Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah


  • Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah
    Daun sirih. (Foto: Dok. Ninetechno/iStock)

    Daun sirih merupakan bagian dari tanaman yang umum dikonsumsi di Asia, dan juga terkenal di Indonesia. Daun yang berkilau dan berbentuk hati ini bahkan terkenal sebagai kunyahan untuk gigi yang kuat dan terawat. Daun sirih memang mempunyai banyak manfaat. Selain itu, daun ini juga banyak digunakan dalam berbagai masakan Indonesia.


    Manfaat daun sirih juga bisa kita temukan untuk wajah kita. Daun ini adalah satu dari banyak bahan alami yang mempunyai banyak kebaikan untuk kecantikan. Tentunya, bahan ini bisa kita tambahkan ke dalam daftar bahan yang kita gunakan selanjutnya dalam merawat wajah. Simak penjelasan manfaat daun sirih untuk wajah di bawah ini.




    1. Mengobati jerawat


    Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri. Kita bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi jerawat meradang karena daun ini memiliki sifat antibakteri yang terbilang kuat. Daun ini akan sangat efektif untuk bakteri Propionibacterium acnes khususnya. Peradangan juga bisa diredakan dan dikempiskan karena kandungan anti-inflamasinya. Senyawa antiseptik pada daun sirih juga bisa membuat pori-pori wajah mengecil.


    Cara pengaplikasiannya juga mudah. Pertama, kita haluskan daun sirih, lalu setelah itu oleskan secara merata ke area jerawat yang meradang tersebut. Selain itu, kita bisa gunakan air rebusan daun sirih yang mengandung fenol seperti tanin, flavonoid, dan saponin juga bisa meredakan ruam dan gatal, bahkan menyembuhkannya. Buat larutan daun sirih tersebut sebanyak 20 mg/ml.


    2. Menyembuhkan luka

    manfaat daun sirih untuk wajah

    (Luka bisa kita obati dengan daun sirih. Foto: Dok. Mart Production/Pexels)


    Terkadang, kita tidak sadar jika mempunyai luka di wajah. Luka bisa disebabkan oleh beberapa contoh, seperti garukan, goresan, atau bergesekan dengan benda. Kita sadar saat luka tersebut tersiram air atau tergaruk hingga terasa perih. Kandungan saponin yang ada pada daun sirih berfungsi sebagai antiseptik yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka itu.


    Selain itu, saponin juga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka. Namun, jangan lupa gunakan daun sirih merah ya jika tujuannya untuk luka. Jika terinfeksi bakteri, kandungan lainnya seperti minyak atsiri bisa berfungsi sebagai antibakteri pada kulit. Caranya, kita cukup meletakkan daun sirih pada luka itu, lalu bungkus dengan perban dan selesai.


    3. Mengatasi gatal di wajah


    Gatal, ataupun alergi bisa terjadi di bagian kulit mana saja, salah satunya di wajah. Kandungan antimikroba dalam daun sirih tidak hanya bisa mengatasi gatal, tapi juga bisa mengobati alergi bahkan bau badan. Senyawa antibakteri seperti betal-phenol, chavicol, dan senyawa fenol lainnya pun berkontribusi dalam mengatasi rasa gatal tersebut.


    Kita bisa gunakan daun sirih untuk mengatasi gatal dengan menghancurkan beberapa lembar daun sirih atau secukupnya, dan ambil ekstrak jus dari daun tersebut. Jangan lupa untuk mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke ramuan ini. Selanjutnya, kita bisa mengoleskan masker daun sirih ini ke area kulit wajah yang terasa gatal, ataupun bagian kulit lainnya yang mengalami alergi atau gatal.


    (Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


    4. Memudarkan flek hitam

    manfaat daun sirih untuk wajah

    (Flek hitam bisa dipudarkan menggunakan daun sirih. Foto: Dok. Anastasia Vityukova/Unsplash)


    Flek hitam di wajah tentu saja membuat penampilan kita menjadi tidak sempurna. Namun, kita bisa gunakan daun sirih untuk memudarkannya. Kandungan senyawa daun sirih tidak hanya memudarkan flek tersebut, tapi juga meratakan warna kulit karena sinar UV serta memudarkan bekas jerawat yang ada. Sel kulit wajah yang rusak akibat sinar UV akan diperbaiki oleh daun sirih.


    Caranya pertama-tama pastikan kita mencuci daun sirih hingga bersih. Apa pun yang kita gunakan untuk wajah pada dasarnya memang harus selalu bersih. Setelah bersih, kita rendam daun sirih tersebut dengan air hangat. Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Setelah itu, ambil handuk bersih untuk dimasukkan ke rendaman tersebut, lalu kompres wajah kita.


    (Baca Juga: Kosmetik dengan Bahan Alami Khas Indonesia)


    Itulah empat manfaat daun sirih yang bisa berguna untuk wajah dan kecantikan kita. Daun sirih adalah daun yang serbaguna penggunaannya. Namun, untuk mereka yang mempunyai kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan daun sirih ini untuk masalah kulit wajah, atau bisa juga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena, penggunaan bahan apa pun pada kulit sensitif harus lebih diperhatikan dan diwaspadai, agar jangan menimbulkan masalah baru.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below