Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Atasi


  • Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Atasi
    Wajib Tahu, Penyebab Stretch Mark Pada Remaja Dan Cara Atasi. (Foto: Dok. Chokja/iStock)

    Stretch mark atau garis-garis pada kulit bukan hanya sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil, tapi nyatanya ini juga kerap dialami oleh para remaja. Penyebab stretch mark pada remaja ini pun bermacam-macam, dan jika sudah terkena stretch mark maka cukup sulit untuk menghilangkannya.




    (Baca Juga: Tips Percaya Diri dengan Stretch Mark dan Cara Perawatannya)


    Bagian tubuh yang berpotensi mengalami stretch mark beberapa di antaranya seperti betis, pinggul, perut, lengan hingga paha. Tentu saja ini membuat kepercayaan diri jadi hilang, karena kulit kita tak semulus yang diinginkan. Sebaiknya kamu tahu dulu tentang penyebab stretch mark agar bisa menanganinya dengan tepat.


    Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya garis-garis pada kulit. Apa saja? Yuk simak!


    1. Berat Badan yang Naik

    penyebab stretch mark pada remaja

    (Berat badan naik dapat menimbulkan terjadinya stretch mark karena kulit menjadi melebar. Foto: Dok. Darina Belonogova/Pexels)

    Berat badan yang naik mungkin disyukuri oleh sebagian besar orang, tapi nyatanya hal ini bisa menimbulkan terjadinya stretch mark, lho. Kenaikan berat badan menjadikan kulit melebar dan pastinya berkontraksi dengan cepat, di mana pelebaran yang terjadi dikarenakan berat yang naik secara signifikan dalam rentang waktu yang sangat cepat.


    2. Olahraga yang Dapat Meningkatkan Ukuran Otot

    Stretch mark pada remaja juga bisa disebabkan karena olahraga yang dapat meningkatkan ukuran otot, khususnya di bagian paha. Khususnya jika olahraga tersebut dilakukan dengan cara yang sangat intens. Paha dan juga lengan dapat mengalami peningkatan massa otot yang terlampau cepat, dan di sinilah stretch mark kerap kali terjadi.

    Stretch tentu saja bukanlah hal yang diinginkan oleh banyak wanita. Karena mereka ingin mendapatkan kulit yang mulus dan bersih. Oleh karenanya mulai dari sekarang mulai atur intensitas olahraga dan juga penuhi nutrisi dengan seimbang. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan pelembab pada kulit secara rutin.


    3. Masa Pubertas

    Masa pubertas memang sangat wajar dialami oleh setiap remaja. Di sini biasanya mereka mengalami pertumbuhan dan perubahan fisik yang teramat cepat. Saat ini juga produksi kolagen akan semakin banyak, sehingga menjadikan kulit lebih elastis lagi.

    Ketika terjadi beberapa perubahan seperti pinggul yang semakin melebar, kulit jadinya harus meregang dengan cepat pula. Ketika produksi kolagen kalah dengan proses pertumbuhan bagian tubuh, maka kulit yang kehilangan elastisitas ini akan mengalami stretch mark.


    (Baca Juga: Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh)


    4. Terjadinya Kondisi Medis Tertentu

    Selain beberapa hal di atas, penyebab stretch mark pada remaja juga bisa dikarenakan kondisi medis tertentu. Contohnya saja seperti sindrom Marfan serta sindrom Curshing.

    Sindrom Marfan sendiri menjadikan elastisitas kulit semakin menurun, sedangkan sindrom Curshing bisa produksi terlalu banyak hormon yang mampu tingkatkan berat badan. Tentu kenaikan berat badan ini juga akan berpengaruh untuk kulitmu.


    Cara Untuk Mengatasi Stretch Mark Pada Remaja

    Selain membahas tentang penyebab, juga akan ada tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stretch mark. Salah satunya dengan penggunaan bahan-bahan alami seperti berikut ini!


    1. Gula

    Gula dipercaya bisa memudarkan stretch mark karena dianggap sebagai metode mikrodermabrasi naturopati yang juga sering dilakukan oleh beberapa dokter kulit. Metode mikrodermabrasi naturopati ini sudah teruji klinis mampu membuat stretch mark berkurang. Caranya juga sangat mudah dilakukan.

    Kamu hanya perlu menyiapkan satu cangkir gula dengan ¼ cangkir senyawa pelembut seperti misalnya minyak kelapa atau minyak almond. Kemudian tambahkan perasan lemon dalam bahan tersebut lalu gosokkan pada kulit yang ada stretch mark-nya. Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi agar hasilnya maksimal.


    2. Minyak Kelapa

    penyebab stretch mark pada remaja

    (Oleskan minyak kelapa pada bagian yang terdapat stretch mark. Foto: Dok. Tz.dhanjit/Pexels)

    Bahan lain yang dapat kamu gunakan ialah minyak kelapa, di mana bahan ini konon bisa mempercepat penyembuhan pada luka di kulit. Kamu bisa oleskan minyak ini pada bagian kulit yang ada stretch mark-nya, tapi ingat untuk jangan menggunakan minyak kelapa jika kamu punya reaksi alergi. Lebih baik memilih bahan lain yang terbukti aman untukmu.


    3. Lidah Buaya

    penyebab stretch mark pada remaja

    (Lidah buaya memiliki banyak khasiat. Foto: Dok. Sundaemorning/iStock)

    Lidah buaya memang sangat banyak manfaatnya bagi kulit, sehingga tak heran jika bahan ini juga termasuk yang dapat memudarkan stretch mark. Meski belum banyak penelitian tentang khasiatnya, tapi kamu bisa coba mengoleskan gel lidah buaya saat mandi dan lihat hasilnya setelah itu.


    (Baca Juga: Ini Tanda Kulit Dehidrasi yang Patut Diketahui)


    Untuk menghindar dari penyebab stretch mark pada remaja, kamu harus selalu menerapkan pola hidup sehat. Khususnya selalu mengonsumsi air putih dan makan sayur-sayuran yang bergizi untuk kulit. Melakukan perawatan kulit secara alami dari dalam mampu mencegah stretch mark terjadi dan menjadikan kulit lebih sehat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below