Cara Merawat Payudara Sehat Lewat Makanan


  • Cara Merawat Payudara Sehat Lewat Makanan
    Payudara harus dijaga agar tetap sehat, salah satunya melalui makanan. (Foto: Dok. Marina Ryazantseva/Pexels)

    Untuk seorang wanita, seiring dengan bertambahnya umur, terdapat perubahan fisik yang akan terjadi. Tidak hanya menstruasi, saat wanita mengalami pubertas, payudara yang merupakan salah satu organ tubuh akan tumbuh membesar. Sebagai bagian dari tubuh, payudara juga harus dirawat agar selalu sehat. 


    Dalam merawat payudara, kita bisa mengontrolnya salah satunya melalui apa yang kita konsumsi. Terdapat beberapa makanan atau minuman yang boleh, atau sebaiknya dihindari untuk payudara sehat. Simak cara merawat payudara melalui makanan yang dikonsumsi di bawah ini.




    1. Kale

    cara merawat payudara

    (Sayuran kale dengan buah lainnya. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)


    Kale adalah salah satu sayuran hijau yang baik untuk kesehatan payudara. Ini dikarenakan sayuran ini memiliki sumber serat yang tinggi dan betakaroten yang baik, dimana ini bisa bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker payudara estrogen receptor-negative. Makanan tinggi serat bisa membantu mengurangi kadar estrogen tinggi dalam darah. Maka dari itu, biasakan konsumsi sayuran satu ini saat anak sudah mulai remaja.

    Sayuran kale juga mengandung antioksidan yang bekerja melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker, yaitu karotenoid. Selain payudara, karotenoid juga bisa menurunkan resiko kanker paru dan kulit. Banyak pula vitamin di dalamnya, di antaranya vitamin K, A, C, dan B6. Kale juga bisa menurunkan kolestrol dan resiko penyakit degeneratif mata. 


    2. Bawang putih

    Bahan yang satu ini banyak sekali digunakan untuk beragam masakan. Tapi selain untuk dimasak, bawang putih juga bisa kita konsumsi langsung untuk tujuan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah untuk daya tahan tubuh. Bawang putih mengandung banyak nutrisi, di antaranya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jaringan payudara. Jaringan payudara sendiri di antaranya ada jaringan lemak serta jaringan ikat dan ligamen.

    Seperti kale, bawang putih juga bisa menurunkan resiko kanker. Kandungan allicilin di dalamnya yang berperan untuk resiko tersebut, yaitu bersifat antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan serta menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bahkan, dikatakan bahwa pertumbuhan sel kanker dapat dihancurkan dengan bawang putih.


    (Baca Juga: Ingin Payudara Tetap Kencang & Sehat? Ini 8 Cara Merawatnya!)


    3. Ikan berlemak

    cara merawat payudara

    (Ikan salmon baik untuk payudara karena kandungannya. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Beberapa penelitian mengatakan bahwa ikan berlemak sebenarnya bisa mengurangi risiko kanker payudara. Ikan tersebut yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah salmon, mackerel, sarden, herring, tuna sirip biru, dan trout. Pilihan ikan berlemak ini mengandung tingkat selenium yang tinggi dan omega-3. Minyak ikan juga bahkan bisa membesarkan payudara.

    Selenium adalah unsur kimia yang tidak hanya mampu melindungi sel-sel imun dari kerusakan, tapi juga meningkatkan respons imun dalam melawan infeksi. Selenium juga berperan untuk elastisitas payudara. Selain itu, asam lemak dalam omega-3 akan menurunkan kekuatan estrogen dalam jaringan payudara. Juga, ia berperan untuk menggantikan sel payudara yang rusak terserang sel kanker.


    4. Berries

    Buah berries digemari oleh banyak orang, karena memang rasanya juga yang enak. Dari beberapa jenis buah berries, yang bermanfaat untuk organ payudara wanita adalah blueberry dan strawberry. Di saat semua buah berries dilengkapi dengan flavonoid, vitamin C, dan mangan, blueberry dan strawberry dilengkapi juga dengan tambahan fitokimia seperti cyanidin, kaempferol, dan resveratrol yang melimpah.

    Cyanidin terkandung juga dalam bawang putih. Sedangkan kaempferol bisa membantu pengobatan kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Resveratrol sendiri menunjukkan sifat antikanker tidak hanya terhadap payudara, tapi juga usur besar, prostat, dan paru. Jika melihat fungsinya, tentu mengonsumsi blueberry dan strawberry secara rutin bisa menjadi kegiatan baru untuk para wanita.


    (Baca Juga: Cara Memilih Bra Yang Baik Dan Benar)


    Itulah cara merawat payudara dengan makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Tentu ada juga makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari, salah satunya alkohol. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, akan membuat potensi terserang penyakit yang berhubungan dengan payudara menjadi kecil. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga karena tubuh perlu untuk tetap bergerak agar selalu sehat. 


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below