Manfaat Jus Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh


  • Manfaat Jus Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh
    Ketahui Ragam Manfaat Jus Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh. (Foto: Dok. Lecic/Pexels)

    Alpukat salah satu jenis buah yang memang sangat disukai oleh banyak orang. Ada banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam buah ini. Alpukat enak dikonsumsi secara langsung, tapi biasanya buah tersebut dibuat jus. Manfaat jus alpukat sudah tak diragukan lagi baik untuk tubuh.


    (Baca Juga: Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan)




    Di dalamnya ada kandungan vitamin A, B, C, magnesium, karbohidrat dan lain-lain. Sebagai penggemar jus alpukat, kamu mungkin juga ingin tahu apa saja manfaatnya yang bagus bagi kesehatan. Penasaran? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang manfaatnya!


    manfaat jus alpukat

    (Jus alpukat memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menurunkan tekanan darah. Foto: Dok. Freepik)

    1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

    Tekanan darah yang naik sangat menyulitkan diri sendiri, oleh karena itu kamu butuh sesuatu untuk sekadar menurunkannya. Nah, bahan alami yang dapat melakukan hal tersebut adalah buah alpukat yang dibuat sebagai jus. Sebab dalam buah ini terkandung banyak kalium yang jauh lebih tinggi daripada pisang.

    Kalium tinggi ini mampu bantu turunkan tekanan darah. Sehingga kamu akan terhindar dari salah satu faktor penyebab penyakit jantung, stroke, ginjal dan sebagainya.


    2. Mampu Mendetoks Tubuh Secara Alami

    Sering konsumsi makanan yang tidak sehat membuatmu harus sering melakukan detoks, caranya bisa dengan meminum jus alpukat. Sebab, jika tidak membuang racun yang ada dalam, bisa membuat tubuhmu terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, manfaat jus alpukat juga bisa mencegah adanya kelebihan kadar homosistein dalam tubuh.

    Jika homosistein ini terlalu berlebihan ada dalam tubuhmu, maka bisa menjadi penggangu produksi dari hormon serotonin, dopamin dan sebagainya yang menyebabkan terjadinya stres.


    3. Membuat Mata Lebih Sehat

    Selanjutnya yang menjadi manfaat jus alpukat tak lain ialah membuat mata jadi lebih sehat. Sebab ada kandungan lutein juga zeaxanthin yang dapat membantu netralkan radikal bebas. Maka, dengan begini mata akan terhindar dari berbagai penyakit mata.

    Adapun berbagai penyakit mata yang dimaksud seperti misalnya katarak, astigmatisme, glukoma dan lain-lain. Oleh karena itu, lakukan konsumsi jus alpukat secara rutin.


    4. Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

    Bagi kamu yang sedang dalam program diet, maka mengkonsumsi jus alpukat sama sekali tidak ada salahnya. Malah dapat membantu menurunkan berat badan karena buah ini mampu membuat seseorang kenyang lebih lama.

    Jika demikian, maka keinginan untuk mengkonsumsi makanan berat atau camilan lainnya akan semakin berkurang. Kamu bisa menjalankan program diet dengan lebih tenang.


    (Baca Juga: Selain Telur, Ini 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi)


    5. Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

    Punya masalah dengan sistem pencernaan kadang memang sangat menyulitkan. Itulah kenapa kamu sebaiknya rutin mengkonsumsi alpukat karena manfaatnya juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Sebab ada kandungan serat yang terdapat dalam buah ini.

    Kemudian ada pula kandungan lemak yang dapat membuat usus jadi lebih sehat. Hal ini membuatmu terhindar dari sindrom iritasi usus besar dan juga terhindar dari risiko sembelit.


    manfaat jus alpukat

    (Alpukat memiliki kandungan vitamin B. Foto: Dok. Barmalini/iStock)

    6. Bantu Tingkatkan Suasana Hati

    Sedang mengalami mood yang sangat buruk? Nah, tentu kamu bisa memperbaiki suasana hati dengan mengkonsumsi buah alpukat dalam bentuk jus. Adanya kandungan vitamin B yang sangat berguna untuk hal tersebut. Vitamin ini dapat merespon anti depresan yang membuatmu dapat mengatasi depresi yang terjadi.


    7. Cegah Terjadinya Radang Sendi

    Jus alpukat juga dipercaya dapat mencegah terjadinya radang sendi, meski memang butuh penelitian lebih lanjut untuk hal tersebut. Namun memang dalam buahnya terkandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Dengan mengolahnya menjadi jus, kamu akan lebih mudah untuk mengatasi arthritis.


    8. Membuat Jantung Lebih Sehat

    Jantung merupakan organ yang semestinya dijaga dengan sangat baik. Dalam alpukat terdapat beta sitosterol yang bagus untuk jantung. Kandungan ini mampu mengatasi kolesterol yang kamu miliki sehingga jantung bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.


    (Baca Juga: 6 Alternatif Yogurt Untuk Diet Yang Bisa Dicoba!)


    Itulah beberapa manfaat jus alpukat yang bisa kamu dapatkan. Selain karena manfaatnya, jus alpukat juga disukai karena rasanya yang enak bahkan sebagian orang menjadikannya sebagai minuman paling favorit mereka.



    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below