Coba Lakukan 4 Olahraga Mengecilkan Paha Sebelum Tidur


  • Coba Lakukan 4 Olahraga Mengecilkan Paha Sebelum Tidur
    Olahraga untuk mengecilkan paha. (Foto: Dok. Ayanda/Pexels)

    Tak hanya perut yang jadi fokus, sebagian orang, khususnya wanita, juga menaruh perhatian pada ukuran paha. Bentuk paha yang kecil dan kencang memang menjadi salah satu hal yang diinginkan banyak orang. Meski sekarang semakin banyak yang mengumandangkan body positivity, masih ada yang menaruh harapan untuk memiliki paha kecil dan kencang.


    Jika kamu, salah satunya, cara yang paling sederhana adalah berolahraga. Namun, sebelum kamu melemparkan jawaban bahwa tak ada waktu, kamu harus berangkat kerja pagi dan pulang larut, atau kamu yang bekerja dari rumah juga harus menghabiskan waktu bersama anak-anak serta pasangan, tenang kamu tetap bisa temukan waktu untuk lakukan olahraga yang mengecilkan paha.




    (Baca Juga: 4 Olahraga Mengecilkan Perut Agar Kamu Lebih Percaya Diri)


    Coba lakukan ketika kamu sudah di kamar tidur atau bahkan di ranjang. Ada beberapa olahraga mengecilkan paha sebelum tidur yang bisa kamu lakukan setiap malam, jadi goal untuk dapatkan ukuran paha yang lebih kecil dan kencang semakin mudah diwujudkan.


    1. Butterfly stretch


    olahraga mengecilkan paha sebelum tidur

    (Pose butterfly stretch. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


    Kamu bisa duduk tegak, di ranjang atau karpet. Pastikan kamu memanjangkan tulang punggung dalam posisi tegak, dan juga membiarkan kedua kakimu lurus ke depan. Ketika kamu siap, perlahan tekuk kedua lutut dan pertemukan kedua telapak kaki, bentuknya akan menyerupai sayap kupu-kupu (itulah mengapa pose ini dinamakan butterfly stretch).


    Lalu, dekatkan kedua kaki ke area pelvis, sedekat yang kamu bisa dan satukan tangan di area telapak kaki. Atur napasmu secara perlahan, tarik napas untuk dekatkan kaki ke area pelvis, buang napas tekan paha serta lutut ke arah ranjang atau karpet. Ingat untuk tetap menjaga punggungmu tetap lurus.


    Pose ini akan mengaktifkan otot di area paha dalam serta memperkuat sendi-sendi di area tersebut.


    2. Air cycling


    Bayangkan kamu naik sepeda, tetapi di ranjang. Kira-kira itu gambaran singkat tentang air cycling. Kembali tidur telentang di ranjang atau karpet yang kamu jadikan alas, pastikan area bawah tulang belakang menempel ke matras, lalu satu telapak tangan di belakang kepala untuk menopang leher.


    Ketika sudah siap, perlahan angkat tubuh bagian atas dan dekatkan lutut berada satu garis dengan pinggang. Lalu, luruskan kaki kanan tanpa menyentuh alas, kemudian bergantian dengan kaki kiri. Pastikan selama proses ini kamu menjaga area bawah tulang belakang tertempel ke ranjang atau karpet, lalu kencangkan otot perut dan otot kelamin untuk melindungi tulang belakangmu.


    Kamu juga bisa tambahkan sedikit challenge dengan mempertemukan siku kiri dan lutut kanan, atau siku kanan dan lutut kiri ketika melakukan gerakan ini.


    (Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan Bergelambir)


    3. Supine leg marches


    olahraga mengecilkan paha sebelum tidur

    (Bridge pose adalah awal dari supine leg marches. Foto: Dok. Antonio Diaz/iStock)


    Jenis olahraga mengecilkan paha sebelum tidur yang bisa kamu lakukan adalah supine leg marches. Kamu bisa mulai dengan tidur telentang di ranjang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menapak di ranjang, kedua tangan di sisi tubuh. Lalu, perlahan angkat bokong hingga tubuh berada segaris diagonal lurus dengan tubuh.


    Tekan tumit ke arah ranjang dengan kuat selagi kamu mengangkat satu kaki, mendekatkan lutut ke arah dada, kemudian lakukan dengan kaki yang lain secara bergantian. Pastikan kamu mengencangkan perut, paha, dan juga bokong untuk melindungi area tulang belakang. Lakukan sebanyak 20 kali.


    Opsi lain, kamu bisa melakukan glute bridge pose. Pada dasarnya, kamu melakukan pose yang sama saat lakukan supine leg marches hanya tanpa gerakan kaki. Kamu cukup menahan pose selama kurang lebih satu menit. Olahraga ini baik untuk tak hanya mengecilkan paha, tetapi juga menguatkan otot bokong, kaki, dan perut.


    4. Straight leg lifts


    Dengan fokus untuk menguatkan otot paha bagian depan, kamu bisa mulai dengan tidur telentang dan kedua kaki lurus. Pastikan telapak kaki flex dan arahkan jari-jari kaki ke arah langit-langit untuk mengaktifkan otot. Kembali kuatkan kaki, kuatkan otot perut, perlahan angkat satu kaki hingga 45 derajat dari alas dan tahan, kemudian turunkan.


    Lalu, ganti dengan kaki berikutnya. Lakukan gerakan sebanyak 15 hingga 20 repetisi dalam tiga set. Gerakan ini juga bagus untuk dijadikan terapi bagi kamu yang lututnya suka sakit atau untuk menyeimbangkan kedua sisi tubuh.


    (Baca Juga: Ini 6 Hobi Yang Bisa Menenangkan Pikiran)


    Beberapa olahraga mengecilkan paha sebelum tidur ini tak memakan waktu yang panjang, jadi bisa kamu jadikan agenda rutin untuk dilakukan setiap malam. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below