7 Buah Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui


  • 7 Buah Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Kamu Ketahui
    (Buah penurun darah tinggi. Foto: Dok.fcafotodigital/iStock)

    Apakah kamu mempunyai riwayat darah tinggi? Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu berbagai penyakit serius. Salah satu cara mewaspadainya dengan memerhatikan pola makan sehari-hari. Misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mampu meredakan tekanan darah tinggi. Nah, kira-kira apa saja ya buah penurun darah tinggi? Yuk simak dibawah ini. 

    1. Pisang 

    Buah penurun darah tinggi
    (Pisang mampu menurunkan darah tinggi. Foto: Dok.alleksana/Pexels)

    Buah yang satu ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena pisang mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, serat, mangan, antioksidan, dan magnesium sehingga mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kamu dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggangnya, atau mencampurnya ke dalam sereal. 

    2. Semangka 

    Siapa yang tidak suka semangka? Rasanya yang manis dan segar tentu membuat setiap orang menyantapnya saat hari sedang terik. Selain segar, buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung L-citrulline dan L-arginine yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 




    (Baca Juga: Ide Jus Buah Untuk Diet)


    3. Jeruk


    Jeruk sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh karena tinggi vitamin C, selain itu jeruk juga bisa membantu meredakan tekanan darah tinggi karena jeruk tidak mengandung natrium. Kandungan lain yang ada dalam jeruk adalah kalium, vitamin A, folat, antioksidan, dan thiamin, yang sangat berperan dalam kesehatan pembuluh darah. 

    4. Alpukat 

    Buah penurun darah tinggi
    (Kandungan lemak baik pada alpukat mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Foto: Dok.ready made/Pexels)


    Alpukat kaya akan lemak baik, selain itu juga kaya akan vitamin dan mineral sehingga alpukat efektif sebagai penurun darah tinggi. Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kamu butuhkan. Tidak hanya kaya akan mineral dan lemak baik, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


    Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara utuh atau bisa juga di jus. Namun, kamu juga disarankan untuk mengupas alpukat dengan hati-hati karena ternyata kandungan berbagai senyawa yang baik ini berada tepat di bawah kulit alpukat. 

    5. Buah Beri

    Buah penurun darah tinggi

    (Berbagai macam buah beri mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Foto: Dok. fcafotodigital/iStock)

    Berbagai macam buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry ternyata sangat bermanfaat sebagai penurun darah tinggi. Buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Dalam sebuah hasil studi menyatakan bahwa buah blueberry ini dapat mencegah tekanan darah tinggi.


    Untuk mengolah buah beri, kamu bisa menjadikannya sebagai jus, campuran pada sereal sarapan, atau makan buahnya secara utuh sebagai camilan sehat. 


    (Baca Juga: Ketahui 7 Buah Penambah Darah)


    6. Bit 

    Sama seperti pisang, bit juga tinggi kalium sehingga cocok menjadi salah satu buah penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menyampaikan bahwa dengan konsumsi bit dapat membantu menurunkan tekanan darah.


    Selain itu, kandungan nitrat dalam buah bit juga dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

    7. Tomat 

    Buah penurun darah tinggi
    (Tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan konsumsi buah tomat. Foto: Dok.Djaheda Richers/Pexels)

    Bagi kamu yang suka tomat, ada kabar baik. Pasalnya, tomat merupakan salah satu buah yang bisa diolah menjadi jus penurun darah tinggi. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah laporan yang dipublikasikan dalam Food Science & Nutrition yang melibatkan 184 pria dan 297 wanita sebagai partisipan penelitian. Seluruh partisipan diminta untuk minum jus tomat tawar setiap hari selama setahun.


    Hasilnya, tekanan darah 94 peserta penderita tekanan darah tinggi mengalami penurunan. Kemudian, rata-rata tekanan darah sistolik turun dari 141,2 mmHg menuju 137 mmHg, serta rata-rata angka diastolik menurun dari 83,3 mmHg ke 80,9 mmHg. Memang tidak dituliskan secara pasti apa saja kandungan yang terdapat dalam tomat yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Namun, ada kemungkinan kandungan antioksidan, karotenoid, lycopene, dan kalium yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kondisi kesehatan jantung. 


    Itu dia beberapa buah yang mampu menurunkan darah tinggi, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. 

    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below