Wajib Tahu, Inilah 8 Urutan Skincare Yang Benar


  • Wajib Tahu, Inilah 8 Urutan Skincare Yang Benar
    Urutan skincare yang benar. (Foto: Dok. Polina Kovalenka/Pexels)

    Targetnya adalah mendapatkan tampilan wajah cerah, bebas dari masalah kulit, dan juga lembut. Apalagi melihat banyak foto dengan wajah-wajah “sempurna” setiap kali kamu melihat timeline media sosialmu, tentu membuatmu ingin mendapatkan tampilan wajah dengan kondisi serupa. Namun, wajah lembut dan cerah ini bukan sesuatu yang langsung didapatkan sejak lahir.


    Ada beragam langkah yang harus kamu lakukan, sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, untuk memberikan tampilan wajah cerah dan problem-free. Jika kamu memiliki wajah yang tak banyak dihadapkan masalah seperti jerawat atau flek hitam, tugasmu adalah menjaga kondisi tersebut. Sedangkan, kamu yang terus mengelus dada setiap melihat jerawat muncul, akan selalu bertualang menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.




    Apapun cara yang coba kamu terapkan, ada satu yang pasti harus kamu lakukan. Secara rutin, pagi dan malam, pastikan kamu merawat wajahmu. Skincare atau perawatan wajah yang kamu lakukan akan membantumu untuk menjaga kondisi kulit wajah dalam keadaan terbaiknya. Tak hanya dilakukan rutin, kamu pun perlu tahu urutan skincare yang benar agar kulitmu tak jadi semakin bermasalah karena perawatan yang salah.


    (Baca Juga: 


    Buat kamu yang masih bingung akan produk mana harus dipakai lebih dulu, eye cream atau pelembap? Inilah urutan skincare yang benar dan perlu kamu coba, sebelum disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.


    1. Cleanser


    Pagi atau malam, wajah harus bersih sehingga cleanser perlu menjadi langkah awal dalam rangkaian skincare-mu. Mulai dari menghapus make up hingga mencucinya, ketika wajahmu sudah bersih akan lebih mudah dan banyak produk yang terserap oleh kulit sehingga kandungannya dapat bekerja secara maksimal.


    Kamu bisa menggunakan cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water untuk mengawali proses cleansing wajahmu. Lalu, dilanjutkan dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu. Apapun produk yang kamu pilih, pastikan wajahmu bersih sebelum mengaplikasikan produk-produk berikutnya.


    2. Toner


    Langkah kedua dalam urutan skincare adalah mengaplikasikan toner. Tak sedikit orang yang melewati langkah ini, apalagi ketika harus memakai cairan berbahan dasar alkohol yang bisa sebabkan iritasi. Langkah ini menjadi salah satu step skincare yang opsional. Namun, ketika kamu ingin memasukkan dalam perawatan rutinmu, kamu bisa memakai toner dengan bahan-bahan yang lembut dan juga melembapkan.


    Selain untuk menyeimbangkan pH pada kulit, toner juga bisa membantu angkat sel-sel kulit mati dan juga menjaga kelembapan kulit. Ketika kamu ingin menjadikan toner, bagian dari perawatan kulit wajahmu, cari produk toner yang mengandung BHA atau AHA yang dapat membersihkan pori-pori tersumbat, menghindari jerawat, dan juga menghilangkan bekasnya.



    urutan skincare yang benar

    (Membersihkan wajah dengan cleanser. Foto: Dok. Polina Kovalenka/Pexels)

    3. Serum


    Pada dasarnya, serum adalah nutrisi tambahan yang bisa kamu berikan pada kulitmu. Jika kamu mengalami masalah jerawat atau ingin melembapkan kulit, serum bisa menjadi langkah berikutnya yang bisa kamu sertakan. Bisanya serum menyimpan konsentrat yang kaya akan antioksidan sehingga membantu kulit wajahmu lebih sehat ketika kamu memakainya.


    Serum dengan kandungan vitamin C menjadi salah satu yang paling dianjurkan ketika kamu ingin memakai serum dalam rangkaian skincare-mu. Dengan vitamin C, kulitmu akan terlindungi dari peradangan akibat paparan sinar UV maupun polusi udara.


    4. Eye Cream


    Urutan skincare yang benar adalah memakai krim mata atau eye cream setelah serum. Formulanya yang lebih ringan dan tipis dari pelembap wajah, pastikan kamu mengaplikasikannya sebelum krim ataupun minyak wajah lain agar dapat terserap dengan baik.


    Jika kamu memakai eye cream setelah pelembap atau face oil, akan lebih susah bagi pori-pori di area mata untuk menyerap khasiat yang diberikan. Namun, langkah ini juga bisa kamu lewati selama pelembap wajah dan sunscreen menjadi dua langkah yang tak pernah kamu lewati. Eye cream bisa jadi perawatan ekstra.


    (Baca Juga: Intip 5 Rekomendasi Produk Sunscreen Stick Lokal)


    5. Spot treatment


    Jika ada bekas jerawat atau flek hitam yang ingin kamu atasi secara langsung, spot treatment bisa jadi langkah selanjutnya. Idealnya, spot treatment dilakukan pada malam hari karena tubuh mereparasi diri paling optimal di malam hari. Namun, ketika kamu mencoba pakai retinol dalam rangkaian skincare-mu, pagi hari bisa jadi waktu yang baik untuk spot treatment sehingga kulitmu tak iritasi.


    Aplikasikan spot treatment sebelum pelembap sehingga kandungan produk dapat teresap secara maksimal dan bisa bekerja untuk mengatasi masalah-masalah pada kulit wajahmu. Oleskan tipis pada area yang ingin kamu rawat, diamkan selama satu menit hingga kering sebelum lanjut ke urutan skincare berikutnya.


    6. Pelembap


    Apapun jenis kulitmu, berminyak sekalipun, tak ada alasan untuk menjadi pelembap atau moisturizer sebagai langkah opsional. Kamu harus memakai pelembap, dua kali sehari, selalu. Meski bernama pelembap yang memiliki tugas utama untuk melembapkan kulit wajah, moisturizer punya peran untuk mengunci semua produk yang kamu pakai pada step-step sebelumnya sehingga kandungan di dalamnya dapat bekerja lebih efektif.


    Kamu cukup memilih tekstur yang sesuai dengan jenis kulitmu dan juga kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, tapi tak ada alasan untuk melewati moisturizer.


    urutan skincare yang benar

    (Mengaplikasikan face oil. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    7. Face Oil


    Langkah pilihan untuk beri kelembapan ekstra, khususnya bagi kulit kering sehingga wajah terlihat lebih halus dan lembut. Ketika kamu aplikasikan di pagi hari, ini menjadi langkah terakhir sebelum sunscreen. Namun, ketika kamu mengaplikasikannya di malam hari dan sudah terbiasa memakai retinol, face oil menjadi langkah penutup rangkaian perawatan wajahmu di malam hari.


    8. Sunscreen


    Tabir surya atau sunscreen menjadi langkah penutup dari rangkaian skincare, panjang maupun pendek. Dengan paparan sinar matahari yang terasa menusuk, rasanya kamu tahu bahwa kulitmu butuh perlindungan ekstra akan tetap terjaga kesehatannya. Sunscreen dengan kandungan SPF minimal SPF 30, bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, bekas jerawat yang menghitam, dan risiko kanker kulit.


    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


    Inilah urutan skincare yang benar dan bisa kamu coba. Jika delapan langkah terasa berlebihan, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu dan melewati beberapa langkah. Namun, kamu bisa memulai dan berpegang pada tiga langkah utama yaitu cleansing, moisturizing, dan protecting. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below