Hair & beauty

Dari Alami Sampai Operasi, Ini Cara Hilangkan Stretch Mark!

By : Her World Indonesia - 2022-12-14 18:00:02 Dari  Alami Sampai Operasi, Ini Cara Hilangkan Stretch Mark!

Bukan hanya memperhatikan kondisi kulit wajah, masyrakat khususnya para wanita sudah semakin sadar akan pentingnya menjaga kondisi dan kesehatan kulit pada badan. Hal ini juga berkaitan dengan idaman para wanita untuk mendapatkan kulit yang halus dan bersih. Dilain sisi, berbagai kondisi yang dialami para wanita seperti hamil dan perubahan berat badan drastis malah dapat menimbulkan stretch mark.

Stretch mark  merupakan guratan yang terjadi akibat peregangan pada kulit akibat peregangan yang berlebihan. Stretch mark sendiri sebetulnya merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi, tapi terkadang guratan atau garis yang muncul dapat menurunkan rasa percaya diri dari para wanita. Tidak usah khawatir bila kamu juga memiliki strech mark, berikut ini Her World rangkumkan cara yang wajib kamu coba untuk menghilangkan stretch mark. Let;s take a look!


1. Gula

(Butiran gula ampuh kurangi strtch mark. Foto: Dok. v.ivash/freepik)

Siapa yang menyangka, ternyata kamu dapat menggunakan salah satu bahan yang ada di rumah untuk membantu menghilangkan stretch mark. Gula dapat menjadi salah satu bumbu dapur yang kamu gunakan sebagai eksfoliator. Hal ini dikarenakan butiran kristal gula dapat secara efektif berperan sebagai scrub. Kamu dapat mencampur gula dengan madu, minyak kelapa, atau minyak almond lalu gosokan campuran kepada bagian tubuh yang memiliki stretch mark.


2. Aloe vera


(Aloe vera bantu melembapkan dan memudarkan strtch mark. Foto: Dok. jcomp/freepik)

Stretch mark sendiri sebenarnya merupakan salah satu kondisi saat kulit mengalami luka dan kerusakan. Dalam kondisi kulit seperti ini, aloe vera merupakan bahan alami yang dapat secara efektif membantu menenangkan dan melembapkan kulit. Pemakaian aloe vera secara rutin nyatanya dapat membantu menghilangkan stretch mark yang kamu alami.


(Baca Juga: Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Atasi)


3. Minyak zaitun


(Nutrisi minyak zaitu bantu kurangi stretch mark. Foto: Dok. freepik)

Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan ialah minyak zaitun. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi yang dimiliki minyak zaitun ialah linoleic acid yang berfungsi untuk menjaga kondisi air pada kulit. Setelah kulit terhidrasi, stretch mark akan perlahan menghilang. Nutrisi lainnya yang dimiliki oleh minyak zaitun ialah polifenol yang membantu untuk meregenerasi sel-sel kulit mati. Aplikasikan minyak zaitun sampai meresap kedaerah area tubuh yang memiliki stretch mark.


4. Lemon


(Zat asam pada lemon ampuh hilangkan stretch mark. Foto: Dok. @dashu83/freepik)

Cara efektif lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan stretch mark adalah menggunakan perasan lemon. Sifat asam yang ada pada lemon dapat membantu menyamarkan stretch mark. Cara penggunaannya juga sangat mudah, pertama yang harus kamu lakukan ialah membersihkan area stretch mark. Setelah itu gosokan perasan lemon ke area stretch mark selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat, dan ulangi cara ini setiap hari. Bila muncul tanda-tanda iritasi lebih baik untuk menghentikan pemakaian, sifat asam yang ada pada lemon terkadang dapat memberikan reaksi berlebih kepada beberapa tipe kulit.


(Baca Juga:Ini Penyebab Stretch Mark & Cara Mencegahnya, Sudah Tahu?)


5. Glycolic acid


(Gunakan produk skincare untuk kurangi stretch mark. Foto: Dok. @rawpixel.com/freepik)

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga dapat menggunakan produk skincare yang kamu miliki dirumah, dengan melakukan eksfoliasi secara kimia. Salah satu bahan yang dapat kamu gunakan ialah skincare dengan kandungan glycolic acid. Kandungan ini dapat mengeksfoliasi kulit lebih mendalam sehingga dapat memperkecil tampilan stretch mark. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sangat disarankan untuk berkonsultasi dulu kepada dermatologis untuk penggunaan produk ini.


6. Laser


(Laser bantu meregenerasi kulit dengan cepat. Foto: Dok. @ArthurHidden/freepik)

Bagi kamu yang ingin menghilangkan stretch mark secara instan, laser dapat menjadi solusi yang paling tepat. Hal ini dikarenakan efek pada laser yang menembus kulit dapat merangsang daerah sekitarnya untuk meregenerasi kulit lebih cepat. Terbukti cepat hilangkan stretch mark, ternyata metode laser tidak memberikan efek yang permanen, harga yang harus kamu keluarkan untuk menggunakan metode ini juga cukup besar.


(Baca Juga:Ini Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Intip 4 Cara Termudah Ini)


7. Operasi plastik

(Operasi plastik membuat stretch mark hilang secara permanen. Foto: Dok. ArtPhoto_studio/freepik)

Bila kamu ingin menghilangkan stretch mark dengan cepat dan juga permanen, operasi plastik merupakan cara yang terbaik. Hal ini dikarenakan operasi plastik dapat membantu kamu mendapatkan kulit sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Dilain sisi, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan operasi plastik terbilang cukup mahal.


Berikut itu Her World telah rangkumkan berbagai cara menghilangkan stertch mark mulai dari cara alami hingga operasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


(Penulis: Brigitta T.Halim)



Hair & beauty