Kesalahan Dalam Mengecilkan Pori-pori, Ini Paling Sering!


  • Kesalahan Dalam Mengecilkan Pori-pori, Ini Paling Sering!
    Pori-pori besar yang tampak. (Foto: Dok. Russaquarius/iStock)

    Jika kamu mempunyai kulit, pasti juga mempunyai pori-pori. Pori-pori sendiri sebenarnya adalah lubang di area kulit, di mana itu merupakan tempat keluarnya batang rambut dari folikel rambut. Masalah yang ditumbuhkan dari pori-pori biasanya adalah pori-pori yang besar. Hal ini terjadi karena pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, atau kotoran. Kamu pun jadi merasa tidak percaya diri.


    Tentunya kamu tidak ingin pori-pori tampak besar dan ingin mengatasinya. Dalam mengatasi masalah pori-pori ini membutuhkan waktu dan perawatan secara rutin. Kamu pun bebas memilih cara alami atau menggunakan produk perawatan. Tapi, terkadang ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan dalam mengecilkan pori-pori, mungkin juga kamu sering melakukannya. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.




    1. Menggunakan dua temperatur air

    mengecilkan pori-pori

    (Pilih satu temperatur air untuk kulit. Foto: Dok. Jakayla Toney/Unsplash)


    Banyak dari kamu tahu bahwa menggunakan air hangat bisa membuka pori-pori wajah dan sebaliknya air dingin, menutup pori-pori wajah. Karena ingin hasil yang cepat dan optimal, kamu melakukan keduanya. Hal itu adalah langkah yang salah untuk kulit wajahmu. Sebaiknya, kamu memilih di antara dua pilihan tersebut untuk mengecilkan pori-pori. 

    Kedua temperatur air tersebut memang mempunyai kegunaannya masing-masing, tapi saat disatukan, itu akan membuat kulitmu “kaget”. Selain itu, bukan tidak mungkin kulitmu nantinya akan mengalami iritasi ataupun juga kemerahan. Maka dari itu, gunakanlah temperatur air yang sudah biasa kamu gunakan. Jika ingin menggantinya, berilah jeda juga untuk kulitmu.


    2. Terlalu sering memakai kertas minyak

    mengecilkan pori-pori

    (Jangan terlalu sering menggunakan kertas minyak. Foto: Dok. Pavlyukv/iStock)


    Kamu juga pasti tahu apa itu yang disebut kertas minyak. Produk ini sering dijumpai, khususnya karena digunakan oleh para wanita muda. Untuk mereka yang mempunyai kulit berminyak sering merasa tampilannya tidak sempurna oleh adanya kilap. Karena itu, mereka menggunakan kertas minyak yang fungsinya memang untuk menyerap minyak yang ada di kulit, khususnya wajah.

    Terlalu sering memkai kertas ini juga bukanlah solusi. Minyak memanglah salah satu yang bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori hingga membesar, tapi kulit tetap membutuhkan minyak alami untuk kelembapannya.

    Jika kamu menyerap miyak tersebut terus menerus, kulit kamu akan memproduksi kembali minyak tersebut dalam jumlah yang lebih banyak. Lebih banyak minyak, lebih besar kemungkinan untuk tersumbat hingga pori-pori makin membesar. Gunakanlah secara wajar.


    3. Menggunakan produk yang salah

    Mempunyai pori-pori membuat kamu ingin cepat-cepat mengatasinya. Salah satu cara yang terfikir olehmu adalah dengan menggunakan produk yang ada dibanding harus membuatnya secara alami.

    Hal ini bisa kamu lakukan, tapi kesalahannya adalah tidak mencermati dengan benar apa saja yang terkandung dalam produk tersebut. Ini bisa dibilang ceroboh, karena mungkin dengan begini, pori-pori yang ada bukan hilang tapi malah memperparahnya.

    Perhatikan selalu kandungan apa saja yang ada dalam suatu produk. Jika kamu tidak yakin, kamu juga bisa lakukan pencarian kandungan apa yang tidak boleh diaplikasikan ke wajah berpori-pori.

    Salah satu kandungan yang sebaiknya kamu hindari adalah minyak kelapa. Meski dapat melembapkan, produk dengan kandungan minyak kelapa tidak cocok untuk melembapkan kulit berminyak dan rentan berjerawat karena bisa membuat pori-pori tersumbat lebih lagi.


    (Baca Juga: 10 Cara Yang Berhasil Mengecilkan Pori-Pori Wajah)


    4. Tidak memakai tabir surya

    Mungkin ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Banyak orang hanya menggunakan produk seadanya, seperti hanya pelembap. Tapi tidak disadari, melewatkan penggunaan tabir surya bisa berdampak pada kulit kita. Ini dikarenakan salah satu efek sinar matahari adalah bisa membuat pori-pori membesar.

    Untuk itu, mulai sekarang gunakan tabir suryamu setiap harinya saat terkena sinar matahari ya. Kegunaan tabir surya lainnya adalah bisa menghindari kulit yang menjadi belang dan munculnya flek hitam.

    Ini membuat tampilan menjadi tidak sempurna. Paparan sinar matahari secara langsung selain membuat pori-pori membesar juga bisa membuat kulit mengalami sun burn.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Cepat)


    Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat berusaha mengecilkan pori-pori. Penting untuk kamu perhatikan juga penyebab awal pori-pori besar hingga menjaga kulit kamu sendiri. Jika kamu menemukan kesulitan yang membuatmu bingung, kamu bisa periksakan ke dokter kecantikan atau kulit. Selebihnya, hindari kesalahan yang telah dijelaskan di atas ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below