Hair & beauty

Sudah Mulai Muncul? Wajib Tahu Faktor Penyebab Ubanan!

By : Her World Indonesia - 2022-11-11 19:00:02 Sudah Mulai Muncul? Wajib Tahu Faktor Penyebab Ubanan!

Semakin bertambahnya usia, beberapa wanita pasti mengalami perubahan warna rambut menjadi warna putih atau yang bisa dibilang juga sebagai uban. Uban sendiri sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi saat sudah mulai memasuki usia dewasa. Tenyata pada faktanya yang terjadi ternyata uban tidak hanya disebabkan karena penambahan umur, tapi juga banyak faktor lainnya. Berikut ini Her World rangkumkan penyebab dari munculnya uban. Let’s take a look!

1. Genetik

(Genetik salah satu penyebab rambut beruban. Foto: Dok. Lifestylememory/Freepik)

Jangan bingung bila rambut beruban kamu sudah mulai muncul meskipun belum memasuki usia yang terlalu dewasa. Hal ini dikarenakan, rambut beruban dapat muncul sebab faktor genetik atau turun menurun. Tidak ada yang salah dengan penyebab genetik yang satu ini. Cara termudah untuk mengetahui bahwa uban berasal dari faktor genetik ialah dilihat dari orang tua mapun kakek nenek yang juga mengalami pertumbuhan uban sejak dini.


2. Terlalu banyak merokok


(Merokok dapat membantu menimbulkan uban. Foto: Dok. wirestock/Freepik)

Siapa yang sangka bahwa merokok bukan hanya memiliki pengaruh kepada kesehatan paru-paru, tapi juga penumbuhan uban. Hal ini dikarenakan kebiasaan terlalu sering merokok dapat mengecilkan pembuluh darah ke folikel yang menyebabkan kerusakan pada folikel. Kerusakan ini dapat menyebabkan munculnya uban hingga kerontokan rambut. Pernyataan ini juga didukung dari penelitian yang membuktikan bawha merokok dapat menimbulkan munculnya uban dua setengah kali lebih cepat terutama untuk mereka di bawah usia 30 tahun


(Baca Juga: Penyebab Ubanan Di Usia Muda)


3. Kondisi kesehatan


(Kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi perubahan warna rambut. Foto: Dok. Freepik)

Kondisi kesehatan ternyata juga dapat berpengaruh terhadap munculnya uban. Beberapa penyakit memiliki efek langsung terhadap hilangnya pigmen atau warna pada rambut. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kondisi ini ialah vitiligo yaitu kondisi autoimun yang dapat mengurangi warna pada rambut dan kulit. Serta beberapa penyakit lainnya termasuk kekurangan vitamin B12


4. Efek Pengobatan


(Efek yang dihasilkan dari pengobatan medis jadi salah satu penyebab uban. Foto: Dok. SHVETS production/Freepik)


Masih dari dunia medis, hal lain yang dapat menyebabkan munculnya uban ialah efek dari pengobatan. Efek dari pengobatan ini dapat berupa kemoterapi atau obat malaria yang memiliki efek samping meneekan produksi pigmen. Pigmen yang rendah ini dapat menyebabkan rambut perlahan berubah warna menjadi putih.


(Baca Juga: Ternyata 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambutmu Rontok!)


5. Efek dari pemutih gigi

(Kandungan yang terdapat pada pemutih gigi dapat mengurangi pigmen. Foto: Dok. ShinyDiamond/Pexels)


Siapa yang menyangka bahwa produk untuk memutihkan gigi yang biasanya terdapat dalam pasta gigi pemutih juga berpengaruh kepada munculnya uban. Hal ini ternyata sudah dibuktikan melalui penelitian terhadap kandungan hidrogen peroksida yang terdapat di pasta pemutih gigi dapat mematikan melanosit yang menyebabkan hilangnya pigmen dan menyebabkan kemunculan uban. Melihat efek dari hal ini, lebih baik untuk lebih bijak dalam memilih pasta gigi bukan hanya untuk mendapatkan gigi yang sehat tetapi rambut yang sehat.


6. Stres


(Stress dapat memicu munculnya uban. Foto: Dok. Kat Smith/Pexels)


Apakah pekerjaan atau kondisi sekitarmu sedang sangat melelahkan dan membuat stres? Mungkin kamu harus berhati-hati, kondisi stres yang berlebih dapat dengan mudah memicu munculnya uban lebih cepat. Hal ini bisa lebih mudah dipicu terutama bila kamu memiliki faktor genetik dan kebutuhan vitamin dalam tubuh tidak dipenuhi dengan maksimal.


(Baca Juga: Rambut Mengembang Setelah Keramas? Ini 7 Cara Mudah Atasinya)


7. Terlalu lama di bawah sinar matahari


(Paparan sinar uv yang terlalu lama dapat memperbanyak tumbuhnya uban. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Bila kamu termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, mungkin kamu mulai harus lebih memperhatikan kesehatan rambut. Paparan sinar matahari yang terlalu lama kepada rambut dapat menyebabkan semakin banyaknya uban yang muncul. Gunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk menccegah kerusakan dan penuaan kepada rambut.


Berikut itu telah Her World rangkumkan berbagai penyebab dari munculnya uban. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty