Hair & beauty

Makanan Sebabkan Bau Apek Pada Rambut? Ini Penyebab Lainnya

By : Her World Indonesia - 2022-11-15 13:00:02 Makanan Sebabkan Bau Apek Pada Rambut? Ini Penyebab Lainnya

Sebelum memulai menjalankan aktivitas para perempuan pasti mempersiapkan dirinya terlebih dahulu. Mulai dari penampilan, pakaian, riasan, sampai yang tidak boleh tertinggal ialah rambut. Rambut yang bersih dan segar pastinya juga menunjang para wanita dalam beraktivitas lebih percaya diri. Namun, kondisi rambut yang diharapkan tidak selalu terjadi setiap harinya. Kamu pasti pernah dihadapkan dengan kondisi rambut yang susah diatur bahkan tiba-tiba menimbulkan bau yang apek meskipun kamu merasa kebersihan rambut tetap terjaga.

Pada faktanya, banyak penyebab yang dapat berpengaruh kepada kondisi rambut ini. Berikut ini Her World rangkumkan penyebab dari bau apek pada rambut. Let’s take a look!


1. Rutin berolahraga

(Rutin berolahraga dapat sebabkan rambut apek bila tidak rutin keramas. Foto: Dok. benzoix /Freepik)

Apakah kamu merupakan orang yang rutin untuk melakukan olahraga? Kalau iya, artinya kamu juga harus rutin untuk mencuci rambut. Hal ini dikarenakan saat sedang berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat yang secara tidak langsung akan bercampur dengan bakteri yang ada di kulit kepala. Kondisi ini dapat menimbulkan bau tidak sedap pada rambut dan kulit kepala kamu. Sebenenarnya tidak ada yang salah dengan berolahraga secara rutin, tapi janga lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.


2. Terlalu sering keramas

(Terlalu sering keramas dapat memunculkan minyak berlebih. Foto: Dok. valuavitaly/Freepik)

Kermas merupakan kegiatan yang memang wajib dilakukan agar terhindar dari bau apek pada rambut. Dilain sisi, terlalu sering keramas juga tidak baik bagi rambut dan kulit kepala kamu. Hal ini dikarenakan penggunaan produk shampo terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan menimbulkan kondisi kulit kepala yang kering. Kondisi ini memicu kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak yang malah dapat menimbulkan bau apek. Keramas lah secara cukup dengan memperhatikan kondisi kulit kepala dan rambut kamu.


(Baca Juga: Ketahui 6 Cara Merawat Rambut Berminyak)



3. Polusi

(Polusi bantu sebabkan rambut apek. Foto: Dok. wirestock/Freepik)

Polusi ternyata bukan hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh kamu. Faktanya polusi yang sering kamu temui setiap hari juga menjadi salah satu penyebab bau apek pada rambut. Udara yang terlalu panas maupun kering secara tidak sengaja akan memicu produksi minyak lebih banyak lagi, Bukan hanya itu, asap yang ditimbulkan oleh polusi akan meniinggalkan bau di rambut, yang membuat rambut menjadi apek.


4. Makanan

(Tubuh ternyata dapat bereaksi dengan apa yang dimakan. Foto: Dok. Freepik)

Siapa yang menyangka kalau makanan yang kamu makan ternyata juga dapat mempengaruhi bau rambut yang apek. Hal ini dikarenakan tubuh khususnya kulit kepala dapat bereaksi kepada jenis makanan yang memiliki bau yang kuat. Beberapa contohnya ialah bawang merah dan bawang putih yang ternyata memiliki kandungan minyak yang dapat dikeluarkan melalui kulit kepala.


(Baca Juga: Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak)


5. Perubahan hormon

(Hormon memiliki pengaruh terhadap bau apek pada rambut. Foto: Dok. Freepik)

Perubahan hormon khususnya yang sering dialami oleh para wanita, menjadi salah satu penyebab dari munculnya bau apek pada rambut. Hal ini dikarenakan perubahan hormon juga berpengaruh terhadap perubahan jumlah produksi minyak di kulit kepala.


6. Terlalu lama menggunakan penutup kepala


(Penutup kepala menghambat sirkulasi udara dikulit kepala. Foto: Dok. tirachardz/ Freepik)

Menggunakan penutup kepala terlalu lama ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab dari munculnya bau tidak sedap pada rambut. Terkadang diantara kamu juga pasti tidak sadar dengan kondisi ini. Menggunakan topi, helm atau hijab dalam waktu yang lama dapat menghambat sirkulasi pada area rambut dan kulit kepala. Sirkulasi yang buruk ini dapat membuat kulit kepala untuk memproduksi keringat dan minyak rambut yang lebih banyak lagi, sehingga menimbulkan bau apek.


(Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)


Berikut itu telah Her World rangkumkan penyebab dari bau apek pada rambut. Semoga bermanfaat!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty