Life & health

Mudah Mengantuk dan Lelah? Ketahui Berbagai Penyebabnya

By : Her World Indonesia - 2022-11-14 19:00:01 Mudah Mengantuk dan Lelah? Ketahui Berbagai Penyebabnya

Mengantuk dan merasa lelah merupakan salah satu hal yang wajar terutama bila kamu selesai beraktivitas ataupun mengalami hari yang panjang, ini juga sangat manusiawi untuk dirasakan. Saat kedua hal itu terjadi kamu bisa mengambil jeda dahulu untuk beristirahat atau sekedar mengembalikan energi dari semua kesibukan. Seharusnya, setelah mengambil waktu beristirahat kamu akan lebih merasakan segar kembali. Bila rasa lelah dan mengantuk terus muncul meskipun kamu sudah beristirahat, berarti ada penyabab lain yang harus kamu cari tahu.


Berikut ini Her World rangkumkan penyebab mudah mengantuk dan lelah. Let’s check this out!


1. Buruknya kualitas tidur

(Kualitas tidur yang buruk menyebabkan kelelahan dan ngantuk saat beraktivitas. Foto: Dok. rawpixel.com /Freepik)

Apakah kamu merasa tetap lelah dan mengantuk setelah sudah tidur beberapa kali? Mungkin ini bukan tentang seberapa sering kamu tidur, tetapi mengenai kualitas tidur kamu yang buruk. Buruk nya kualitas tidur dapat sangat berpengaruh kepada stamina tubuh. Hal ini dikarenakan pada saat tidur tubuh tetap bekerja untuk meregenerasi sel, karena itu bila kualitas tidur kamu kurang baik akan tetap menimbulkan rasa lelah. Kualitas yang buruk pada tidur ini sendiri juga dapat menyebabkan insomia yang dapat mengganggu kesehatan kamu.


2. Terlalu banyak kafein

(Kafein yang berlebih dapat merusak siklus tidur. Foto: Dok. topntp26/Freepik)

Siapa yang diantara kamu sangat suka untuk minum kopi atau jenis kefein lainnya, terutama bila sedang mengantuk. Hal ini dikarenakan efek kopi yang dapat memberikan energi secara instan. Berbeda dengan yang sering kita ketahui, ternyata terlalu banyak mengonsumsi kopi dan kafein lainnya malah memberikan efek yang buruk kepada kualitas tidur kamu. Sebuah penelitian juga membuktikan, para wanita yang tidak meminum kafein memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi terlalu banyak kafein.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk, Bukan Dengan Kopi)


3. Obesitas

(Obesitas juga berpengaruh terhadap siklus tidur Foto: Dok. studioredcup/Freepik)


Keadaan obesitas atau kelebihan berat badan, ternyata dapat menjadi salah satu penyebab dari mudahnya lelah dan mengantuk. Hal ini terjadi karena kondisi obesitas dapat secara langsung menggangu siklus tidur yang bisa menyebabkan kelelahan di siang hari. Melihat hal ini jangan lupa untuk menjalani pola makan yang sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal


4. Terlalu banyak alkohol

(Alkohol yang berlebih dapat mengurangi jam tidur Foto: Dok. jcomp/Freepik)

Apakah kamu salah satu peminum alkohol dan sedang mengalami kantuk dan lelah terus menerus? Mungkin ini adalah salah satu tanda bahwa kamu mengonsumsi alkohol terlalu banyak dan sering. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan rusaknya siklus tidur, mempersingkat jam tidur, memperburuk kualitas tidur, bahkan sampai membuat kamu mudah terbangun di malam hari. Berbagai kondisi ini akan menyebabkan kelelahan saat sedang beraktivitas di siang hari.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja)



5. Diet yang tidak sehat

(Diet yang tidak sehat dapat menyebabkan kelemasan pada tubuhFoto: Dok. jcomp/Freepik)


Berhati-hati saat sedang melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal! Masih banyak orang yang memiliki pandangan yang salah mengenai pola makan yang dilakukan saat melakukan diet. Melakukan program diet bukan berarti makan sesedikit mungkin, melainkan menjaga kalori tubuh agar tidak melewati batas yang tubuh butuhkan. Pola diet yang salah bukan hanya dapat menimbulkan penyakit tetapi memberikan efek lelah pada kamu. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup kalori dan nutrisi, tubuh akan memecah otot dan lemak untuk memenuhi kebutuhan energi. Kondisi ini dapat mengurangi berkurangnya lemak dan masa otot yang berakibat pada kelelahan atau kelemasan.


6. Depresi

(Keadaan depressi dapat merusak siklus tidur Foto: Dok. jcomp/Freepik)


Depresi atau kondisi mental lainnya yang sedang menggangu dapat menimbulkan rasa kantuk dan lelah terus menurus. Hal ini terjadi karena tidak adanya semangat untuk menjalani hari dan aktivitas, selain itu terlalu stress dan overthinking dapat menyebabkan kesulitan tidur di malam hari yang menyebabkan kelelahan saat sedang beraktivitas.


(Baca Juga: Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


Berikut itu telah Her World rangkumkan berbagai penyebab dari mudah mengantuk dan lelah yang mungkin sedang kamu alami. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health