Ini 6 Hobi Yang Bisa Menenangkan Pikiran


  • Ini 6 Hobi Yang Bisa Menenangkan Pikiran
    Yoga jadi salah satu hobi untuk menenangkan pikiran. (Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)

    Dunia sedang dilanda keributan, kamu bisa melihat pandemi sebagai contoh yang sebabkan berbagai hal pengganggu pikiran. Dengan kondisi dunia seperti itu, kamu juga memiliki beragam tanggung jawab yang harus dipikirkan sebelum akhirnya dijalankan. Mulai dari pendidikan hingga pekerjaan, pasangan hingga keluarga, apapun yang mengisi pikiranmu tentu bisa meninggalkan rasa stres dalam diri.


    Jadi, penting buatmu temukan hal-hal yang bisa redakan stres dan menenangkan pikiran yang kalut, termasuk hobi. Mungkin belajar mengatur napas hingga mengeksplorasi berbagai warna, inilah beberapa hobi yang bisa menenangkan pikiran untuk kamu coba di rumah.




    (Baca Juga: Ini 5 Hobi Baru Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022)


    1. Berkebun


    Ada alasan mengapa berkebun menjadi tren di awal masa pandemi. Rumah hingga apartemen yang sontak menghijau dengan berbagai tanaman ini adalah salah satu hobi sebagian orang untuk menenangkan pikiran. Kamu merasa ketenangan dan fokus selama proses menanam biji, memotong beberapa ranting yang membusuk hingga memetik daun yang sudah menguning.


    Selain memberi ketenangan, buat kamu yang memiliki halaman di rumah juga bisa sekalian berjemur, menyerap vitamin D yang diberikan secara gratis oleh matahari (tanpa lupa menggunakan sunscreen).


    hobi untuk menenangkan pikiran

    (Hobi berkebun. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    2. Merajut


    Mungkin hobi terkesan tua, apalagi kalau kamu sudah membayangkan nenekmu yang terbiasa menghabiskan waktu duduk di kursi favorit dan merajut. Rupanya, ada ketenangan yang ditawarkan selama proses merajut, gerakan mengulang pada setiap benang yang kamu rajut.


    Setiap benang yang masuk dan keluar, tanpa sadar kamu perlahan melepaskan hal-hal yang mengganggu pikiran ketika fokus merajut apapun yang sedang kamu buat. Mungkin konsentrasi yang kamu berikan menghasilkan syal atau selimut baru, tentu hasilnya juga menjadi prestasi kecil untukmu.


    3. Melukis


    Mencari hobi yang bisa menenangkan pikiran tetapi juga mengasah kreativitas? Bermainlah dengan warna. Kamu bisa menggunakan kertas gambar atau kanvas, lalu mulailah melukis. Luangkan waktu beberapa menit untuk mendedikasikan atensi pada gambar atau warna yang kamu buat.


    Namun, jika kamu ingin fokus mewarnai dan merasa kanvas kosong terlalu menegangkan, beli buku mewarnai dan mulailah beri warna. Kamu bisa merilekskan diri sekaligus mengasah kreativitasmu.


    (Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Beres-Beres Rumah Bagi Kesehatan Mentalmu)


    4. Memasak


    Buat kamu yang jarang masuk ke dapur, memasak bisa jadi hal yang menakutkan. Takut jari terluka saat memotong sayuran atau mata yang menitikkan air mata ketika mengupas bawang, tetapi ada sesuatu yang sangat menenangkan ketika kamu masuk ke dapur dan memasak.


    Proses memasak tanpa sadar mengasah kesabaran sekaligus mendorong muncul hormon endorfin sehingga kamu merasa energi yang positif. Tak perlu sesuatu yang besar atau mewah, kamu bisa mulai dengan memasak telur dadar atau membuat sup hangat. Apa yang lebih nikmat, setelah masak, kamu dapat pikiran yang tenang dan perut yang kenyang.


    5. Mendengarkan musik


    Banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika musik dilibatkan. Kamu bisa bermain piano, bernyanyi di kamar mandi, atau bahkan duduk di ruang tamu sambil menikmati playlist lagu favoritmu. Musik memiliki cara untuk menurunkan hormon penyebab stres dan mengembalikan mood-mu sehingga mendengarkan musik bisa jadi hobi untuk menenangkan pikiranmu.


    Jika kamu juga perlu semangat, dengarkan lagu-lagu dengan lirik yang bisa memotivasimu untuk menjalani hidup walaupun sedang dilanda kesulitan maupun berbagai dilema.


    hobi untuk menenangkan pikiran

    (Memasak bersama keluarga. Foto: Dok. August de Richelieu/Pexels)


    6. Yoga


    Olahraga satu ini menawarkan ketenangan dan menjadi cara untuk kurangi stres. Kamu tak perlu menjadi seorang profesional untuk belajar yoga, kamu cukup hadir sepenuhnya. Setiap awal latihan, kamu akan melakukan centering untuk memusatkan perhatian dan fokusmu pada tubuh melalui napas.


    Lalu, saat melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu akan fokus berkomunikasi dengan tubuhmu sehingga pikiranmu juga akan jadi lebih tenang dan tak sibuk memikirkan hal-hal di luar yang kamu jalani saat ini. Setelah selesai sesinya, kamu akan jadi lebih rileks pastinya.


    (Baca Juga: Film Romantis Thailand Terbaik, Penasaran?)


    Inilah beberapa hobi yang menenangkan pikiran untuk kamu coba di rumah. Dengan hiruk pikuk kota, tak ada salahnya menikmati waktu sejenak untuk relaksasi. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below