Hair & beauty

Anti Gagal, Ini Cara Memakai Jedai Agar Rambut Bergelombang

By : Her World Indonesia - 2022-11-17 14:00:02 Anti Gagal, Ini Cara Memakai Jedai Agar Rambut Bergelombang

Wanita Indonesia sudah tidak asing lagi dengan aksesori rambut satu ini, yaitu jedai atau ‘jepit badai’. Yup, sesuai dengan namanya, saat dikenakan jedai bisa membuat rambutmu lebih bergelombang, anti lepek, dan tentunya ‘badai’ untuk seharian.

Berkat bentuknya yang ringan, jedai menjadi aksesori rambut yang wajib dibawa kemanapun oleh para wanita. Tidak hanya itu, jedai juga memiliki beragam bentuk dan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan outfit kamu! Beberapa orang bahkan sengaja mengenakan aksesori jedai untuk meningkatkan penampilan.

Meski cara penggunaannya terbilang mudah, ada beberapa tips dan trick untuk memakai jedai dengan benar agar rambut bergelombang bisa lebih awet. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.


Jenis Jedai

(Jenis jedai Hercules. Foto: Dok. jedaiherculesofficial/Instagram)

Sebelum membahas cara penggunaan jedai yang benar, terlebih dahulu kamu harus menentukan jenis jedai apa yang cocok untukmu. Selain desainnya, hal yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran jedai dan bentuk gerigi yang dimilikinya.

Jika kamu memiliki rambut panjang dan lebat, lebih baik memilih jedai dengan gerigi tebal dan ukuran besar, umumnya 6-10cm. Sebaliknya, jika kamu memiliki rambut pendek atau cenderung tipis, kamu bisa menggunakan jedai dengan ukuran kecil (mini) sepeti 3cm.


(Jenis hair claw Korea. Foto: Dok. Shopee)

Jenis jedai yang banyak dijual di Indonesia dan luar negeri juga berbeda, lho. Wanita Indonesia umumnya menggunakan jenis jedai dengan 3 gerigi, seperti yang dipromosikan oleh brand jedai lokal Jedai Hercules. Berkat klaim mereka yang tahan banting, brand jedai satu ini sempat viral di sosial media.

Jika kamu ingin mencari jenis jedai lainnya, kamu bisa mengintip jedai yang sering dipakai oleh wanita Korea atau Jepang. Di luar Indonesia, jedai disebut sebagai hair claw. Bentuk dan desainnya pun juga beragam, mulai dari berbahan logam hingga memiliki gerigi yang unik. Jenis hair claw ini bisa menjadi pelengkap outfit kamu yang kece!


(Baca Juga: Makanan Sebabkan Bau Apek Pada Rambut? Ini Penyebab Lainnya)


Keunggulan Jedai


(Keunggulan Jedai. Foto: Dok. Brittany Schauer Photography/iStock)

Secara istilah, jedai atau ‘jepit badai’ adalah aksesori rambut berbentuk jepit dengan gerigi yang berfungsi untuk menggulung rambut dan membuat posisi tergulungnya tahan lama. Jedai menjadi aksesori rambut favorit para wanita karena bisa menghasilkan rambut yang lebih bergelombang tanpa perlu menggunakan catokan. Selain itu, jedai juga memiliki banyak kegunaan lain, lho.

1. Praktis dan Mudah

Jika kamu ingin rambut bergelombang tanpa repot menggunakan catokan atau hair dryer, jedai adalah solusimu. Mudah dan praktis untuk digunakan, jedai cocok bagi kamu yang ingin menghemat waktu tetapi tetap ingin rambut terlihat bagus. Selain itu, jedai yang berbentuk ringan juga mudah dibawa kemanapun.

2. Rambut Bergelombang Alami

Menggunakan catokan yang terlalu panas atau berlebihan bisa merusak rambut, lho. Solusinya adalah menggunakan alternatif jedai untuk memberikan gelombang pada rambutmu secara alami. Tidak merusak rambut, gelombang yang dihasilkan oleh jedai juga terlihat lebih natural.

3. Stylish

Banyak wanita membeli jedai karena bentuk dan motifnya yang menarik. Memiliki beragam pilihan warna, jedai juga bisa menjadi aksesori untuk melengkapi outfit kamu agar terlihat lebih stylish dan trendy.

4. Cocok Untuk Semua Jenis Rambut

Tidak perlu takut, jedai cocok digunakan untuk semua jenis rambut mulai dari panjang hingga pendek. Meski begitu, jedai juga memiliki keunggulan lebih pada pemilik rambut tipis, yaitu bisa memberikan efek rambut lebih tebal dan bervolume.


(Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Kuas Makeup yang Mudah Dan Benar)


Cara Memakai Jedai


(Cara memakai jedai agar rambut bergelombang. Foto: Dok. All Things Hair)

Jika kamu masih asing dengan jedai, jangan khawatir! Berikut adalah cara memakai jedai agar rambut bergelombang, anti gagal, dan tentunya terlihat lebih bervolume dan sehat. Ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Sebelum menggunakan jedai, ada baiknya kamu merapikan atau menyatukan rambut terlebih dahulu menggunakan sisir dengan gigi yang rapat.

2. Setelah rambut terkumpul dengan rapi, perlahan-lahan gulung rambutmu dari ujungnya ke arah dalam untuk menciptakan gelombang yang cantik.

3. Setelah rambut tergulung dengan baik, jepit rambut dengan jedai pilihanmu. Pastikan jedai terpasang sempurna agar tidak mudah jatuh. Kamu juga bisa menyemprotkan hairspray ke area rambut yang sudah dijepit agar gelombang bisa lebih awet.

4. Tunggu selama 1-2 jam sebelum melepas jedai untuk melihat hasil yang maksimal. Sambil menunggu, kamu bisa mengerjakan aktivitas lain bahkan berolahraga.


Berikut adalah cara menggunakan jedai agar rambut bergelombang secara alami, rapi, dan cantik. Gimana, sudah tertarik mencoba?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty