Ini 5 Hobi Baru Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022


  • Ini 5 Hobi Baru Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022
    Hobi baru di tahun 2022. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Setiap kali kamu bisa merayakan pergantian tahun, selalu menjadi momen yang tepat untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin salah satu cara untuk merealisasikannya adalah berani keluar dari zona nyaman yang terbentuk selama satu tahun (ataupun tahun-tahun sebelumnya) dan mencoba sesuatu yang baru.


    Tak perlu langsung hal yang ekstrem, kamu bisa mengawalinya dengan mencari hobi-hobi baru. Mungkin yang membuatmu lebih kenal dengan diri sendiri. Kamu mungkin berhasil menemukan ketenangan di tengah keseharianmu yang super sibuk. Masih bingung hobi baru apa yang bisa kamu coba di tahun 2022? Simak deretan hal yang bisa jadi hobi barumu tahun depan!




    (Baca Juga: Anti Gagal, Ini 5 Cara Resolusi Tahun Baru Berjalan Mulus)


    1. Pottery


    Sebuah seni untuk membentuk objek-objek dengan memanfaatkan tanah liat (clay) atau material keramik lainnya sebagai bahan utama. Kerajinan kriya keramik ini semakin banyak digemari masyarakat, tak hanya hasil karyanya yang bisa mempercantik hunian tetapi ketenangan yang ditawarkan dalam proses pembuatannya.


    Pottery wheel yang digunakan sebagai alas untuk membentuk tanah liat tersebut, tanpa sadar mengajarkanmu agar bisa bersabar menikmati proses pembentukannya sekaligus melatih konsentrasimu. Banyak pottery workshop yang bisa kamu temukan di kawasan ibukota, jadi rasanya lebih mudah untuk menyalurkan rasa penasaranmu akan hobi satu ini.


    hobi baru 2022

    (Berselancar bisa dekatkan kamu dengan alam. Foto: Dok. Daniel Torobekov/Pexels)


    2. Surfing


    Jika kamu tinggal dekat dengan pantai atau sejak pandemi, memutuskan untuk berdiam di kawasan pantai seperti Bali, beruntunglah kamu! Derai ombak yang membangunkanmu di pagi hari, tak hanya sekadar menyapa dan meminta kamu untuk nikmati keindahannya, tetapi juga mengajakmu untuk kenal lebih dekat dengan alam.


    Berselancar atau surfing bisa jadi salah satu hobi baru yang kamu coba di tahun 2022. Tak hanya membuatmu lebih kenal dan dekat dengan alam, surfing bisa jadi cara tepat untuk memulai gaya hidup sehat. Resolusi tahun 2022 ingin lebih rajin olahraga? Tanpa sadar sudah kamu lakukan dengan belajar di atas papan selancar, ditemani derai ombak.


    3. Memanah

    Mungkin kamu adalah salah satu penonton serial Hawkeye yang baru-baru ini tertarik untuk bermain dengan anak panah dan busur, setelah melihat aksi Jeremy Renner dan Hailee Steinfeld. Mungkin kamu juga, mencari jenis olahraga yang anti-mainstream dan tidak monoton, bisa jadi ini saatnya kamu serius berkenalan dengan anak panah dan busur.


    Memanah atau archery adalah salah satu hobi segelintir orang yang telah lama menjadi bagian dalam kehidupan manusia, pertama kali digunakan pada tahun 5000 SM. Olahraga satu ini patut dicoba sebagai hobi barumu tahun depan karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari melatih konsentrasi (karena kamu harus pastikan anak panah mengenai target), memperkuat otot-otot tubuh, hingga melatih kesabaran karena memanah itu menuntut presisi, bukan kecepatan.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Keluarga Untuk Libur Tahun Baru 2021)


    4. Kaligrafi


    Hobi baru yang bisa kamu coba akan memberi kekhasan tersendiri pada identitasmu. Kaligrafi, sebuah seni menulis indah dengan pena ini bisa kamu jadikan hobi baru di tahun 2022. Suatu keterampilan yang menarik untuk dipelajari karena kaligrafi mengelevasi pesan atau makna tulisanmu.


    Buat kamu yang tertarik untuk belajar kaligrafi, kamu bisa membeli buku-buku menulis kaligrafi bagi pemula dan brush pens di toko buku dalam berbagai warna, mungkin diawali dengan hitam. Ketika kamu sudah mahir, mungkin kamu perlahan menikmati proses menulis dan akhirnya menghadirkan kartu ucapan yang kamu tulis tangan bagi orang-orang tersayang, tentu akan meninggalkan kesan mendalam bagi mereka.


    hobi baru tahun 2022

    (Seni menulis indah yang melatih kesabaran. Foto: Dok. Samir Baouaked/Unsplash)


    5. Kintsugi

    Sebuah kesenian khas Negeri Sakura yang memperbaiki keramik pecah dengan lacquer berwarna emas. Menariknya, kesenian yang diberi nama Kintsugi ini memiliki makna bahwa dengan menerima kekurangan dan ketidaksempurnaan, kamu bisa membuat karya seni yang lebih kokoh serta indah.


    Beberapa prinsip Kintsugi yang bisa kamu aplikasikan dimulai dengan mengagumi ketidaksempurnaan (wabi sabi), lalu hidup dengan kegigihan (gaman), merawat orang-orang terdekatmu (yuimaru), memberi nutrisi pada tubuh (eiyoshoku), dan menanamkan rasa syukur (kansha).

    Kesenian ini juga melatih kesabaran dan memberi ketenangan dalam menjalani prosesnya. Jadi, buat kamu yang ingin menjalani tahun 2022 lebih tenang sekaligus belajar untuk bersyukur, ini bisa kamu lakukan.


    (Baca Juga: 3 Hotel Di Jakarta Dengan Agenda Tahun Baru Teristimewa)


    Beberapa hobi baru di atas bisa kamu coba untuk jalani tahun 2022 sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Apapun yang akan kamu coba, semoga bisa memberi warna dalam kehidupanmu di tahun yang baru. Happy New Year!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below