Hair & beauty

Ternyata 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambutmu Rontok!

By : Vanessa Masli - 2022-11-09 13:00:02 Ternyata 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambutmu Rontok!

Rambut rontok itu normal. Setiap hari, rambut melepaskan 50-100 helai sebagai proses regenerasi selnya. Namun, menjadi tak normal, saat rambutmu rontok terlalu sering dan jumlahnya relatif banyak. Itulah yang tak jarang jadi masalah rambut sebagian wanita. Berbagai produk sampo mungkin sudah dicoba hingga perawatan yang diklaim bisa perkuat akar rambut, tapi rambut rontok masih jadi masalah.


Mungkin produk yang kamu pakai sudah baik, perawatan yang dicoba sebenarnya bisa menjadi solusi. Namun, penting untuk melihat kembali kebiasaanmu sehari-hari. Ada kemungkinan besar beberapa kebiasaan yang kamu lakukan, tanpa sadar, bisa bikin rambutmu rontok. Penasaran apa saja? Simak deretan kebiasaan yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Menguncir rambut terlalu kencang


Mungkin menguncir rambut jadi gaya paling efektif untuk beraktivitas. Wajah terbebas dari rambut dan kamu pun bisa melakukan kegiatanmu tanpa pusing dengan kondisi rambut. Namun, saat kamu menguncirnya terlalu kencang, ini bisa jadi salah satu penyebab rambutmu rontok.


Sebab, tarikan dan tekanan saat rambut dikuncir dengan kencang bisa membuat folikel rambut alami kerusakan. Folikel rambut yang sering ditarik, pelan-pelan bisa melemah dan akhirnya meregenerasi lagi. Untuk itu, penting untuk menguncir rambut tanpa berikan tekanan berlebih. Plus, disarankan kamu menggunakan bahan yang lebih lembut untuk menguncir rambut.



(Hindari menguncir rambut terlalu kencang. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


2. Tidur dengan keadaan rambut basah


Sepulang kerja, kamu mandi dan keramas. Mungkin hal berikutnya yang ingin kamu lakukan adalah tidur. Namun, perlu diketahui kalau rambut berada dalam posisi terlemahnya saat basah sehingga helaiannya lebih rentan untuk alami kerusakan.


Saat kamu tidur dengan rambut basah, kamu justru memperbesar kemungkinan rambut untuk terlepas dari kulit kepala saat kamu pindah posisi dalam tidurmu. Jadi, kamu bisa pilih untuk keramas di pagi hari atau mengeringkannya sebelum tidur.


3. Keramas dengan air panas


Untuk merilekskan pikiran dan tubuh, mandi air panas menjadi salah satu solusi sederhana dan ampuh. Namun, dalam mengatasi masalah rambut rontok, kebiasaan ini harus kamu kurangi. Suhu air yang terlalu panas bisa membuat helaian rambut menjadi kering dan kusut sehingga lebih mudah rambut untuk patah atau rontok.


Untuk itu, pastikan kamu mencuci rambut dengan air hangat, tak terlalu panas, tak terlalu dingin untuk bisa membersihkan rambut tanpa mengurangi kelembapan di kulit kepala.


(Baca Juga: Rambut Mengembang Setelah Keramas? Ini 7 Cara Mudah Atasinya)


4. Tak rutin memotong rambut


Kalau kamu tak nyaman miliki rambut pendek, tak masalah. Namun, rambutmu tetap butuh sedikit pemotongan untuk membantu proses regenerasi selnya. Dalam mengatasi rambut rontok, kamu perlu rutin melakukan dusting alias memotong rambut setidaknya 1 cm atau melakukan trimming setiap dua bulan sekali.


Kebiasaan ini penting dilakukan untuk menghilangkan helai rambut yang menghambat pertumbuhan helaian lainnya. Layaknya sebuah pohon yang butuh dipangkas sedikit untuk tingkatkan pertumbuhan, rambut pun perlu dipotong sedikit.


5. Terlalu sering menyisir rambut


Semua yang dilakukan berlebihan bisa berubah jadi masalah, termasuk kebiasaan menyisir rambut. Walaupun bertujuan untuk menjaga kerapiannya, rambut yang terlalu sering disisir justru lebih mudah untuk terlepas dari akarnya, apalagi kalau kamu sering menyisirnya saat lagi basah.


Sisir rambut saat dibutuhkan. Uraikan helaian yang kusut dengan hati-hati, dimulai dari bagian bawah lalu perlahan semakin ke atas sehingga mengurangi risiko.



(Menyisir rambut bagian bawah lebih dahulu sebelum ke bagian atas. Foto: Dok. Kool Shooters/Pexels)


6. Stres


Kondisi fisik yang kamu rasakan memiliki kaitan yang erat dengan kondisi mentalmu, termasuk kerontokkan rambut. Stres bisa jadi salah satu penyebab rambutmu rontok lebih banyak dari biasanya, begitu juga beberapa perubahan fisik lainnya. Saat kamu sedang dilanda banyak pikiran, hormonmu bisa tak seimbang, tubuh bisa alami peradangan hingga mengganggu siklus sehat dalam tubuh.


Untuk itu penting untuk menjaga pikiran jauh dari stres, supaya kondisi rambutmu juga bisa terbantu.


(Baca Juga: Mau Memanjangkan Rambut Cepat? Coba 6 Bahan Alami Ini!)


Beberapa kebiasaan yang mungkin kerap kamu lakukan tanpa sadar justru bisa bikin rambutmu rontok. Semoga bisa jadi solusi untuk masalah rambut rontokmu.


Hair & beauty