4 Olahraga Mengecilkan Perut Agar Kamu Lebih Percaya Diri


  • 4 Olahraga Mengecilkan Perut Agar Kamu Lebih Percaya Diri
    Perut buncit dihilangkan dengan cara olahraga. (Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)

    Sebagai manusia, kita semua mempunyai lemak di dalam tubuh. Lemak itu terutamanya berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kandungan seperti protein dan karbohidrat juga bisa membentuk lemak itu sendiri. Namun, lemak mempunyai salah satu fungsi yang penting bagi tubuh, yaitu menghasilkan energi. Perlu diketahui lemak di dalam tubuh dapat tersimpan di mana saja, mulai dari di pipi sampai ke jari-jari kaki.


    Lemak di tubuh yang paling sering ditemukan pada pria maupun wanita adalah di bagian perut. Di situlah semua yang kita konsumsi bermuara. Meski begitu, lemak juga banyak terlihat di lengan dan paha. Kita tidak perlu khawatir, karena lemak bisa dikurangi dengan diet dan dihilangkan dengan olahraga, sama halnya dengan lemak di perut. Terdapat beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa kita coba. Simak daftarnya di bawah ini.




    1. Sit-up

    olahraga mengecilkan perut

    (Sit-up untuk mengecilkan perut. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


    Yang satu ini tentunya terkenal di telinga kita saat mencari olahraga yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut. Sit-up tidak hanya bisa mengecilkan perut, tapi juga bisa menjadi latihan untuk menguatkan, mengencangkan, dan menegaskan otot-otot perut. Sit-up tergolong dalam latihan ketahanan. Sit-up bahkan juga telah dikenalkan lewat kelas olahraga sekolah, yaitu sejak menginjak Sekolah Menengah Pertama (SMP).


    Sit-up adalah salah satu olahrga yang fleksibel karena terbilang bisa dilakukan di mana saja. Kita memulai sit-up dengan membaringkan punggung di lantai dengan tangan yang biasanya disilangkan di dada ataupun yang diletakkan di belakang kepala. Sedangkan untuk dengkul ditekuk, lalu kita angkat punggung kita yang berada di lantai berulang kali. Untuk kaki kita bisa ditahan pergerakannya oleh orang lain. Sit-up sebaiknya dilakukan dengan adanya bantuan orang lain, tapi bisa pula dilakukan sendiri, hanya saja pergerakan kaki menjadi tidak terkontrol.


    2. Vertical leg crunch


    Olahraga mengecilkan perut satu ini tidak jauh berbeda dengan sit-up. Kita tetap bisa mengecilkan perut dengan melakukan olahraga ini. Bahkan, olahraga ini membuat otot perut bekerja lebih keras karena banyaknya kontraksi yang terjadi. Kita tetap berbaring di lantai pada awalnya. Perbedaannya adalah kedua kaki diangkat ke atas secara lurus, lalu kita angkat badan kita dengan posisi tangan yang lurus dalam mencoba meraih jari-jari kaki. Menyeimbangkan kaki di atas yang lurus memang sulit, alternatifnya itu kita bisa melakukannya dengan satu kaki secara bergantian agar sedikit mengurangi kesulitannya. Lakukan olahraga ini dalam tiga set yang dibagi sekitar 15 kali pengulangan. Total melakukan ini menjadi 45 kali.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


    3. Leg raises


    olahraga mengecilkan perut

    (Leg raises adalah gerakan olahraga mengexilkan perut yang paling menantang. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Leg raises juga adalah salah satu olahraga yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut. Olahraga ini akan membuat bagian tubuh kita bekerja keras, mulai dari perut bagian atas sampai kaki. Dibutuhkan kekuatan otot perut yang besar dalam melakukan ini. Bahkan, seluruh badan kita akan bercucur keringat.


    Kita bisa melakukan ini di mana saja dengan permukaan datar, bahkan kasur. Pertama kita berbaring, lalu letakkan tangan lurus di belakang kepala untuk berpegang pada benda. Mulai olahraga ini dengan mengangkat kaki ke atas, harus secara lurus. Di situlah otot perut akan berkontraksi. Olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk ketahanan kaki kita. Banyak yang tidak menyadari bahwa mengangkat kedua kaki sendiri ke atas itu berat, dan akan terasa dalam olahraga ini. Lakukan ini secara rutin, sekitar 30 kali atau lebih, dan otot perut yang ada di perut buncit kita pun akan mulai terlihat.


    4. Hip lift


    olahraga mengecilkan perut

    (Hip lift untuk meratakan perut. Foto: Dok. Mart Production/Pexels)


    Berbeda dengan tiga olahraga sebelumnya, di olahraga hip lift ini pinggul akan bekerja lebih banyak. Gerakan olahraga ini terbilang ideal untuk mendapatkan perut yang rata. Hip lift juga melibatkan tangan serta kaki untuk melakukannya.


    Kita harus memosisikan tubuh kita untuk berbaring dan meletakkan masing-masing tangan di samping tubuh. Letakkan pula telapak kaki ke bawah. Barulah angkat pinggul kita sambil memberikan tekanan. Pastikan dengkul kita mengarah ke langit-langit. Lakukan ini setidaknya 15 kali dalam sehari, atau lebih untuk mendapatkan hasil yang yang lebih segera.


    (Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan)


    Itulah beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa dilakukan mulai sekarang. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below