Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?


  • Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?
    Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto: Dok. Skyler Kang/Pexels)

    Kamu sering menemukan irisan jeruk dengan kulit hijau melapisinya untuk menambahkan citarasa dan kesegaran pada jus atau minuman-minuman pelepas dahaga lainnya. Namun, selain rasa asamnya mampu menyegarkan pikiran, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk kesehatan banyak anggota tubuh, seperti kulit wajah maupun rambut.


    Jeruk nipis adalah salah satu anggota kelompok buah citrus, jadi sudah pasti memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Bahkan buah satu ini memiliki kandungan gula dan asam yang lebih tinggi dari lemon. Namun, selain kandungan vitamin C, jeruk nipis juga sumber yang baik untuk kalsium, zat besi, dan zat tembaga sehingga bisa kamu gunakan untuk atasi berbagai masalah kecantikan, termasuk rambut.




    (Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambutmu)


    Penasaran apa saja manfaat jeruk nipis yang bisa kamu gunakan untuk rambutmu? Simak daftar di bawah ini.


    1. Mengurangi ketombe


    Ketombe sudah menjadi salah satu masalah rambut yang umum dialami. Berbagai sampo anti-ketombe sudah kamu coba, tetapi belum ada yang sepenuhnya berikan hasil sesuai keinginanmu. Namun, dalam beberapa sampo, jeruk nipis menjadi salah satu bahan utama yang tertulis pada kemasan.


    Jadi mengapa tidak langsung memakai jeruk nipis untuk mengatasi masalah ketombe? Kandungan asam pada air jeruk nipis efektif dalam mengurangi ketombe pada kulit kepala. Kamu bisa menggosokkan potongan jeruk nipis langsung ke kulit kepala atau membilas rambutmu dengan air jeruk nipis. Untuk menjaga kelembapan kulit kepala, kamu bisa mencampur dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kacang almond.

    manfaat jeruk nipis untuk rambut

    (Jeruk nipis adalah pelurus alami untuk rambut. Foto: Dok. Freestocks/Pexels)


    2. Meluruskan rambut secara alami

    Kamu memiliki rambut keriting dan sulit diatur sehingga memilih untuk meluruskan rambut secara rutin. Untuk menghindari risiko kerusakan pada rambut, kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bahan pelurus alami.


    Campurkan air jeruk nipis, arrowroot powder, santan, dan minyak kelapa dalam panci, kemudian panaskan dalam api kecil. Setelah semua tercampur, diamkan satu malam. Jika kamu siap, aplikasikan pada rambut dari akar hingga ke ujung rambut, kemudian diamkan minimal satu jam. Kamu juga bisa memaksimalkan campuran tersebut dengan bantuan panas dari hair dryer atau steam rambut.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan)


    3. Membantu pertumbuhan rambut

    Manfaat jeruk nipis untuk rambut juga datang dari kandungan vitamin C di dalamnya. Air jeruk nipis sangat membantu pertumbuhan rambut dan banyak digunakan untuk mengatasi kebotakan, penipisan helai rambut, serta berbagai masalah rambut rontok.


    Namun, jeruk nipis juga bisa menyebabkan kulit kepalamu kering, untuk mengatasinya kamu juga bisa mencampurkan jeruk nipis dengan beberapa carrier oil seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kacang almond untuk mengunci kelembapan rambut.

    4. Membuat rambut tampak berkilau

    Rambut yang berkilau bisa kamu dapatkan secara alami dengan air jeruk nipis. Campuran air jeruk nipis dengan madu atau minyak zaitun bisa menjadi penolongmu untuk tampilan rambut yang lebih berkilau. Aplikasikan pada rambut sebelum kamu keramas dengan rambut yang lembap, kemudian diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.


    Lakukan secara rutin dan kamu akan mendapatkan helaian rambut yang tidak hanya berkilau, tetapi juga kuat.


    manfaat jeruk nipis untuk rambut

    (Jeruk nipis bisa digunakan menerangkan warna rambut. Foto: Dok. Roozbeh Badizadegan/Unsplash)


    5. Menerangkan warna rambut

    Jeruk nipis dapat membantu kamu yang memiliki warna rambut cokelat muda atau pirang untuk membuat warnanya lebih terang. Jeruk nipis, sama seperti lemon, memiliki kandungan alami untuk menerangkan warna rambut ketika diaplikasikan pada tiap-tiap helainya.


    Kamu cukup mencampurkan sari jeruk nipis dengan air dalam menyimpannya di botol semprot dan menyemprotkan pada rambut sebelum tidur untuk menerangkan warna rambut. Cara lain, kamu bisa mengaplikasikan langsung air jeruk nipis dan diamkan selama satu jam di bawah sinar matahari, lalu bilas hingga bersih.


    Rambutmu akan terlihat dua hingga tiga kali lebih terang dan tidak kusam. Selain memberi highlight pada rambut, kamu juga sekaligus menyehatkan kondisi rambutmu.


    (Baca Juga: Daftar Bahan-Bahan Untuk Pewarna Rambut Alami)


    Inilah manfaat-manfaat jeruk nipis yang baik untuk rambutmu. Jika kamu ingin lakukan perawatan ekstra untuk atasi masalah rambut, mungkin bisa mengintip dapur rumah (siapa tahu menemukan jeruk nipis untuk kamu gunakan). Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below