Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak


  • Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak
    (Intip 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak. Foto:Dok. LeoPatrizi/iStock)

    Bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar tubuh kita, memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Bulu-bulu halus tersebut ada yang berfungsi untuk menyaring debu yang menempel di tubuh, menjaga kulit agar tetap sehat, atau menjaga tubuh dari benda-benda asing lainnya. 

    Bulu yang sering menjadi perhatian kita adalah bulu ketiak dan kita berusaha mencari cara menghilangkan bulu ketiak. Wanita umumnya melakukan perawatan terhadap bulu ketiak karena ingin mempunyai ketiak yang bebas bulu. Meskipun begitu, terdapat juga wanita yang memilih untuk mempunyai bulu ketiak. Lain halnya pada kebanyakan pria yang tidak terlalu memetingkan kehadiran dari bulu ketiak. 

    Kebanyakan wanita bahkan berharap untuk tidak mempunyai bulu ketiak sama sekali. Namun tentu saja hal ini adalah sesuatu yang tidak mungkin karena ketika seseorang berada di masa pubertasi, saat itulah bulu yang ada di seluruh tubuh akan mulai tumbuh. Menurut wanita, adanya bulu ketiak membuat mereka merasa tidak percaya diri terutama saat memakai baju tanpa lengan. Pakaian tersebut adalah salah satu alasan wanita untuk menghilangkan bulu ketiaknya dan ini adalah rangkuman beberapa cara untuk melakukannya.



    1. Mencukur 

    Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

    (Mencukur bulu ketiak dengan alat cukur. Foto: Dok.Iuliia Alekseeva/iStock)


    Mencukur merupakan salah satu cara paling mudah dan paling sering digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun, cara ini biasanya hanya bertahan selama 1–3 hari sebelum bulu ketiak mulai tumbuh kembali. Untuk melakukannya, kamu disarankan agar menggunakan pisau cukur yang bersih lalu mengoleskan krim cukur terlebih dahulu pada kulit ketiak. Setelah itu, mulailah mencukur bulu ketiak sesuai dengan arah rambut tumbuh.


    Meski mudah dilakukan, mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi atau kulit terluka bila dilakukan dengan pisau cukur yang sudah tumpul. Selain itu, mencukur bulu ketiak juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. 

    2. Mencabut dengan Pinset 

    Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

    (Pinset bisa digunakan untuk mencabut bulu ketiak. Foto: Dok.FotoDuets/iStock)


    Jika kamu mempunyai pain tolerance yang cukup tinggi, maka cara ini cocok untuk kamu. Gunakan alat pencabut bulu ketiak atau pinset. Sebelum dan sesudah digunakan, ada baiknya untuk bersihkan pinset dengan alkohol guna mengurangi risiko adanya iritasi dan infeksi pada kulit ketiak. Cara yang satu ini dapat bertahan 3–8 minggu hingga bulu ketiak muncul kembali. 


    (Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami)


    3. Waxing 

    Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

    (Waxing bisa dilakukan sendiri dirumah atau pergi ke salon. Foto: Dok. Thais Almeida/iStock)


    Waxing merupakan cara menghilangkan bulu ketiak ke akarnya dengan mengaplikasikan cairan lilin pada ketiak, lalu menariknya dengan menggunakan kain. Jika bulu ketiak masih terlalu pendek, cairan lilin yang digunakan tidak dapat menempel pada bulu ketiak, sedangkan bulu ketiak yang terlalu panjang juga akan sulit ditarik. Waxing biasanya menjadi alternatif saat wanita terlalu malas untuk mencukurnya sendiri. Bulu ketiak yang baru akan tumbuh dalam kurun waktu 3-6 minggu setelah melakukan waxing ini.


    Meski dapat menghilangkan bulu ketiak, waxing berisiko menyebabkan ruam kemerahan, iritasi, dan peradangan pada akar rambut. Oleh karena itu, disarankan agar kamu mengetahui cara melakukan waxing yang tepat terlebih dahulu, seperti tidak menggunakan krim retinoid sebelumnya atau menarik kain ke arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.


    4. Menggunakan Krim Penghilang Bulu 

    Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

    (Krim penghilang bulu yang mudah ditemukan di pasaran. Foto: Dok.yuriyzhuravov/iStock)


    Cara ini sangat mudah digunakan dan tidak menimbulkan rasa sakit berlebih. Kamu hanya perlu membeli krim penghilang bulu yang tersedia di pasaran kemudian mengaplikasikannya di kulit ketiak. Krim ini bekerja dengan cara memecah keratin rambut, sehingga bulu ketiak akan rontok atau lepas dengan mudah.


    Dalam menggunakan krim penghilang bulu ketiak, disarankan untuk tidak mendiamkannya dalam waktu yang terlalu lama, karena bisa menyebabkan kulit ketiak mengalami ruam dan meradang.


    Selain itu, sebelum menggunakan kamu juga dianjurkan untuk melakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan krim penghilang bulu ketiak pada sebagian kecil area kulit untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam krim tersebut. 


    (Baca Juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Laser Hair Removal)


    5. Laser Hair Removal atau IPL (Intense Pulsed Light) 

    Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

    (Metode IPL yang saat ini banyak digunakan orang untuk menghilangkan bulu. Foto: EkaterinaPichukova/iStock)


    Metode ini adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Laser hair removal memang berfungsi bagi para wanita yang ingin menghilangkan bulu ketiaknya dalam jangka waktu lama. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan ini perlu dilakukan setidaknya enam kali dengan jarak beberapa bulan. Prosedur menghilangkan bulu ketiak dengan laser atau IPL bekerja dengan melakukan pengurangan rambut di area yang dipilih. 


    Folikel rambut yang terdapat di dalam permukaan kulit akan dipanaskan dengan menggunakan laser sehingga akan hancur. Hancurnya folikel rambut ini merupakan keadaan yang membuat produksi rambut baru melambat untuk beberapa waktu. Jika rambut baru tumbuh pun jumlahnya akan jauh lebih sedikit. Laser atau IPL ini tidak menghilangkan bulu sepenuhnya, karena folikel rambut pada akhirnya akan kembali. Kamu bisa menemukan treatment ini di klinik. Namun jika menemukan efek samping setelah melakukannya, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 


    Inilah beberapa cara menghilangkan bulu ketiak yang bisa kamu coba. Pastikan treatment atau cara yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhanmu ya!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below