Kenali 6 Penyebab Mimisan Yang Paling Umum Terjadi


  • Kenali 6 Penyebab Mimisan Yang Paling Umum Terjadi
    (Penyebab Mimisan Yang Paling Umum Terjadi. Foto: Dok.spukkato/iStock)

    Jika kamu pernah mengalami mimisan secara tiba-tiba tentunya kamu akan merasa panik dan khawatir terhadap kondisi kesehatan pada tubuhmu. Meskipun mimisan jarang membahayakan, tetapi kamu juga tidak boleh mengabaikan kondisi ini.


    Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang mengalir dari bagian dalam hidung dan bisa terjadi pada semua usia. Secara umum, penyebab mimisan pada seseorang bisa berbeda-beda. Penyebab mimisan juga bisa terjadi akibat hal kecil atau merupakan tanda dari penyakit tertentu. Berikut ini berbagai penyebab mimisan. 




    1. Faktor Udara yang Kering

    penyebab mimisan

    (Udara yang kering menjadi penyebab umum terjadinya mimisan. Foto: Dok.Pheelings Media/iStock)

    Penyebab mimisan yang paling umum terjadi disebabkan karena udara kering. Biasanya kondisi ini akan lebih sering terjadi pada iklim dingin ketika banyak terjadi infeksi saluran pernapasan atas dan ketika suhu serta kelembapan naik turun secara drastis.

    Selain itu, perubahan suhu dari lingkungan luar yang dingin ke dalam rumah yang hangat dan kering akan membuat hidung lebih rentan terhadap perdarahan.

    Namun, mimisan tidak hanya terjadi karena berada pada iklim yang dingin, iklim panas dan kering dengan kelembapan rendah atau perubahan musim juga dapat menjadi penyebab mimisan. Hal ini dapat menyebabkan lapisan hidung menjadi kering hingga retak dan berdarah. 


    2. Flu 

    Jika kamu memiliki riwayat penyakit flu, sinusitis atau pilek maka bisa menjadi penyebab terjadinya mimisan. Sebab, ketika kamu bersin maka rongga hidung akan mengalami peradangan yang bisa berujung pada mimisan. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada rinitis alergi dan non-alergi (radang selaput hidung).

    Apabila mimisan terjadi disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, kamu mungkin perlu mewaspadai adanya penyakit lain sebagai penyebab mimisan yang disertai sakit kepala tersebut, seperti penyakit ginjal, hati, konsumsi alkohol berlebih, hingga masalah kesehatan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah.


    (Baca Juga: 7 Buah Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui)


    3. Penggunaan Obat Pengencer Darah 

    penyebab mimisan

    (Obat pengencer darah seperti aspirin dapat memicu terjadinya mimisan. Foto: Dok.dszc/iStock)

    Berbagai obat pengencer darah, seperti aspirin, warfarin, clopidogrel bisulfate, dan obat anti-inflamasi nonsteroid ternyata juga bisa menjadi penyebab sering mimisan. Hal ini karena obat pengencer darah yang akan mengubah kemampuan darah untuk menggumpal dan juga membeku. Akibatnya, perdarahan di hidung tidak dapat dihentikan sehingga terjadilah mimisan.

    Disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut ketika berada pada kondisi penyakit yang berisiko menyebabkan pembekuan darah serta kondisi jantung tertentu, misalnya fibrilasi atrium. 


    4. Efek Semprotan Hidung 

    penyebab mimisan

    (Penggunaan nasal spray atau semprotan hidung dapat menyebabkan mimisan. Foto: Dok.ProfessionalStudioImages/iStock)

    Tidak hanya penggunaan obat pengencer darah, semprotan hidung berjenis antihistamin dan dekongestan juga bisa menjadi penyebab terjadinya mimisan. Ini karena selaput hidung menjadi kering karena terlalu sering disemprot. Sehingga selaput hidung yang kering tersebut justru lebih mudah mengalami mimisan. Terlebih lagi, jika obat-obatan atau semprotan hidung tersebut dihirup dalam waktu cukup lama.


    5. Mengalami Cedera pada Hidung 

    Jika kamu mengalami cedera pada hidung yang tidak disengaja, maka akan membuat pembuluh darah di lubang hidung menjadi rusak dan akhirnya berdarah.

    Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak karena mereka cenderung sering menggaruk atau menggosok hidungnya. Ditambah lagi, pembuluh darah di area hidung anak masih lemah, sehingga akan lebih mudah mengalami mimisan ketika terjadi benturan keras atau terkena pukulan yang cukup keras.

    Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun berisiko mengalami cedera yang dapat mengakibatkan mimisan, misalnya  terbentur atau terpukul benda keras. Namun, mimisan setelah menggaruk atau menggesek hidung pada orang dewasa jarang menjadi penyebab mimisan karena pembuluh darah di hidung orang dewasa bisa dibilang lebih kuat atau normal. 


    (Baca Juga: Mengenal Kanker Darah: Tipe, Gejala, dan Pengobatannya)


    6. Stres 

    penyebab mimisan

    (Mimisan bisa terjadi akibat stres dan kecemasan berlebih. Foto: Dok.Drazen_/iStock)


    Kondisi pikiran yang terbebani stres diduga bisa menjadi pemicu terjadinya mimisan. Dalam sebuah artikel mengatakan bahwa mimisan juga bisa terjadi saat tubuh mengalami stres dan kecemasan kronis.

    Bahkan, orang-orang yang sering stres dan cemas berlebihan lebih berisiko mengalami mimisan kronis yang sifatnya kambuhan dan sering muncul tiba-tiba. Stres atau kecemasan tidak mengakibatkan mimisan secara langsung. Biasanya terdapat kondisi lain yang menyertai stres atau kecemasan yang menyebabkan mimisan. 


    Itulah beberapa penyebab dari mimisan yang umum terjadi. Perawatan menangani mimisan pada setiap orang sangat bervariasi, tergantung pada jenis dan penyebabnya, sehingga kamu tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan serius. Semoga bermanfaat! 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below