Hair & beauty

Penyebab Ubanan Di Usia Muda

By : Her World Indonesia - 2022-10-04 19:00:01 Penyebab Ubanan Di Usia Muda

Uban merupakan salah satu kondisi di mana warna rambut mengalami perubahan warna menjadi putih. Hal ini disebabkan karena kemampuan folikel rambut untuk memproduksi pigmen warna mengalami penurunan. Biasanya kemampuan ini berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. 


Pada faktanya tidak sedikit ditemukan ada beberapa anak muda yang sudah memiliki uban. Tidak perlu khawatir akan hal ini berikut Her World rangkumkan penyebab ubanan di usia muda. Let’s check this out!


 1. Faktor Genetik

(Faktor genetik menjadi salah satu faktor utama uban muncul pada usia muda. Foto: Dok. kjpargeter/ freepik)

Ternyata uban bukan hanya dialami dari umur yang mulai senja. Faktor genetik atau keturunan juga bereperan penting dalam munculnya uban secara dini, begitu juga peran ras dan etnik. Ini bisa jadi penyebab ubanan di usia muda. Pada orang kulit putih uban dapat muncul di awal usia 25 tahun. Sedangkan pada orang Asia pada usia 25 tahun, dan pada orang Afrika pada usia 30 tahun.


Mungkin orang tua kamu juga dulu pernah mengalami penumbuhan pada usia muda. Munculnya uban secara dini yang diakibatkan karena faktor genetik ini tidak dapat dihindari, yang dapat kamu lakukan ialah tetap merawat dan bila kamu kurang percaya diri, kamu dapat memilih opsi untuk mewarnai rambut.


2. Penyakit autoimun

(penyakit autoimun dapat menyerang pigmen rambut yang sebabkan munculnya uban. Foto: Dok.  freepik)


Akhir-akhir ini pembicaraan tentang penyakit autoimun lumayan sering didengar. Autoimun sendiri adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang, menyerang dirinya sendiri. Pada kasus ini sistem imun tubuh menyerang pigmen rambut sehingga menyebabkan uban yang muncul secara dini.


(Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambutmu)


3. Merokok

(Rokok sebabkan pembuluh darah pada folikel rambut yang sebabkan muncul uban di usia muda. Foto: Dok. freepik)


Tidak disangka, ternyata merokok bukan hanya dapat menyebabkan penyakit jantung dan pernapasan, tapi menjadi salah satu penyebab dari munculnya uban pada usia dini.


Berdasarkan penelitian dari Indian Dermatology Journal, gaya hidup merokok ini juga dapat menyebabkan munculnya uban sebelum usia 30 tahun khususnya bagi pria. Hal ini dikarenakan paparan rokok menyebabkan penyempitan pembulu darah folikel rambut yang menyebabkan hilangnya pigmen rambut.


4. Polusi

(Polusi dapat sebabkan peningkatan radikal bebas yang menyebabkan gangguan fungsi tubuh. Foto: Dok. jcomp/freepik)


Apakah tempat kerja atau lingkungan rumahmu termasuk ke dalam daerah dengan polusi yang tingi? Hati-hati karena ternyata polusi menjadi salah satu penyebab dari munculnya uban secara dini. Hal ini terjadi karena tubuh yang tinggal didaerah tinggi polusi lebih sering terpapar oleh zat-zat yang mengandung racun, yang menghasilkan senyawa radikal bebas. Radikal bebas yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh, salah satunya ialah terjadinya penuaan dini yang didalamnya terdapat munculnya uban.


(Baca Juga: 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat nan Indah)


5. Stres

(Stress dapat menyebabkan penumbuhan uban secara dini. Foto: Dok. jcomp/freepik)

Siapa yang sangka ternyata kondisi stres dapat menjadi salah satu pemicu dari tumbuhnya uban saat usia muda. Hal ini dikarenakan sel pada tubuh yang bertugas dalam pewarnaan rambut dapat berkurang saat kamu dalam kondisi stres. Meskipun demikian, ternyata efek atau faktor stres kepada perubahan warna rambut ini terbilang kecil presentasenya.


6. Penggunaan produk kimia pada rambut

(Pewarnaan rambut dapat membuat uban muncul lebih dini. Foto: Dok. prostooleh/freepik)

Merawat rambut memang menjadi hal yang wajib untuk para kaum wanita, terkadang melakukan styling dan pewarnaan pada rambut juga sangat menyenangkan. Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pewarnaan pada rambut ialah bahan-bahan yang digunakan. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak bahan kimia, terutama hidrogen peroksida yang biasanya terkandung dalam pewarna rambut. Hidrogen perosikda ini sendiri dapat mengurangi produksi melanin yang menyebabkan munculnya uban secara dini. Ini jadi salah satu penyebab ubanan di usia muda.


(Baca Juga: Masih Muda Sudah Beruban? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


Berikut itu telah Her World rangkumkan penyebab ubanan di usia muda. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Hair & beauty