Wajah Lebih Cerah, Ini 6 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan


  • Wajah Lebih Cerah, Ini 6 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan
    Bangun pagi sehat. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Matahari yang mengintip di jendela kamarmu mungkin tak pernah jadi sahabat, apalagi buat kamu yang kerap menghabiskan malam dengan serial favorit. Bangun pagi memang tak menjadi hal yang disukai sebagian orang (mungkin termasuk kamu) yang menganggap berkurangnya waktu istirahat ketika harus bangun lebih pagi dari biasanya. Apalagi godaan akhir pekan tanpa pekerjaan atau agenda wajib, tentu kamu akan memilih untuk bangun lebih siang.


    Namun, beberapa orang yang sukses menjalani kehidupannya, termasuk karier, diawali dengan bangun pagi. Selain memberi waktu untuk melakukan banyak hal lebih awal, di saat yang sama kamu tetap bisa melakukannya tanpa terburu-buru. Waktu yang terasa lebih panjang sudah pasti, tetapi ada beberapa manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang perlu kamu simak di bawah ini.




    (Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu)


    1. Ada waktu untuk fokus pada diri sendiri


    Entah menikmati secangkir kopi tanpa gangguan atau melakukan olahraga selama 30 menit, mungkin juga meditasi, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk dirimu di pagi hari. Apalagi kamu yang kerap sibuk setiap harinya dengan pekerjaan, ditambah harus mengurus keluarga, tentu ketenangan pikiran untuk fokus pada diri menjadi hal yang sulit didapat.


    Mungkin itu juga menjadi alasan para ibu untuk bangun lebih pagi, agar mereka memiliki waktu untuk melakukan kebiasaan mereka lebih dulu dibalut dengan ketenangan sebelum memusatkan perhatian padan keluarga dan anak-anaknya.


    manfaat bangun pagi bagi kesehatan

    (Menikmati sarapan dengan lebih tenang. Foto: Dok. Ba Tik/Pexels)


    2. Lebih mudah dalam mengatur kegiatan sehari-hari


    Ketika kamu mengawali hari lebih pagi alias bangun lebih pagi, kamu justru bisa menjalani hari jauh lebih produktif. Dengan waktu tenang yang fokus pada diri sendiri, kamu lebih mudah untuk mengelola bagaimana sisa hari akan berjalan karena pikiranmu juga lebih jernih.


    Dalam waktu yang tenang di awal hari itu juga memudahkanmu untuk membuat rencana sepanjang hari, bagaimana kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu selagi menemani anak-anak sekolah di rumah. Semakin fokus dan tenang pikiranmu, semakin mudah kamu mengalokasikan tiap-tiap waktu sesuai dengan kebutuhannya.


    3. Meningkatkan konsentrasi


    Manfaat bangun pagi bagi kesehatan juga terlihat dari tingkat konsentrasimu yang bertambah. Ketika kamu bangun lebih awal, pikiranmu akan lebih mudah untuk maksimal kerjanya sehingga kamu pun bisa lebih berkonsentrasi dalam menjalani kegiatanmu sepanjang hari.


    Kamu mampu fokus untuk menyelesaikan masalah dan memberikan solusi yang tepat pada setiap tantangan pada hari itu, baik dalam pekerjaanmu maupun peran lain yang harus dijalani di luar karier.


    (Baca Juga: Ini 6 Hobi Yang Bisa Menenangkan Pikiran)


    4. Kulit wajah lebih cerah dan sehat


    Wajah yang terlihat cerah, sehat, dan bebas jerawat memang jadi impian sebagian besar orang. Itulah alasannya banyak produk skincare yang menawarkan berbagai kandungan untuk memberikan tampilan wajah yang glowing. Namun, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk dapatkan kulit wajah yang sehat.


    Kamu hanya perlu istirahat yang cukup dan bangun pagi. Selain tubuhmu mendapatkan waktu yang cukup untuk lakukan regenerasi sel, termasuk memperbaiki sel kolagen yang bantu jaga kelembapan dan kesehatan kulit, ketenangan pikiran yang kamu dapatkan di pagi hari juga bisa memengaruhi kondisi kulit yang juga lebih tenang.


    5. Lebih berenergi dan bahagia


    Sebelum kamu merasa terus mengantuk ketika harus bangun lebih pagi, mungkin masalahnya terletak pada tidurmu yang terlalu larut. Sebab, dengan bangun lebih pagi, kamu justru memiliki lebih banyak energi untuk menjalani hari. Apalagi kamu bisa mengawali hari tanpa banyak gangguan untuk fokus pada diri, ada proses persiapan yang bisa mendorong terbentuknya energi lebih untuk jalani hari.


    Plus, kamu juga akan jadi lebih bahagia karena dengan bangun pagi, kamu lebih mudah untuk mengelola waktu sepanjang hari. Ada banyak hal baik yang dirasakan mulai dari lebih berenergi, bebas stres, dan bahkan membantumu jalani gaya hidup yang sehat.


    manfaat bangun pagi bagi kesehatan

    (Bekerja jadi lebih semangat. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    6. Istirahat yang cukup


    Ketika kamu bangun lebih pagi, tentu waktu istirahat malammu akan lebih cepat. Namun, saat bertemu bantal, kamu tak perlu menghitung jari hingga matamu terpejam, sudah pasti langsung tidur. Dengan membiasakan diri bangun pagi, tubuhmu juga akan terbiasa untuk beristirahat lebih cepat sehingga waktu tidurmu pun juga ideal karena kamu mendengarkan sinyal tubuh untuk beristirahat.


    (Baca Juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!)


    Inilah beberapa manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang mungkin bisa jadi motivasimu untuk coba kebiasaan ini.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below