8 Maret, Harinya Perempuan!


  • 8 Maret, Harinya Perempuan!
    Hari Perempuan Internasional jatuh pada hari ini. (Foto: Dok. Tzido/iStock)

    Di bulan Maret ini, ada sesuatu yang spesial untuk para perempuan. Hari ini, tepatnya tanggal 8 Maret adalah Hari Perempuan Internasional atau disebut juga dengan International Women’s Day. Hari ini adalah hari yang dirayakan secara global oleh para perempuan. Jika Hari Kartini adalah hari dimana orang Indonesia merayakan hari kelahirannya karena jasanya di bidang pendidikan bagi perempuan Indonesia, Hari Perempuan Internasional merayakan isu sosial terhadap perempuan.


    Hari Perempuan Internasional dirayakan secara berbeda di seluruh dunia. Di beberapa negara seperti Indonesia, Hari Perempuan Internasioanl dimaknai secara sosial saja. Meski begitu, di negara lainnya hari ini menjadi hari libur yang umum. Di beberapa bagian di dunia, hari ini ditandai dengan melakukan protes untuk perubahan, atau yang berhubungan dengan hak-hak perempuan, khususnya di belahan bumi bagian Barat dalam merayakan kewanitaan.




    (Baca Juga: 5 Fakta Unik Perayaan Hari Perempuan Internasional)


    Hari Perempuan Internasional merayakan kesetaraan gender, hak reproduksi, dan perhatian terhadap kekerasan yang dialami perempuan dalam pergerakan untuk hak perempuan. Selain itu, hari ini juga memperingati pencapaian perempuan di bidang budaya, politik, dan sosial ekonomi. Hari Perempuan Internasional ini sudah ada sejak awal abad ke-20 di benua Eropa dan Amerika Utara.


    (Baca Juga: Perayaan International Women's Day 2021 #ChooseToChallenge)


    Hari ini pada awalnya disebut National Women’s Day yang dimulai pada 1909 di Amerika. Dua tahun kemudian pada tanggal 19 Maret, International Women’s Day atau IWD pertama dirayakan di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Baru pada tahun 1914-lah, IWD di tanggal 8 Maret pertama diadakan di Jerman, yang bertepatan pada hari minggu. Pada saat itu di Eropa, para perempuan meminta hak mereka untuk memilih (vote) dan protes terhadap diskriminasi gender di ranah pekerjaan, sedangkan di Amerika sendiri IWD berakar dari pergerakan buruh.


    8 maret

    (Barisan wanita saat International Women's Day. Foto: Dok. Dulcey Lima/Unsplash)


    Tahun ini, tema kampanye yang digalakkan adalah #BreakTheBias, bersama-sama membina kesetaraan untuk perempuan, di dunia yang bebas dari bias, stereotip, dan diskriminasi. Dunia yang beragam, adil, inklusif, dan dimana perbedaan dihargai dan dirayakan. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk para perempuan Indonesia!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below