Cara Mengatasi Keputihan Biar Nyaman Jalani Keseharian


  • Cara Mengatasi Keputihan Biar Nyaman Jalani Keseharian
    Area kewanitaan normal mengalami keputihan. (Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)

    Keputihan adalah salah satu kondisi normal yang dialami oleh wanita dewasa dan muda. Itu adalah cairan yang dikeluarkan oleh alat kelamin wanita yang menjaga vagina tetap bersih dan lembap, juga melindunginya dari infeksi. Cairan keputihan ini seringnya terasa licin selama beberapa hari di antara menstruasi kita, yaitu saat kita berovulasi.


    Keputihan biasanya menjadi lebih banyak saat kehamilan, aktif berhubungan seksual, ataupun saat menggunakan metode atau alat pengendalian kelahiran. Namun, jika keputihan kita bening atau putih, lengket, licin dan basah, serta tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap, itu adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, keputihan bisa membuat seorang wanita kurang nyaman dalam bergerak dan ini adalah cara mengatasi keputihan yang bisa kita ketahui.




    (Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil)


    1. Bersihkan vagina dengan benar


    Saat kita membersihkan vagina, kita harus membasuhnya secara benar. Kita membasuhnya dari arah depan menuju ke belakang, atau dari vagina menuju anus. Bukan lakukan sebaliknya. Ingat juga untuk selalu membersihkan vagian setiap buang air kecil dan besar. Karena vagina adalah area yang hangat, jadi harus selalu dibersihkan agar tidak berjamur. Kita bisa juga menggunakan sabun yang berbahan ringan untuk membersihkannya.


    2. Kompres dingin

    cara mengatasi keputihan

    (Air dingin dikompres untuk mengatasi keputihan. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Kompres dingin bisa kita coba dalam mengatasi keputihan. Kita bisa menyiapkan air dingin dan kain bersih. Lalu, kain tersebut kita rendam untuk mengompres vagina kita. Sebab saat mengalami keputihan, beberapa wanita merasakan gatal yang membuatnya tidak nyaman dan kita bisa mencoba mengompresnya.


    3. Kenakan pakaian dalam berbahan katun

    cara mengatasi keputihan

    (Pakaian dalam berbahan katun lebih banyak berfungsi saat keputihan. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


    Memakai pakaian dalam yang tepat bisa membantu mengatasi keputihan. Keputihan juga biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Pastikan kita mengetahui jadwal tersebut supaya bisa memakai pakaian dalam katun bahkan sebelum mengalami keputihan itu. Itu karena pakaian dalam berbahan katun bisa mencegah bau dan gatal di area vagina.


    Material yang halus juga dapat menyerap keringat. Selain itu, bahan ini juga bisa mencegah kulit dari alergi dan iritasi. Bahan katun lebih baik dalam mencegah bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh kelembapan. Kelembapan bisa membuat bateri menumpuk hingga menimbulkan bau. Bahan katun juga bisa menyerap kelembapan yang berlebihan.


    4. Mengecek terjadinya keputihan secara rutin


    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keputihan yang normal adalah warnanya yang bening atau putih, lengket, licin, basah, dan tidak berbau. Saat mengalami keputihan, pastikan untuk memeriksa apakah cairan keputihan kita dalam kondisi normal seperti ini. Bahkan, perhatikan lebih jauh apakah keputihan itu berjumlah normal dan tidak kebanyakan. Jika kita menemukan hal-hal yang berbeda dari kondisi normal ini atau dari yang biasa kita alami, segera periksakan ke dokter.


    5. Konsumsi makanan sehat yang bernutrisi


    Tentu saja makanan yang sehat dan bernutrisi harus kita konsumsi tidak hanya untuk mencegah keputihan, tapi juga untuk kesehatan tubuh. Makanan seperti yogurt, salah satunya baik untuk mengatasi keputihan bahkan mencegah keputihan yang tidak normal. Dalam hal ini, konsumsi yogurt tanpa rasa atau plain. Yogurt jenis ini juga mengandung probiotik, dimana probiotik bisa mencegah infeksi jamur.


    Yogurt yang mengandung gula tambahan bisa memicu pertumbuhan jamur Candida. Jamur ini bisa terasa mengganggu, dan juga bisa terdapat di bagian tubuh lainnya seperti mulut, tenggorokan, dan usus. Selain yogurt, kita bisa juga mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti pisang, sayuran hijau, susu, dan daun sirih.


    6. Hindari penggunaan produk kewanitaan yang tidak tepat


    Terdapat banyak sekali produk kewanitaan yang dijual di pasaran seperti produk pembersih. Produk-produk ini bisa menganggu keasaman dan keseimbangan bakteri vagina. Lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu dalam memilih produk apa yang sebaiknya digunakan, jangan asal dalam membelinya.


    (Baca Juga: Ciri Keputihan Abnormal)


    Keputihan memang normal dialami, tapi jika setelah kita cek tidak dalam kadar normal seperti biasanya atau mungkin banyaknya cairan yang berlebih, segera periksakan ke dokter. Ingatlah juga untuk selalu konsumsi makanan yang sehat, dan hindari makanan yang dapat memicu keputihan, seperti mentimun. Jaga selalu kebersihan area kewanitaan kita agar tetap sehat dan problem-free.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below