Apa saja? berikut deretannya.


    (Baca Juga: Film Guru-Guru Gokil Perkenalkan Karakter Lewat Audio Series)


    1. Jangan takut memperbaiki yang salah

    Karakter Taat yang diperankan oleh Gading Marten merupakan sosok guru yang tidak biasa. Berawal dari keterpaksaannya menjadi seorang guru, justru membuatnya jatuh cinta pada profesi yang satu ini.

    Menjalani segala kehidupannya di dalam film ini mengajarkan bahwa setiap orang pasti melakukan kesalahan. Meskipun begitu dengan mengakuinya, kita bisa belajar memecahkan masalah dan berjuang untuk memperbaikinya.


    2. Belajar multitasking

    Banyak dari kita mungkin mengeluh dengan pekerjaan banyak dan menuntut kita untuk multitasking. Dan jika bingung, kamu bisa mempelajarinya lewat film Guru-Guru Gokil.

    Rahayu yang diperankan oleh Faradina Mufti adalah sosok yang pas untuk mempelajari multitasking. Sebagai seorang guru terbaik di SMA Gunung Asri, ia memiliki karakter yang serius bahkan rela melakukan apapun untuk membantu sekolahnya berjalan dengan baik. 

    Selain menjadi guru, ia pun menjabat sebagai kepala tata usaha, penjaga perpustakaan, dan pengurus gaji guru. Caranya mengatur waktu dan beranikan diri untuk selalu mencoba sesuatu yang baru adalah karakter yang tepat bagimu yang ingin belajar multitasking.


    (Baca Juga: Aksi Peduli Pendidikan Anak & Guru 'Giving is Caring')


    3. Teruslah berbuat baik

    Boris Bokir dalam film Guru-Guru Gokil memerankan Manul yakni seseorang yang memiliki sifat segan, pemalu, dan tak jarang mudah ditipu. Oleh sebabnya, para murid-murid suka menjailinya dan susah diatur saat kelas berlangsung.

    Meskipun begitu, Manul merupakan laki-laki yang baik hati, dapat dipercaya, dan tidak ragu untuk menolong orang disekitarnya. Hal inilah yang membuatnya menemukan sahabat baru, bahkan memenangkan hati wanita idamannya. 

    Pelajaran yang bisa diambil dari sosok Manul adalah kebaikan yang dibagi kepada seseorang akan selalu dikembalikan berupa kebahagiaan yang tak diduga-duga. 


    4. Belajar beradaptasi dan hadapi masalah

    Nirmala adalah sosok yang cenderung pelupa dan sulit untuk fokus pada suatu hal. Namun ketika dibutuhkan, Nirmala bisa berubah menjadi sosok yang diandalkan oleh teman-temannya. 

    Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, ia menunjukkan dirinya yang berusaha membantu kawan-kawannya melarikan diri dari penjahat. Darinyalah kita bisa belajar cara beradaptasi ketika menghadapi kesulitan dengan mencari solusi dari perspektif yang berbeda. 


    (Baca Juga: Popularitas Drama Radio: Dulu Dan Kini)


    5. Keluarga adalah yang utama

    Taat tidak memiliki hubungan baik dengan ayahnya yang juga seorang guru. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ia merasa ayahnya lebih mencintai murid-muridnya dibandingkan anaknya sendiri. 

    Dari situasi ini kita diajarkan untuk selalu meletakkan keluarga di atas pekerjaan kita. Dengan membagi waktu dengan baik antara keluarga dan pekerjaan, semua bisa berjalan dengan harmonis. 


    6. Jangan tertipu pada kesan pertama

    Hal penting lainnya yang bisa diambil dari film ini kesan pertama bisa menipu. Lihat saja Indah yang diperankan oleh Asri Welas, seorang kepala sekolah yang periang ternyata memiliki rahasia gelap yang merugikan banyak orang. 

    Contoh lainnya juga bisa dilihat pada Gagah yang diperankan oleh Ibnu Jamil, guru olah raga yang ternyata tidak segagah nama dan penampilannya. Karakter asli seseorang dapat keluar ketika menghadapi sebuah situasi yang sulit, sehingga jangan pernah tertipu oleh kesan pertama mereka. 


    Itulah sejumlah pesan moral dan pelajaran hidup dari film Guru-Guru Gokil. Kamu bisa menyaksikan film ini di Netflix.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below