Hair & beauty

7 Makanan Ini Bisa Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

By : Vanessa Masli - 2022-12-08 19:00:02 7 Makanan Ini Bisa Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Untuk menjaga tubuh dan penampilannya, penting merawatnya tak hanya dari luar tapi juga dari dalam. Hal ini juga berlaku bagi rambut, apalagi kalau kamu ingin memanjangkan rambut dengan cepat. Tak hanya ragam sampo yang harus dicoba atau masker rambut yang rutin dipakai, apa yang kamu makan juga memiliki pengaruh.


Ada beragam makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memanjangkan rambut dalam waktu relatif cepat. Di bawah ini, Her World merangkum beberapa makanan yang bisa memanjangkan rambutmu dengan cepat. Penasaran apa saja?


1. Telur



(Telur jadi sumber protein yang dibutuhkan rambut. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Kalau kamu rutin mengonsumsi telur setiap hari berarti ada langkah tepat yang sudah diambil buat memanjangkan rambut. Dalam sebuah telur, ada kandungan protein dan biotin yang menjadi dua nutrisi esensial untuk pertumbuhan rambut. Sebab, folikel-folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein.

Selain mendorong pertumbuhan, kandungan lain dalam telur juga bisa mengoptimalkan perlindungan dan kesehatan rambutmu.


2. Bayam



(Bayam bisa jadi sumber vitamin A untuk rambut. Foto: Dok. Jacqueline Howell/Pexels)


Buat kamu pencinta sayur dan memiliki misi untuk memanjangkan rambut dalam waktu singkat, bayam bisa jadi menu pilihanmu. Sayuran hijau satu ini menyimpan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Mulai dari vitamin A hingga zat besi, rambut mendapatkan asupan yang cukup dan tepat untuk bertumbuh.


Dengan mengonsumsi 30 gram bayam, kamu memberikan tubuh asupan vitamin A sebanyak 20 persen dan bermanfaat juga bagi rambut. Plus, zat besi dalam bayam bisa mendorong pertumbuhan sekaligus perbaikan rambut.


3. Salmon



(Salmon bisa dinikmati di atas roti panggang untuk sarapan. Foto: Dok. Geraud Pfeiffer/Pexels)


Selain telur, kamu juga bisa mendapatkan sumber protien dari ikan berlemak seperti sarden, makerel, tuna, dan juga salmon. Ikan satu ini bisa menjadi asupan nutrisi untuk rambut panjang, kuat, dan berkilau. Mulai dari kandungan asam lemak omega 3 hingga ragam vitamin B, salmon bisa jadi pilihan untuk kamu makan.


Kamu juga bisa mengolah salmon dalam berbagai versi, mungkin dipanggang di oven, pan-fried di teflon, atau dikombinasikan dengan salad. Apapun versinya, kamu tetap merasakan manfaat salmon yang sama untuk kesehatan rambutmu.


(Baca Juga: Makanan Sebabkan Bau Apek Pada Rambut? Ini Penyebab Lainnya)


4. Mangga



(Buah mangga juga simpan manfaat untuk panjangkan rambut. Foto: Dok. Roman Odintsov/Pexels)


Bisa dimakan langsung atau dijadikan rujak, mangga punya manfaat yang membuatnya sebagai salah satu makanan yang bisa memanjangkan rambut dengan cepat. Dengan mengonsumsi mangga, kulit kepalamu akan mendorong sel-sel rambut untuk bertumbuh lebih cepat plus menambah produksi sel-sel di akar rambut.


5. Pepaya



(Pepaya kaya akan vitamin C untuk melindungi rambut. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Memiliki manfaat serupa dengan buah jeruk, tapi mungkin tak banyak yang menikmati. Pepaya menjadi salah satu buah yang bisa memanjangkan rambut dalam waktu yang cepat. Kandungan vitamin C di dalamnya menjadi pendorong sekaligus pelindung kolagen-kolagen dalam tubuh, termasuk di rambut.


Kamu cukup mengonsumsi satu mangkuk buah pepaya dan sudah bisa merasakan vitamin di dalamnya bekerja untuk kesehatan sekaligus penampilanmu. Selain vitamin C, buah pepaya juga tinggi kandungan fiber dan karotenoid yang dikenal baik untuk kesehatan kulit kepala.


6. Alpukat



(Alternatif lemak baik yang dibutuhkan tubuh dan rambut. Foto: Dok. Ready Made/Pexels)


Kandungan lemak sehat lain yang juga enak dan tak kalah penting adalah alpukat. Tak hanya bagi tubuh, alpukat juga beri dampak baik untuk pertumbuhan rambut. Sumber vitamin E yang baik ini juga mendorong pertumbuhan rambut dan melindunginya dari radikal bebas.


Dengan mengonsumsi alpukat berukuran sedang atau sekitar 200 gram, kamu memberikan tubuh 28% asupan vitamin E setiap harinya. Plus, vitamin E juga mengurangi kemungkinan rambut rontok akibat radikal bebas atau stres.


7. Tiram



(Tiram jadi sumber mineral seng yang cocok untuk tubuh dan rambut. Foto: Dok. Rachel Claire/Pexels)


Buat kamu pencinta seafood, you’re going to love this. Agar rambut bisa panjang dengan cepat, kamu bisa mengonsumsi tiram alias oyster. Tiram menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akan seng. Setidaknya satu tiram ukuran sedang bisa memenuhi kebutuhan seng bagi wanita.


Seng menjadi sumber mineral yang baik untuk mendorong pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan yang ada. Kekurangan seng dalam tubuh juga memicu kerontokkan rambut, tapi kalau kelebihan justru bisa jadi racun. Jadi penting untuk mengonsumsi tiram atau suplemen yang mengandung seng sesuai kebutuhan.


(Baca Juga: Anti Gagal, Ini Cara Memakai Jedai Agar Rambut Bergelombang)


Itu dia beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Semoga bermanfaat!


Hair & beauty