Selain Mandi, Ini 6 Cara Menghilangkan Bau Badan


  • Selain Mandi, Ini 6 Cara Menghilangkan Bau Badan
    Cara hilangkan bau badan. (Foto: Dok. Viacehslav Peretiatko/iStock)

    Sering jadi masalah yang dialami tak sedikit orang, bau badan adalah salah satu hal wajib untuk kamu hilangkan sebelum keluar rumah (minimal selama bekerja, ia tak mengganggu). Meski body odor atau bau badan merupakan sesuatu yang normal dalam hidup manusia, tak jarang rasa malu muncul dari hal “normal” tersebut.


    Sebagian orang menganggap kalau bau badan timbul saat berkeringat, mungkin setelah berolahraga atau memang hari itu matahari sedang berbaik hati memberikan sinarnya (sekaligus panasnya). Namun, rupanya bau badan tak timbul dari keringat, tetapi dari bakteri-bakteri yang hidup di bagian-bagian tubuh yang mudah berkeringat.




    (Baca Juga: Oops! Ternyata, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Badan)


    Untuk memastikan kamu jalani hari tanpa bau badan, mandi selalu jadi solusi yang termudah. Namun, bagi kamu yang ingin memastikan tubuhmu bebas bau secara permanen, inilah beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja?


    1. Mandi dengan air garam


    Meski sering digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan, garam rupanya memiliki kekuatan untuk mengurangi sesuatu. Dalam hal ini, mengurangi bakteri-bakteri yang bisa sebabkan bau badan pada permukaan kulit. Kamu cukup melarutkan garam di bathtub atau ember berisi air hangat.


    Setelah larut, kamu bisa berendam atau menggunakan shower dengan air garam tersebut. Kelenjar keringat dan bau badanmu akan lebih terkendali, sekaligus membuatmu lebih rileks setelah tegang bekerja sepanjang hari.


    2. Keringkan badan secara menyeluruh


    cara menghilangkan bau badan

    (Keringkan badan secara menyeluruh. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    Meski menggunakan air garam, mandi tetap menjadi kewajiban kalau kamu tak ingin badanmu bau dan tetap terjaga kebersihannya. Namun, ada hal yang tak kalah penting setelah kamu mandi, caramu mengeringkan badanmu. Bakteri akan tumbuh di area-area yang cenderung lembap.


    Jadi pastikan setelah kamu mandi, sadari apa yang kamu keringkan. Pastikan tiap-tiap bagian tubuhmu kering secara menyeluruh, apalagi area yang rentan menghasilkan keringat lebih banyak, seperti area ketiak.


    3. Kompres teh hijau


    Terkenal dengan antioksidannya, teh hijau cocok untuk menghilangkan bau badan, terutama di area ketiak atau kaki. Kamu cukup menggunakan kantung teh hijau, lalu rendam ke air hangat. Setelah terendam sepenuhnya, kompres teh hijau ke area ketiak selama lima menit di setiap sisinya.


    Setelah lima menit, kamu langsung bilas hingga bersih. Kompresan teh hijau akan membantu kendalikan kelenjar keringat sehingga produksinys lebih terkontrol.


    (Baca Juga: Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya)


    4. Pakai baju dengan bahan breathable


    cara menghilangkan bau badan

    (Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat. Foto: Dok. Maria Orlova/Pexels)


    Cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis pakaianmu sehari-hari. Katun dan serat bambu bisa jadi pilihan bahan breathable yang cocok untuk kamu pakai karena bisa membantu hilangkan bau badan, beri ruang bagi kulit untuk bernafas.


    Sedangkan, bahan-bahan sintetis seperti polyester dan rayon justru menekan keringat serta bakteri keluar sehingga badan lebih mudah berkeringat serta menimbulkan bau. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kaus dalam sehingga terdapat layer ekstra untuk menahan keringat yang melembapkan tubuh dan mengurangi bau badan.


    5. Cuka apel


    Banyak manfaat yang tersimpan dalam apple cider vinegar atau cuka apel. Kaya akan asam asetat, cuka apel bisa menghancurkan bakteri-bakteri jahat di badan, termasuk yang sebabkan bau. Kamu cukup merendamkan kapas ke cuka apel yang sudah larut, lalu ditepuk-tepukkan ke area badan yang sering timbulkan bau seperti ketiak dan kaki.


    6. Hindari konsumsi bawang-bawangan terlalu sering


    cara menghilangkan bau badan

    (Bawang-bawangan. Foto: Dok. Karolina Grabowksa/Pexels)


    Untuk menghilangkan bau badan tak cukup dari perawatan luar. Apa yang kamu konsumsi juga memengaruhi produksi kelenjar keringat dan bau badan yang timbul. Memang rasanya ada yang kurang jika masakanmu tak ditambahkan bawang putih dan bawang merah, atau semangkuk mie ayam tak lengkap tanpa taburan daun bawang.


    Namun, ragam jenis bawang-bawangan menjadi hal yang harus kamu kontrol saat mengonsumsinya sehingga bau badan bisa berkurang. Ada beberapa makanan lain yang juga perlu kamu kurangi seperti makanan pedas, daging merah, serta berbagai produk kafein.


    (Baca Juga: Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak)


    Inilah beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu coba. Semoga masalah bau badanmu ini bisa teratasi dengan beberapa cara di atas. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below