Cara Menghilangkan Ngantuk, Bukan Dengan Kopi


  • Cara Menghilangkan Ngantuk, Bukan Dengan Kopi
    Ngantuk bisa kita rasakan di mana saja. (Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    Setiap dari kita pasti pernah mengalami ngantuk. Wajar karena itu menandakan tubuh kita membutuhkan istirahat, terutama tidur. Tapi, ngantuk tidak selalu berarti itu, ngantuk bisa juga berarti tubuh kita kurang oksigen. Karena itu, pastikan kebutuhan tidur delapan jam tercukupi dan juga oksigen, salah satunya dengan cara rutin latihan pernafasan dalam.


    Ngantuk juga sering terjadi saat kita sedang melakukan kegiatan seperti belajar, bekerja, ataupun menonton tv. Tidak mengherankan karena dalam kegiatan itu kita sering terjebak rasa bosan yang nantinya membuat kita mengantuk. Tapi tentu saja saat kita tidak bisa menmigehntikan kegiatan tersebut, kita yang harus menghilangkan kantuk. Terdapat beberapa cara menghilangkan ngantuk di bawah ini, untuk kita yang harus tetap beraktivitas.




    1. Tidur siang

    cara menghilangkan ngantuk

    (Tidur siang untuk menghilangkan ngantuk bisa dilakukan di sofa saja. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


    Sempatkanlah tidur siang ketika memungkinkan. Jika kita memiliki kegiatan yang tidak terlalu menyibukkan dan bisa mengosongkan waktu setidaknya sejam, manfaatkanlah waktu tersebut untuk tidur siang. Pasti saat kecil, kita ingat saat disuruh untuk tidur siang, dimana hal itu tidak kita sukai. Seiring bertambahnya umur, kita merasa bahwa tidur siang itu penting. 

    Ada yang disebut dengan power nap. Kita bisa melakukan power nap atau tidur selama 10 sampai 20 menit. Jika memungkinkan, pastikan kita tidur tidak di atas jam tiga, karena malah bisa mengganggu tidur malam kita. Dengan tidur siang sebentar, kita juga bisa mendapatkan manfaatnya, seperti menjernihkan fikiran, mengutangi stres, menurunkan tekanan darah, dan lainnya.


    2. Minum air putih

    Saat merasa ngantuk, pasti banyak dari kita yang langsung beralih ke kopi. Tapi ketahuilah, mungkin tubuh kita itu membutuhkan cairan. Meskipun kopi juga termasuk cairan, penuhi kebutuhan itu dengan air putih yang setiap harinya memang dibutuhkan oleh tubuh. Membutuhkan cairan bisa mengakibatkan kita merasa lelah.

    Lelah membuat kita menjadi ngantuk. Dengan minum banyak air putih, tubuh kita tidak hanya akan terhidrasi, tapi air putih juga bekerja menormalkan kembali sel-sel tubuh yang merasa dehidrasi dan kelelahan tersebut. Kita bisa memilih untuk minum air putih dingin juga agar lebih merasa segar, tanpa perlu khawatir pada tubuh kita. Kecuali sedang sakit flu atau batuk, kita bisa minum air putih dingin untuk coba hilangkan ngantuk.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja)


    3. Olahraga ringan

    cara menghilangkan ngantuk

    (Olahraga ringan atau peregangan sebentar efektif untuk hilangkan ngantuk. Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)


    Olahraga memang berkaitan dengan banyak hal, tidak hanya kesehatan. Olahraga selain itu juga membuat kualitas tidur lebih baik, karena saat kita berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang melepaskan stres dan membuat kita lebih bahagia. Dengan tidak stres, tentu kita bisa tidur lebih nyenyak yang membuat kualitasnya jadi lebih baik.

    Rasa ngantuk yang menyerang juga bisa kita atasi dengan berolahraga ringan. Olahraga jalan kaki yang singkat saja sudah mampu menghilangkan ngantuk ini. Atau, kita bisa juga melakukan peregangan dan keluar sebentar untuk menghirup udara segar. Saat tubuh bergerak, itu bisa mengembalikan lagi energi. Tubuh juga akan memompa hormon dan zat-zat kimia dalam darah. 


    4. Mengobrol

    Sama seperti berolahrga, dengan mengobrol juga bisa membuat rasa ngantuk seketika hilang. Saat kita sudah berada dalam keadaan yang nyaman, itu akan membuat kita tertidur lebih cepat. Untuk itu, kita butuh untuk melakukan kegiatan agar bisa “on” lagi. Dengan mengobrol tentu saja otak kita akan dipaksa untuk berfikir dalam melakukan pembicaraan walau mata kita ngantuk.

    Sesuaikan dengan keadaan di tempat kita berada. Jika sedang berada di kantor atau kampus, kita bisa mengajak obrol teman kita langsung dengan mendatangi mereka. Tapi jika sedang sendiri, kita bisa menelfon sahabat dekat kita sebentar, setidaknya hanya untuk menghilangkan ngantuk itu. Kita juga bisa basa basi untuk mengobrol dengan orang yang ada di sekitar jika dua skenario sebelumnya tidak memungkinkan.


    (Baca Juga: Sudah Terbukti! Ini Kiat Jitu Cegah Ngantuk Saat Puasa)


    Minum kopi pasti banyak dari ktia sudah tahu bahwa itu cara menghilangkan ngantuk. Tapi, dengan empat kegiatan di atas juga bisa menghilangkan ngantuk. Kegiatan ini juga akan sangat bermanfaat untuk mereka yang bukam peminum atau memang tidak boleh meminum kopi. Tapi bagaimanapun juga, tetap cukupi kebutuhan tidur per hari sebisa mungkin ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below