Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


  • Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
    Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan kebaikan. (Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)

    Sebagai manusia, kita mendapatkan nutrisi dan apa yang dibutuhkan tubuh melalui makanan. Jenis makanan yang paling banyak memberikan kebaikan nutrisi adalah sayuran dan buah. Bahkan ketika jatuh sakit, sayuran dan buah juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Maka dari itu, alangkah baiknya masukkan sayuran dan buah dalam daftar makanan yang kita konsumsi setiap harinya.


    Salah satu contoh buah yang memberikan banyak manfaat adalah jeruk nipis. Semua buah jeruk memang terkenal akan kandungan vitamin Cnya yang baik untuk tubuh. Jeruk nipis juga digunakan di banyak campuran makanan dan minuman. Selain penggunaaanya pada konsumsi makanan, jeruk nipis juga bagus untuk kulit kita. Simak manfaat jeruk nipis berikut.




    1. Meningkatkan imun

    Manusia memiliki imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sistem ini berguna untuk melawan penyakit atau bahaya yang menyebabkan penyakit dari luar. Jika manusia mempunyai imun yang lemah, maka akan gampang terserang penyakit. Kita perlu menjaga imun tersebut agar tetap kuat dan salah satunya adalah dengan konsumsi jeruk nipis.

    Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang kaya dan bisa meningkatkan imun kita. Selain manfaat baiknya untuk imun, vitamin C juga bisa mengurangi peradangan yang dialami tubuh. Vitamin C yang membantu peningkatan produksi sel darah putih juga memberikan tambahan dalam melindungi tubuh.


    2. Menurunkan dan menjaga berat badan

    manfaat jeruk nipis

    (Jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Jika kita sedang berusaha menurunkan berat badan, jeruk nipis adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi. Jeruk nipis bisa kita campur dengan minuman teh. Campuran ini bukan untuk mengurangi rasa jeruk nipis yang asam, tapi sebenarnya dapat memperlancar metabolisme tubuh. Tidak hanya tubuh, metabolisme lemak juga akan lancar. Jika metabolisme lemak lancar, tentunya akan membantu menghilangkan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

    Sama seperti lemon, jeruk nipis juga dapat menjaga berat badan. Kita harus rutin dalam mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Kita akan melihat hasil yang maksimal jika mengonsumsi ini dengan rutin.


    3. Meredakan radang tenggorokan

    manfaat jeruk nipis

    (Jeruk nipis dan madu bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Radang tenggorokan adalah kondisi yang sangat tidak nyaman. Kita mengalami kesusahan dalam menelan, walaupun sakitnya masih bisa ditahan tapi memberikan rasa yang tidak nyaman. Tidak hanya itu, radang tenggorokan juga bisa menyerang sistem di dalam tubuh yang kebanyakan kasus membuat penderitanya menjadi demam.

    Kita dapat mengonsumsi jeruk nipis yang dikonsumsi dengan madu dua kali dalam sehari. Ke depannya radang tenggorokan akan mereda. Bahkan, banyak yang bilang juga bahwa jeruk nipis dan kecap manis bisa membantu mengembalikan suara saat suara kita hilang karena berteriak atau yang lainnya.


    4. Menyeimbangkan pH

    Mungkin kamu mengenal pH sebagai derajat keasaman. Asam dan basa yang ada didalam tubuh sering disebut juga dengan pH. Jika sedang sakit, pH dalam tubuh bisa dicek karena biasanya menjadi tidak seimbang. pH bisa menjadi penentu sakit atau tidaknya seseorang itu. Jeruk nipis berperan dalam menyeimbangkan pH tubuh yang ada, menyeimbangkan antara asam dan basa.


    (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?)


    5. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis pun memiliki kandungan yang kaya akan kalium atau potasium. Kalium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu fungsi kalium adalah dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat baik lainnya dari kalium adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kepadatang tulang, serta dapat pula mencegah kram otot.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan)


    Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kita. Banyak orang yang tidak menyukai sama sekali jeruk nipis, karena rasanya yang asam. Ingatlah bahwa kita bisa mencampurnya dengan makanan atau minuman lain, jadi jangan hentikan konsumsi jeruk nipis yang sehat. Selain untuk tubuh, jeruk nipis juga banyak memiliki manfaat untuk kecantikan. Oleh karena itu, kebanyakan wanita pun menyukai jeruk nipis. Terus konsumsi buah agar tetap sehat ya


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below