Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


  • Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
    Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan. (Foto: Dok. Jessica Lynn Lewis/Pexels)

    Lidah buaya memang bagus untuk produk kecantikan. Namun, manfaat lidah buaya untuk kesehatan juga tak perlu diragukan lagi. Beberapa orang menggunakan bahan tersebut untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, tapi bukan berarti tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti obat dari resep dokter.




    (Baca juga: Aloe Vera: Selain Melembapkan, apa lagi manfaatnya?)


    Jika ingin menggunakan tanaman lidah buaya, kamu mesti tahu apa saja masalah kesehatan yang bisa diatasinya. Ada banyak macam cara mengolah lidah buaya sebagai obat. Namun, kali ini mari bahas dulu manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Yuk simak!


    Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

    (Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Dok. Racool_studio/Freepik)

    1. Bantu Sembuhkan Luka Bakar

    Tentu saja dengan catatan luka bakar yang dihadapi tidak terlalu lebar. Hanya pada derajat satu dan dua saja, dalam artian luka tersebut sangat kecil dan masih bisa diobati sendiri tanpa harus ke dokter.

    Tentu saja bagian yang dibutuhkan ialah gel-nya yang dapat membuat luka bakar tersebut cepat sembuh. Bahkan nantinya juga bisa membantu percepat proses regenerasi kulit.


    2. Bantu Atasi Gejala GERD

    Banyak orang yang mengidap GERD karena pola hidup yang kurang sehat. Gejalanya meliputi mual, sendawa hingga terasa nyeri pada bagian ulu hati. Kamu bisa coba konsumsi lidah buaya jika mengalami gejala GERD, tapi dengan catatan tidak berlebihan melakukannya.

    Kamu hanya perlu menjadikannya sebagai jus. Kupas dan cuci sampai lendir kuning mulai keluar dan blender hingga halus menggunakan air. Jangan lupa untuk tambahkan madu supaya rasanya lebih enak.


    3. Bantu Kurangi Peradangan Pada Gusi

    Peradangan pada gusi kadang merupakan hal yang lumrah terjadi. Hal ini tentu saja membuat dirimu tidak nyaman sehingga harus segera disembuhkan. Nah, untuk menyembuhkannya kamu bisa pakai lidah buaya sebagai jus seperti yang dijelaskan di atas.

    Dalam lidah buaya ada kandungan anti mikroba sekaligus anti bakteri yang dapat membuat gusi terlindung dari peradangan sehingga gusimu akan tetap sehat dan tidak terasa sakit lagi.


    4. Bantu Atasi Pencernaan Tidak Lancar

    Pencernaan yang tidak lancar memang sama sekali tidak nyaman. Daripada minum obat, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah ini. Caranya tetap sama, yakni dibuat dalam bentuk jus agar lebih mudah mengkonsumsinya.

    Dalam lidah buaya sendiri ada kandungan antrakuinon yang berfungsi sebagai pencahar. Kandungan inilah yang akan membantumu melancarkan pencernaan. Tapi pastinya jangan sampai mengkonsumsi secara berlebihan dan tetap perhatikan proses pengolahan dengan sebaik mungkin.


    (Baca juga: Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit)


    5. Bantu Turunkan Kadar Gula di Dalam Darah

    Tingginya kadar gula dalam darah dapat membuat kita terserang diabetes. Untuk penyembuhan penyakit diabetes sendiri tidak mudah dan itulah kenapa kamu harus hati-hati serta menerapkan pola hidup sehat. Jika kadar gula dalam darah tinggi, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan lidah buaya ini.

    Ada manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi jus lidah buaya setidaknya dua sendok makan setiap hari kurang lebih selama dua minggu lamanya. Pada pengidap diabetes tipe 2, maka kadar gula dalam darah mereka akan turun dengan cepat.

    Selain itu, konsumsi jus lidah buaya ini juga dapat membuat kadar trigliserida dalam darah sedikit diturunkan. Itulah mengapa banyak orang yang mencari tanaman ini karena fungsinya yang baik untuk kesehatan penderita diabetes.


    Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

    (Lidah buaya menjadi sumber vitamin C. Foto: Dok. Freepik)

    6. Menjadi Sumber Vitamin C

    Tubuh selalu membutuhkan asupan vitamin C yang banyak, dan kamu harus memenuhi hal tersebut agar terhindar dari beberapa penyakit. Vitamin C juga dipercaya dapat membuat daya tahan tubuh lebih meningkat sehingga kamu tak akan gampang sakit.

    Untuk mendapatkan vitamin C kamu bisa mencarinya di tanaman lidah buaya. Vitamin C yang ada pada lidah buaya memiliki peran sebagai antioksidan yang mampu melawan peradangan hingga membuat daya tahan tubuh jadi lebih baik.

    Kemudian manfaat lain dari vitamin C pada tanaman ini juga membantu dalam melawan efek radikal bebas. Jadinya baik tubuh maupun kulitmu akan terasa lebih sehat.


    7. Bantu Jaga Kesehatan Rongga Mulut

    Berikutnya yang dapat kamu peroleh dari lidah buaya ini tak lain adalah kesehatan rongga mulut yang semakin terjaga. Namun kamu bisa mendapatkannya hanya dari produk pasta gigi atau obat kumur yang mengandung tanaman ini. Adapun manfaatnya ialah dapat mengurangi plak pada gigi yang berlubang.

    Kemudian manfaat lainnya seperti yang dijelaskan di atas yakni untuk mengatasi radang pada gusi. Selain itu juga sebagai pencegah infeksi jamur yang bisa saja terjadi.


    (Baca juga: Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut)


    Jadi setelah tahu manfaat lidah buaya untuk kesehatan, kamu bisa menggunakannya sewaktu-waktu dibutuhkan dalam keadaan darurat dan ingin menyembuhkannya dengan cara alami.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below