Ini 5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam


  • Ini 5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam
    Bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. (Foto: Dok. Erik Mclean/Unsplash)

    Jika jerawat jadi salah satu masalah umum yang dialami kulitmu, bukan berarti itu satu-satunya masalah yang dialami oleh kulit semua orang. Tak sedikit, kemunculan flek hitam pada kulit menjadi hal yang menganggu penampilan wajah sebagian orang. Akibat dari paparan sinar matahari, kulit bisa mengalami diskolorasi yang bisa sebabkan kemunculan flek hitam.


    Apapun penyebabnya, flek hitam yang muncul di area wajah tentu jadi salah satu masalah kulit yang berusaha diatasi. Jika flek hitam pada wajah juga mengganggumu, beberapa bahan alami untuk menghilangkan flek hitam ini bisa kamu coba. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini ya!




    (Baca Juga: Kesalahan Dalam Mengecilkan Pori-pori, Ini Paling Sering!)


    1. Pepaya


    bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

    (Buah pepaya untuk eksfoliasi. Foto: Dok. Bon Vivant/Unsplash)


    Meski baik untuk pencernaan, buah pepaya tak banyak masuk dalam daftar buah kesukaan sebagian orang dan mungkin kamu salah satunya. Jika tak suka memakannya, bukan berarti manfaat pepaya tak bisa kamu rasakan. Gunakan buah satu ini sebagai eksfoliator alami.


    Buah pepaya mengandung asam alpha-hydroxy atau AHA yang baik untuk kondisi kulit yang kering sekaligus menyamarkan tanda-tanda penuaan. Pepaya bekerja efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen sehingga wajah terlihat lebih cerah, awet muda, serta bebas flek hitam.


    Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, kamu bisa melumatkan buah pepaya yang sudah matang dan aplikasikan seperti masker ke wajah yang sudah bersih. Setelah masker diaplikasikan dan dibilas, kamu bisa memijat area wajah dengan gerakan memutar untuk menambah ekstra eksfoliasi.


    2. Gel lidah buaya

    bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

    (Gel lidah buaya. Foto: Dok. Laurin Scheuber/Unsplash)


    Bukan lagi sebuah rahasia ketika bicara khasiat lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut. Tak hanya menyamarkan bekas luka maupun lembapkan kulit, kamu pun bisa merasakan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam. Mungkin kamu mengambil langsung ekstrak dari lidah buaya yang ditanam di rumah atau membeli gel lidah buaya di toko kecantikan.


    Cara pakainya pun gampang. Langsung aplikasikan gel lidah buaya ke area flek hitam yang ingin kamu hilangkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa aplikasikan perawatan ini di pagi dan malam hari untuk hasil maksimal.


    3. Yoghurt

    bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

    (Yoghurt bisa bantu hilangkan flek hitam. Foto: Dok. Sara Cervera/Unsplash)


    Bahan alami untuk menghilangkan flek hitam ini bisa kamu temukan di kulkas, apalagi jika kamu menyantap granola setiap sarapan, yoghurt pasti tak pernah absen dari mangkukmu. Nah, kamu juga bisa memaksimalkan manfaat yoghurt dengan menggunakannya untuk hilangkan flek hitam. Tak jauh berbeda dengan buah pepaya, kandungan eksfoliasi juga ditemukan dalam yoghurt untuk mengangkat sel-sel kulit mati berkat asam laktat, jenis asam yang biasa ditemukan di produk susu.


    Kamu bisa langsung mengaplikasikan yoghurt langsung ke kulit wajah yang sudah bersih atau mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya seperti madu atau oatmeal.


    (Baca Juga: Tampil Awet Muda, Ini 5 Manfaat Wortel Untuk Wajah)


    4. Tomat

    bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

    (Tomat. Foto: Dok. Engin Akyurt/Unsplash)


    Kamu bisa campurkan tomat dengan minyak zaitun untuk berikan proteksi maksimal pada kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari. Dengan kandungan lycopene yang kaya, tomat menjadi salah satu bahan alami yang menyimpan berbagai kandungan menyehatkan bagi kulit, termasuk perlindungan dari sinar matahari.


    Kamu bisa melumatkan tomat dan membuat pasta yang diaplikasikan pada area-area wajah. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Bila kamu tak terlalu suka dengan tomat, kamu bisa memanfaatkan jambu, grapefruit, semangka, dan paprika merah sebagai pengganti.


    5. Minyak almond

    bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

    (Minyak almond untuk kesehatan kulit wajah. Foto: Dok. Alesia Kozik/Pexels)


    Minyak almond atau kacang badam ini bisa jadi salah satu bahan alami untuk menguatkan kulit sekaligus memperbaiki warna kulit, berarti juga bisa hilangkan flek-flek hitam. Kandungan vitamin E dan niacin membantu jaga kulit dari hiperpigmentasi dan warna kulit yang tak merata. Kamu bisa menggunakan minyak almond sebagai makeup remover atau pelembap jadi sekaligus bisa merasakan manfaatnya.


    Minyak satu ini tak hanya merawat diskolorasi dan melembapkan wajah, tetapi juga memberikan proteksi lebih pada skin barrier-mu sehingga kulit wajah terhindar dari radikal bebas yang bisa sebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan kemunculan flek hitam.


    (Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah)


    Inilah beberapa bahan alami untuk menghilangkan flek hitam yang bisa kamu coba. Kira-kira bahan mana yang tertarik kamu gunakan?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below