Tampil Awet Muda, Ini 5 Manfaat Wortel Untuk Wajah


  • Tampil Awet Muda, Ini 5 Manfaat Wortel Untuk Wajah
    Wortel. (Foto: Dok. Hana Mara/Pexels)

    Wajah bebas kerutan seperti ketika kamu berusia 20 tahun mungkin jadi salah satu kondisi kulit yang kamu pertahankan memasuki usia kepala tiga atau empat. Mulai dari kilau yang alami hingga kulit yang lembut, berbagai produk dan juga perawatan mungkin sudah kamu coba, tetapi belum ada hasil yang maksimal.


    Mungkin kamu sudah bosan mendengarnya, tetapi bisa jadi hal yang dibutuhkan kulit wajahmu sudah ada di depan mata. Bisa jadi salah satu bahan jus yang kamu minum setiap pagi atau memberi warna oranye di tengah hijaunya sayur dalam sup hangat yang dimasak untuk keluarga, wortel bisa jadi solusi untuk wajah awet mudamu.




    (Baca Juga: Wajib Tahu, Berikut Manfaat Almond Untuk Kecantikan)


    Simak beberapa manfaat wortel untuk wajah yang bisa jadi solusimu agar tampil awet muda.


    1. Memberikan kilau alami pada wajah


    Kulit wajah yang tampak sehat dan cerah tak hanya datang dari rangkaian produk skincare yang menjanjikan kilau alami setelah pemakaian, tetapi juga nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kondisi kulit. Dalam hal ini, wortel bisa jadi penyelamatmu untuk wajah cerah.


    Vitamin A, vitamin E, dan antioksidan adalah tiga dari sekian banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, khususnya kulit. Semua itu terkandung dalam wortel sehingga menambahkan sayuran satu ini dalam menu makanan maupun minumanmu bisa berikan kilau alami pada wajah.


    Kamu bisa mengonsumsinya untuk mendorong regenerasi sel kulit dari dalam atau membuatnya face mask dan merawat kulit wajah dari luar. Campurkan sari buah wortel, yoghurt, dan putih telur dengan perbandingan seimbang. Lalu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.


    manfaat wortel untuk wajah

    (Wajah terlihat lebih cerah dan sehat. Foto: Dok. Greta Hoffman/Pexels)


    2. Mendorong regenerasi sel


    Kekayaan antioksidan dan vitamin, serta mineral dalam sebuah wortel bisa mendorong proses regenerasi dan reparasi sel yang dilakukan tubuh setiap kamu tertidur. Selain itu, konsumsi wortel yang cukup juga melindungi tubuh, terutama kulit dari radikal bebas yang kerap menjadi penyebab berbagai masalah kulit seperti jerawat dan flek hitam.


    Dengan regenerasi sel yang rutin dan berjalan dengan baik, kulitmu akan terjaga kesehatannya dan juga awet muda.


    3. Mengurangi kerutan


    Manfaat wortel untuk wajah yang mendorong regenerasi sel juga berdampak pada mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan dini. Jika kamu berada di usia yang memungkinkanmu untuk libatkan retinol dalam misi membuat wajahmu awet muda, tetapi masih takut kulitmu merasakan efek iritasi saat memakainya, coba “retinol” yang lebih alami.


    Let’s unpack. Retinol adalah kandungan aktif dari vitamin A yang bisa mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan mendorong produksi kolagen. Lalu, kandungan beta karoten pada wortel berubah menjadi vitamin A dalam tubuhmu, yang biasanya dikaitkan dengan kesehatan mata.


    Vitamin yang sama juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, menyamarkan garis halus dan juga kerutan. Jadi, kamu secara tidak langsung, mendapatkan “retinol” alami untuk memastikan wajah tetap terlihat awet muda.


    (Baca Juga: Rekomendasi Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


    4. Melindungi dari paparan sinar UV


    Meski kamu sedang tak banyak beraktivitas di luar ruangan, apalagi di tengah pandemi, kamu banyak bekerja di rumah, perlindungan kulit dari paparan sinar matahari pun tetap harus jadi salah satu prioritas. Selain rutin memakai sunscreen, kamu juga perlu melindungi kulit dari paparan sinar UV dari dalam.


    Wortel, masih jadi perbincangan artikel ini, juga bisa memberikan perlindungan yang kamu butuhkan. Kandungan beta karoten di dalam wortel bisa mengurangi dampak buruk dari paparan sinar UV sekaligus memperbaiki lapisan-lapisan kulit yang rusak akibat radikal bebas, salah satu dari sinar matahari.


    manfaat wortel untuk wajah

    (Jus wortel. Foto: Dok. Danys Gromov/Pexels)


    5. Menenangkan kulit


    Tak hanya kandungan vitamin dan mineral yang memberi semangat tubuh untuk memproduksi kolagen agar kamu terlihat awet muda, tetapi juga mengandung kadar vitamin E yang tinggi untuk menenangkan kulit dari peradangan. Mungkin kulitmu kering, terbakar karena sinar matahari, atau jerawat mulai meradang, semua bisa ditenangkan dengan kandungan di dalam wortel.


    Bisa kamu konsumsi dari dalam, tetapi juga bisa kamu aplikasikan dalam bentuk minyak. Carrot oil diambil dari ekstrak akar wortel yang melalui proses cold-pressing menjadi salah satu minyak esensial untuk kamu coba dalam menjaga kesehatan, termasuk kulit.


    (Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 8 Urutan Skincare Yang Benar)


    Inilah beberapa manfaat wortel untuk wajah yang bisa jadi solusimu tampil awet muda memasuki usia senja.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below